Perbedaan Tipe Toyota Agya

Perbedaan Tipe Toyota Agya – Pangsa pasar mobil kompak atau berukuran kecil yang begitu menjanjikan di Indonesia ini tak bisa dipungkiri menjadikan perhatian besar yang cukup besar bagi berbagai produsen mobil di dunia. Mobil tipe LCGC begitu digemari karena harganya yang murah namun menawarkan performa yang cukup baik dalam melibas padatnya jalanan perkotaan. Mobil LCGC juga tidak menuntut biaya perawatan yang tinggi sehingga anda tidak harus selalu siap menyediakan budget yang tinggi ketika melakukan servis ataupun penggatian komponen. Tentu wajar bukan jika akhirnya mobil ini banyak diburu oleh kalangan masyarakat? Toyota Motor Corporation adalah salah satu produsen mobil yang menaruh perhatian besar pada segmen mobil kompak atau city car tersebut melalui kerja samanya dengan Daihatsu mereka menciptakan mobil jenis ini. Mobil kota yang kompak tersebut di Indonesia dinamai dengan nama Toyota Agya dan dipasarkan langsung oleh  Toyota Astra Motor sejak 9 September 2013 lalu. Sebelumnya mobil ini juga telah dipamerkan pertama kali pada ajang Indonesia International Motor Show 2012. Nah Mas Sena akan mengajak bro semua untuk mengulik mengenai perbedaan tipe Toyota Agya pada kesempatan kali ini. Simak terus ya ulasan perbedaan tipe Toyota Agya yang Mas Sena jabarkan disini.

perbedaan tipe toyota agya

Sebelum Mas Sena berpindah pada pembahasan perbedaan 5 tipe Toyota Agya pasti bro sudah mengetahui jika mobil LCGC ini adalah dari Daihatsu Ayla yang bermain pada segmentasi konsumen yang sama. Sekedar informasi ya bro dan sis, mobil city car andalan Toyota ini adalah mobil yang telah melewati tes LCGC (Low Cost Green Car) yang berarti mobil ini memiliki harga terjangkau dan memiliki emisi gas buang yang ramah lingkungan sehingga tidak membahayakan bumi jika digunakan. Mobil ini juga memiliki mesin sama yang digunakan oleh Citroen C1, Peugeot 107 dan Toyota Aygo yang telah cukup teruji kualitasnya. Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut maka mobil ini akan berhadapan langsung dengan Datsun Go+ Panca, Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan lain sebagainya. Apabila bro sering mengikuti perkembangan sesi-sesi pembahasan di Semisena pasti sudah mengetahui jika Mas Sena juga sudah membahas mengenai harga Toyota Agya. Nah seperti yang telah kita ketahui Toyota Agya ini tersedia dalam beberapa varian yang dilepas ke konsumen yakni tipe E merupakan varian standar, tipe G merupakan varian tertinggi dan tipe TRD S merupakan varian sporty. Semua varian tipe Toyota Agya tersebut tersedia dalam transmisi manual (M/T) dan Otomatis (A/T). Nah, seperti apakah perbedaan tipe Toyota Agya ini? Simak rangkuman yang Mas Sena berikan di bawah ini ya.

