Mobil Otonom Sedang Jadi Hot Issue, Bagaimana Perkembangannya?

Mobil Kemudi Otomatis Semakin Jadi Perbincangan – Mungkin tidak pernah terbayangkan oleh siapapun, bahwa kemajuan teknologi membawa kita pada era mobil kemudi otomatis atau disebut dengan mobil otonom. Bayangkan saja! Sekarang kita tidak perlu capek-capek mengemudi, namun mobil akan tetap sampai ke tempat tujuan. Mobil kemudi otomatis pun saat ini sedang jadi perbincangan hangat. Banyak negara yang sudah mulai melakukan uji coba bagi mobil otonom.

mobil otonom jadi hot issue

Terbaru, pemerintah Inggris sedang menyusun peraturan untuk penggunaan kendaraan kemudi otomatis. Pemerintah Inggris juga menginvestasikan 19 juta pound untuk teknologi tersebut di empat kota. Bahkan, jalanan di negara itu diperbolehkan untuk uji coba kendaraan kemudi otomatis pada musim panas. Namun, harus ada orang yang duduk di kursi supir untuk mengambil alih kemudi jika terjadi situasi mendesak, pada kendaraan yang diuji coba.  Hal-hal tersebut pastinya menjadi sinyal yang sangat baik diterimanya mobil otonom di negeri ratu Elizabeth itu.

Selain di Inggris, mobil kemudi otomatis atau mobil otonom, juga nampaknya diterima dengan baik di Dubai. Dinas jalan raya dan transportasi Dubai (RTA) juga telah memulai studi mengenai penggunaan mobil otonom. Bahkan, mobil kemudi otomatis merupakan bagian dari rencana Pemerintah Uni Emirat Arab untuk mengesahkan 2015 sebagai tahun inovasi di negara tersebut.

Selain mulai banyaknya uji coba mobil otonom di berbagai negara, para produsen otomotif pun berlomba-lomba untuk menghadirkan jenis mobil ini.

Terbaru, Volvo Cars  mengumumkan telah menyelesaikan rancangan kendaraan otonom tersebut. Perusahaan yang berkampung halaman di Swedia itu bahkan  merencanakan agar kendaraan kemudi otomatis itu  mulai lalu lalang di jalan dua tahun ke depan. Untuk yang satu ini, Volvo mengandalkan sistem yang mereka sebut “otopilot” dengan sistem back up. Melalui teknologi itu, pengemudian mobil otonom mampu tetap beroperasi walaupun ada bagian tertentu yang tidak berfungsi. Bahkan, Volvo mengklaim bahwa  sistem “otopilot” dapat “bereaksi lebih cepat daripada kebanyakan orang, pada saat terjadi keadaan darurat. Wah…luar bisa canggih ya?

Bicara soal produk otomotif yang canggih, saat ini Volvo sedang berhadapan dengan Nissan dan Google. Ketiganya berlomba untuk jadi yang pertama memasarkan kendaraan kemudi otomatis. Kira-kira siapa yang akan jadi pemenangnya? Baca juga Pebalap F1 Dilarang Ganti Skema Warna Helm dan Mobil konsep unik toilet berjalan.

 

 

Top