Rawat Rutin Komponen-komponen Ini, Agar Performa Mobil Ciamik

Komponen Mobil yang Harus Dirawat Rutin – Anda aktif mengendarai mobil? Jika iya, apakah anda melakukan perawatan rutin pada mobil anda? Mungkin, banyak orang memang sudah melakukan perawatan rutin terhadap armada mobilnya, untuk alasan keawetan dan performa yang ciamik. Tapi, ternyata masih banyak juga lho yang cuek-cuek saja terhadap mesin mobilnya.

komponen yang membutuhkan perawatan rutin

Semoga anda bukan yang termasuk cuek pada perawatan berkala mesin mobil, karena  pastinya akan berengaruh pada tarikan mesin. Nah, pada kesempatan ini mas Sena bakal membahas beberapa komponen mobil yang membuat tarikan mesin menjadi ciamik. Bukan berarti komponen-komponen lain akan tersingkirkan alias tidak penting. Namun, komponen-komponen berikut ini sangat penting untuk dirawat rutin, demi menjaga performa mobil.  Ini dia list komponennya.

Filter udara

Komponen yang satu ini membutuhkan penggantian secara rutin, setelah mobil menempuh jarak mencapai 60 ribu kilometer. Namun, mas Sena sarankan untuk mengganti filter udara, jika anda kerap melintasi daerah berdebu. Tai mengapa filter udara sangat penting diperhatikan perawatan rutinnya ya?

Filter udara sangat penting untuk menunjang kinerja mesin. Jika asupan udara terganggu, maka pembakaran akan berlangsung secara kurang maksimal. Konsumsi BBM pun akan ikut meningkat.

Oli

Nama yang satu ini memang sudah terkenal sebagai komponen yang harus memperoleh pergantian secara rutin. Tapi menurut pengamatan mas Sena, masih ada saja pemilik mobil yang sering teledor dalam penggantian oli atau pelumas. Jika oli pada mobil anda telah keruh, jelas daya lumasnya juga akan berkurang. Kalau sudah begitu, suara mesin pun menjadi kasar. So, jangan lupa mengganti oli secara rutin, setiap pemakainan 6 ribu kilometer.

Kampas Rem

Kampas rem biasa juga disebut dengan Brake Pads. Yang satu ini  merupakan komponen vital untuk mengurangi laju kendaraan. Jadi, bisa dibayangkan dong, bagaimana kalau kampas rem tidak dirawat secara berkala?

Komponen ini bekerja dengan bergesekan pada piringan cakram ataupun tromol. Karena terus bergesek, ketebalan brake pads pun lama kelamaan akan menipis yang berdampak pada pengereman jadi kurang pakem. Biasanya, kampas rem butuh penggantian setelah mobil menempuh jarak 90 ribu kilometer.

Tapi, penggantian akan lebih sering terjadi, pada mobil di perkotaan yang banyak melakukan stop and go. So, sesuaikan dengan kebutuhan anda sehari-hari. Saran mekanik akan lebih membantu anda untuk melihat, apakah kampas rem sudah harus diganti atau belum. Baca juga Beberapa Moge Ducati Dirakit Di Indonesia dan Fiat 500 Vintage.

 

Top