Aturan Baru F1 : Pebalap Dilarang Ganti Skema Warna Helm

Pebalap F1 Dilarang Ganti Skema Warna Helm – Formula 1 (F1), memang jadi ajang balap yang ditunggu banyak orang. Untuk tahun 2015 ini, F1 baru saja dimulai dengan sesi uji coba pra musim. Uji coba pertama sudah digelar di Sirkuit Jerez pada 1 sampai 4 Februari lalu. Sementara itu uji coba pramusim kedua sudah berlangsung sejak 19 Februari dan akan berakhir 22 Februari di Sirkuit Catalunya.  Para pebalap juga masih akan mendapat satu kali lagi kesempatan melakukan uji coba di Catalunya, 26 Februari sampai dengan 1 Maret mendatang.

pebalap F1dilarang ganti skema helm

Berlangsungnya musim teranyar F1, ternyata juga dibarengi dengan kemunculan aturan-aturan baru bagi para pebalap Formula 1. Adalah FIA atau Fédération Internationale de l’Automobile,  lembaga yang mengurusi perlombaan F1, yangmerilis aturan baru itu. Dalam peraturan terbarunya, FIA melarang pengubahan skema helm yang akan dipakai setiap pebalap. Artinya, para pebalap tidak boleh mengganti skema warna atau desain helm yang berbeda di setiap seri. Peraturan tersebut pun sudah disetujui oleh komisi F1.  So, bisa dipastikan bahwa pada musim 2015 ini, setiap pebalap F1 hanya boleh menggunakan satu skema warna helm, dari awal musim hingga akhir musim. Lalu, apa maksud diterapkannya peraturan itu?

Aturan untuk memakai helm dengan skema yang sama pada F1 musim 2015 ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pada penonton atau pengatur jalannya balapan, untuk mengenali identitas setiap pebalap. Bila helm selalu berubah, semua pihak yang menyaksikan jalannya balapan F1, disinyalir sulit mengenali siapa yang berada di balik kemudi.

Menanggapi aturan baru itu,  mantan pebalap F1, Alex Wurz mengaku sedikit menyesal.  enurut Alex, regulasi ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan jalannya balapan atau keselamatan bagi setiap pebalap.

“Saya adalah pecinta konsistensi, tapi ini serius. Apa peraturan selanjutnya yang akan dirilis? mungkin peraturan tentang potongan rambut para pebalap,” sindir Alex Wurz, seperti yang dikutip Begawei dari Kompas.com.

Namun barangkali, komentar miring tidak akan muncul untuk aturan lain yang ada hubungannya dengan jalannya balapan atau aturan soal keselamatan yang satu ini. Tahun 2015 ini, FIA juga mengeluarkan aturan baru soal waktu penyelenggaraan balapan.  Dalam beberapa tahun terakhir, balapan-balapan yang digelar di Benua Asia dimulai mendekati sore hari. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan jam tayang dengan penonton di Eropa.

Namun regulasi baru diterbitkan setelah kecelakaan fatal yang dialami Bianchi di GP Jepang. Berdasarkan hasil penyelidikan, kecelakaan tersebut di antaranya terjadi karena hujan dan berkurangnya jarak pengelihatan. Atas dasar itu, FIA mengharuskan balapan dimulai paling tidak lima jam sebelum matahari tenggal, mulai seri 2015 ini. Hal itu menyebabkan beberapa seri harus memulai balapan satu jam lebih cepat dibanding tahun lalu. Seri-seri tersebut adalah di Australia, Malaysia, China, Jepang dan Rusia. Baca juga Perbedaan Tipe Daihatsu Ayla dan Perbedaan Tipe Toyota Agya.

 

 

Top