Awas…!!! Komponen Sepeda Motor Bekas Ini Rawan ”Dikanibal”

Komponen Sepeda Motor Bekas yang Rawan Dikanibalkan – Bro and Sist sedang berencana untuk berganti tunggangan? Untuk yang memang sedang membidik sebuah kendaraan, yang jelas anda bisa memilih sesuka hati, kendaraan baru ataupun bekas. Jangan salah sangka dulu…!!! Kendaraan bekas bukan berarti tidak bisa jadi pilihan kan?

komponen motor kanibal

Sepeda motor bekas memang jadi alternatif yang ciamik, jika Bro and Sist ingin berganti tunggangan, namun kondisi kocek tidak memungkinkan untuk membeli unit sepeda motor yang baru. Namun memang semua hal punya resikonya masing-masing. Anda yang memilih untuk membeli sepeda motor second, pastinya harus siap menghadapi komponen kendaraan yang kadang “tidak wajar”. Maksudnya adalah komponen kendaraan yang sudah tidak asli, KW atau dikenal dengan istilah kanibalan, alias menggunakan komponen dari kendaraan lain yang sejenis.

Pedagang motor bekas menggunakan komponen sepeda motor yang seperti itu, pastinya berorientasi pada untung yang lebih besar alias money oriented. Tapi yang jelas, dengan komponen KW atau kanibalan, pembelilah yang akan buntung, karena seharusnya mendapatkan komponen asli. Komponen KW pun pastinya punya resiko kerusakan yang lebih tinggi dibanding komponen asli. Sebenarnya, pembeli saat ini sudah cukup paham soal komponen abal-abal pada sepeda motor bekas. Namun kadang penjual akan lebih pintar mengakali, supaya barang asli bisa diganti dengan yang KW, sementara komponen aslinya dijual. So, anda sebagai pembeli memang dituntut teliti.

Nah, berikut ini mas Sena bocorkan soal komponen-komponen kanibal yang “rajin” dipasang oleh pedagang motor bekas, pada barang dagangannya. Mas Sena harap, Bro and Sist bisa lebih berjati-hati, agar tidak tertipu. Penasaran? Lets check this one out…!!!

  1. Komponen bodi. Misalnya bodi samping, belakang.
  2. Lampu-lampu. Bro and Sist pastinya harus sangat berhati-hati, karena lampu versi KW sudah sangat banyak beredar di pasaran. Kualitasnya jelas jauh di bawah barang asli. Biasanya lampu abal-abal akan cepat pudar dan pecah. Jangan salah, penggunaan lampu KW akan bisa menimbulkan kerusakan pada komponen lain lho.
  3. Suspensi. Perhatikan model asli dan warna garpu depan. Bisa jadi komponen ini diganti dengan barang lama, yang sudah berkali-kali diservis.
  4. Kaliper rem dan pelek. Komponen-komponen tersebut biasanya sepaket. Cukup sulit memang untuk membedakan. Sebaiknya tanyakan detailnya kepada penjual.
  5. Untuk versi sepeda motor karburator, bagian ini paling rawan diganti. Sebaiknya, lakukan tes dulu sebelum membeli. Baca juga Trend Penggunaan Bahan Bakar Alternatif dan Ducati Rilis Desmosedici GP15.
Top