perbedaan 5 tipe toyota agya

Perbedaan 5 Tipe Toyota Agya

Toyota Agya Tipe E M/T

Sebelum masuk ke perbedaan tipe Toyota Agya, Mas Sena ingin mengajak anda untuk terlebih dahulu mengenal semua hal standar yang dimiliki oleh Toyota Agya ini. Mulai dari desainnya terlihat mobil ini memang sangat sporty. Dengan bentuk perpaduan antara mobil hatchback dengan city car menghasilkan tampilan yang modern, sporty dan stylish yang tentunya akan memukau siapa saja yang menatap mobil ini. Bahkan dengan desain yang dimiliki sepertinya mobil ini dapat disandingkan dengan Honda Jazz yang sebenarnya memiliki segmentasi mobil hatchback kelas menengah. Meskipun dimensinya Mas Sena rasa relatif mungil karena ukuran dimensinya Toyota Agya ini berdimensi panjang 3600 cm, lebar 1600 cm, dan tingginya 1520 cm. Namun siapa sangka dengan ukuran yang mungil ini digemari oleh beberapa kalangan di Indonesia yang menginginkan kendaraan roda empat yang praktis dalam penggunaannya. Mobil yang sanggup menampung hingga 5 orang ini pun memberikan kabin atau interior yang cukup nyaman saat dalam perjalanan. Namun memang perbedaan tipe Toyota Agya sangat kental terasa pada kelengkapan fiturnya. Nanti Mas Sena jelaskan ya!

perbedaan lengkap 5 tipe toyota agya

Sedangkan untuk dapur pacunya sendiri mobil ini menggunakan mesin 1-KR berkapasitas 988 cc yang terdiri dari 3 silinder segaris berteknologi DOHC 12 katup sanggup memuntahkan tenaga maksimal mencapai 65 PS pada 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 86 Kgm pada putaran 3.600 RPM. Tentu tenaga tersebut sudah sangat pas untuk kebutuhan perkotaan yang memiliki karakter jalanan “Stop and Go”. Lalu dengan kapasitas tangki bahan bakar yang sanggup menampung hingga 33 liter dirasa sudah cukup untuk dapat menempuh perjalanan jarak jauh pada sekali pengisian secara penuhnya. Hal memang kenyataan ya bro dan sis, karena mobil ini telah menggunakan penyuplaian bahan bakar berteknologi Fuel Injection dan telah lulus tes LCGC serta memiliki bobot yang relatif ringan maka konsumsi bahan bakarnya sanggup mencapai angka 29 km/liter. Sangat irit bukan? Untuk sistem suspensinya telah mengadopsi Mac Pherson Struts with Coil SpringMac Pherson Struts with Coil Spring di bagian depannya dan Semi independent Torsion Axle Beam with Coil Spring di bagian belakangnya sanggup meredam guncangan dengan baik dan akan memberikan performa handling yang mumpuni. Pada sistem pengeremannya mobil ini menggunakan tipe disc brake non ventilated pada bagian depan dan drum brake pada bagian belakang dirasa sudah sangat baik untuk fungsi pengereman misalnya mengurangi atau menghentikan laju mobil ini. Bagaimana sudah tahu kan sekarang gambaran umum tentang mobil ini? Yuk saatnya kita masuk ke inti dari ulasan perbedaan tipe Toyota Agya ini.

Untuk mengulas perbedaan tipe Toyota Agya ini, pertama Mas Sena ingin menjabarkan kelengkapan fitur dan berbagai hal yang dimiliki oleh Toyota Agya tipe E yang merupakan varian standar dengan transmisi manual 4 percepatan ini. Varian Toyota Agya tipe E (M/T) ini memiliki kelengkapan interior stylish standar yang fungsional. Mulai dari meter indikator display dengan kombinasi analog tipe singlet dial dengan LCD spedometer akan memberikan informasi yang mudah dibaca mengenai kondisi mobil ini. Lalu memiliki setir roda kemudi 3-Spoke  yang dilengkapi dengan Power Steering, EPS dan Polyurethane yang semakin memberikan kenyamanan dalam mengemudi. Untuk kenyamanannya dan keamanannya mobil ini dilengkapi dengan Manual Air Conditioner (AC),  kursi berbahan fabric dengan head rest, handle pintu dalam sewarna dengan bodi yang memiliki arm res, power door lock serta power windows dan memiliki seatbealt yang tersedia pada setiap tempat duduknya. Untuk memberikan hiburan saat dalam perjalanan mobil ini memiliki fitur audio 1 Din integrated audio with CD/MP3/USB/AUX yang dapat memanjakan telinga. Pada tumpuan rodanya varian tipe mobil ini memiliki ukuran 155/80 dengan velg berdiameter 13 inci. Perbedaan tipe Toyota Agya tipe E (M/T) ini dengan lainnya secara kesimpulan fitur-fiturnya tidak selengkap dengan varian-varian diatasnya. Harga terbaru dari varian Toyota Agya Tipe E M/T ini yang paling terjangkau dari varian lain yakni dibanderol dengan harga Rp 107.676.000.

perbedaan tipe toyota agya di indonesia

Toyota Agya Tipe E A/T

Advertisement

Lalu Mas Sena mengajak bro untuk berpindah pada varian selanjutnya dari ulasan perbedaan tipe Toyota Agya ini yakni Toyota Agya Tipe E A/T ini memiliki semua hal mendasar yang dimiliki oleh Toyota Agya Tipe E M/T mulai dari desain interior, eksterior, dimensi, mesin hingga fitur-fiturnya. Perbedaannya varian tipe E A/T ini memiliki mode transmisi otomatis dengan 4 percepatan yang lebih mudah digunakan untuk siapa pun. Sedangkan perbedaan tipe Toyota Agya E A/T (Automatic Transmision) dengan varian sebelumnya adalah pada varian ini ditambahkan fitur Front Air Spats yang mana merupakan sebuah aksesori untuk menyalurkan angin pada bagian bawah mobil untuk mengurangi hambatan udara yang berlebihan. Untuk harganya Toyota Agya Tipe E A/T ini dibanderol sedikit mahal dibandingkan varian sebelumnya yakni seharga Rp 119.408.000.

perbedaan berbagai tipe toyota agya

Toyota Agya Tipe G M/T

Lalu pada pembahasan perbedaan tipe Toyota Agya ini selanjutnya masih ada Toyota Agya Tipe G M/T ini merupakan varian tertinggi yang memiliki transmisi manual 4 percepatan. Pada varian tipe G M/T ini memiliki semua hal yang dimiliki oleh tipe E baik itu manual ataupun otomatis. Baik itu semua hal yang mendasar maupun aksesori tambahannya. Perbedaan tipe Toyota Agya G M/T ini pada bagian dalamnya memiliki kelengkapan interior yang lebih baik yaitu mulai dari meter kombinasi analog tipe Trial Dial dengan LCD Spedometer, Trip Meter, Multi Information Display (MID), Indikator ECO dan Jam Digital, Alarm Multifungsi, Ornamen Silver pada roda kemudi, sistem hiburan audio terintegrasi dengan 2 DIN Audio System, kontrol intermittent untuk wiper depan, ornamen krom pada AC Register depan, Assist Grip untuk semua pintu kecuali pengemudi, tuas transmisi dilapisi krom dan ornamen silver dan handle rem parkir dengan ornamen krom. Lalu pada bagian luarnya mobil ini dilengkapi dengan velg bermaterial alumunium alloy dengan roda berukuran 175/65 berdiameter 14 inci, Rear Spoiler yang terlihat lebih sporty ,Foglamp dengan ornamen krom, handle pintu bagian luar dilengkapi dengan ornamen krom, bumper depan yang dilengkapi dengan ornamen krom dan side protective moulding yang juga dilengkapi dengan ornamen krom. Tentunya perbedaan tipe Toyota Agya G M/T ini dengan varian dibawahnya sangat kental terasa dengan disematkannya fitur-fitur yang Mas Sena sebutkan di atas. Sedangkan untuk harganya Toyota Agya Tipe G M/T ini dibanderol dengan harga Rp. 115.675.000.

5 perbedaan varian toyota agya

Toyota Agya Tipe G A/T

Nah sampailah kita pada tipe ke 4 dalam ulasan perbedaan tipe Toyota Agya ini. Di urutan ini terdapat varian Toyota Agya Tipe G A/T yang merupakan varian High Grade atau yang tertinggi. Varian mobil tertinggi ini memiliki semua hal yang dimiliki oleh Tipe E dan Tipe G M/T. Mulai dari desain interior, eksterior, dimensi, mesin, fitur hingga aksesori tambahannya. Perbedaan tipe Toyota Agya G A/T (Automatic Transmision) dengan varian dibawahnya hanyalah masalah penggunakan transmisi otomatis 4 percepatan saja. Untuk harganya varian tipe Toyota Agya yang tertinggi ini juga memiliki angka jual yang tertinggi yakni dibanderol dengan harga Rp 125.707.000.

Toyota Agya Tipe TRD S M/T

Tanpa terasa sampailah kita pada varian terakhir dari pembahasan perbedaan tipe Toyota Agya ini. Toyota Agya Tipe TRD S M/T inilah yang merupakan varian teratas dari mobil city car andalan Toyota. Mobil hatchback ini ditanamkan gen Racing dengan memiliki simbol TRD (Toyota Racing Developmen) sehingga membuat varian mobil ini lebih sporty dan tangguh. Varian tipe Toyota Agya ini memiliki semua hal yang dimiliki oleh Tipe E dan khususnya Tipe G. Baik itu kesamaan desain eksterior, interior, dimensi, fitur hingga aksesori tambahannya. Meski memiliki simbol TRD namun mesinnya masih serupa dengan varian tipe-tipe Toyota Agya lainnya. Perbedaan tipe Toyota Agya TRD S M/T dengan varian lainnya adalah pada tipe ini diberikan transmisi yang hanya tersedia dalam versi manual 4 percepatan saja. Selain itu pada varian ini juga disematkan fitur tambahan Front TRD S Aerokit, Rear TRD S Aerokit, Sideskrit TRD S Aerokit, side stiker TRD S dan Emblem kebanggaan TRD S. Untuk harganya varian Toyota Agya Tipe TRD S M/T yang paling sporty ini dibanderol dengan harga Rp 119.775.000.

perbedaan tipe mobil toyota agya

Itulah ulasan semua hal mengenai perbedaan 5 tipe Toyota Agya yang tersedia di Indonesia tersebut. Bagaimana sangat lengkap dan menarik bukan ulasan Mas Sena mengenai perbedaan tipe Toyota Agya kali ini? Tersedianya beragam varian tipe dari Toyota Agya tersebut maka bagi yang tertarik untuk membeli mobil City Car yang telah lolos tes LCGC (Low Cost Green Car) ini, ada baiknya agar mempertimbangkan secara matang varian tipe apa yang cocok sesuai dengan kebutuhan masing-masing sebelum memutuskan tipe mana yang akan anda beli. Meskipun selisih harga dari beberapa varian tipe Toyota Agya ini tidak terpaut begitu besar, tetapi Mas Sena menyarankan agar anda menimbang keputusan sebelum memboyong mobil kota yang kompak ini ke garasi rumah anda. Apalagi beberapa fitur dan aksesori tambahannya yang ditawarkan dari tiap varian tipenya juga cukup berbeda maka mengharuskan pembeli agar lebih selektif saat ingin membeli mobil mungil ini. Tidak ada salahnya juga lho, anda mengunjungi dealer resmi terdekat di wilayah masing-masing untuk konsultasi mengenai pilihan tepat varian Toyota Agya tipe mana yang lebih pas dan cocok dengan kebutuhan anda. Staf dealer Toyota dapat membantu menjelaskan kepada anda mana mobil tipe Toyota Agya yang terbaik sesuai dengan ekspektasi dan budget yang anda miliki. Pastikan anda membawa tipe Toyota Agya yang sesuai dengan karakter berkendara anda supaya anda lebih nyaman menjadikan mobil ini sebagai kendaraan pribadi pilihan anda. Itulah ulasan lengkap mengenai perbedaan tipe Toyota Agya yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Perbedaan Tipe Daihatsu Ayla dan Perbedaan Tipe Honda Mobilio.

Top