Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 300 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 300 – Nampaknya persaingan pasar otomotif tanah air yang makin ketat membuat produsen otomotif yang ada melakukan strategi terbaru untuk dapat menarik perhatian konsumen dan dapat menguasai pasar yang ada. Salah satunya yakni pada pasar otomotif segmentasi motor sport tanah air, yang mana kelas seperempat liternya kini makin didominasi oleh motor sport terbaru dari Yamaha. Padahal sebelum motor sport terbaru dari Yamaha keluar, Kawasaki-lah yang menjadi brand penguasa dengan motor sport andalannya yaitu Kawasaki Ninja 250 Series. Seakan tak mau tergusur dan tak mau kalah geng Ijo langsung bergerak cepat dengan mendatangkan motor sport kubikasi lebih besar yaitu Kawasaki Ninja 300. Motor terbaru untuk pasar otomotif Indonesia tersebut diperkenalkan pada tanggal 20 Februari 2015 lalu. Setangguh apa kehebatan Kawasaki Ninja 300 ini? Nah disini Mas Sena akan mengulasnya untuk kawan-kawan semua.

kawasaki ninja 300

Diketahui pada beberapa saat lalu PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) langsung meluncurkan 2 produk motor sport terbaru sekaligus. Cukup mengejutkan memang, kedua motor CBU tersebut yakni Kawasaki Ninja 300 dan Kawasaki Ninja ZX10R dipasarkan di Indonesia dalam jumlah yang terbatas. Dengan hal tersebut maka bisa dikatakan bahwa PT. KMI tetap fokus pada penjualan Kawasaki Ninja 250 Series mereka. Kedua produk motor sport yang aslinya merupakan produk untuk negara Eropa, Amerika Serikat dan beberapa negara di Asia ini sepertinya dibawa ke Indonesia untuk memberikan cita rasa yang berbeda. Karena itu kedua produk ini didatangkan dengan jumlah yang terbatas. Untuk Kawasaki Ninja 300 sendiri didatangkan sebanyak 300 unit saja. Perbedaan produk motor sport Kawasaki yang memiliki kubikasi mesin lebih besar ini jelas memiliki performa dan ketangguhan yang lebih baik. Seperti apakah ketangguhan dari Kawasaki Ninja 300 ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

motor kawasaki ninja 300

Spesifikasi Kawasaki Ninja 300

Desain Lebih Agresif, Macho, Gagah dan Sporty

Meskipun Kawasaki Ninja 300 di Benua Eropa, Amerika Serikat dan beberapa negara di Asia ini memiliki desain yang sama seperti Kawasaki Ninja 250, namun jelas dengan kubikasi mesin yang lebih besar membuat motor sport ini tampil lebih agresif, macho, gagah dan sporty. Mulai dari bodi dari spesifikasi Kawasaki Ninja 300 yang didesain memiliki lekukan tajam dan memiliki sistem aerodinamis membuat motor ini terlihat sporty. Untuk ergonomisnya memang motor ini kurang nyaman karena menggunakan setang jepit khas motor sport yang dipadukan dengan visor bening di bagian atas lampu depan dapat membantu pengendara dapat memecah sirkulasi udara dengan baik.Untuk pengemudinya dapat mengapit lebih nyaman karena Kawasaki Ninja 300 memiliki tangki yang berukuran besar sehingga membantu dalam mendapatkan sistem aerodinamis yang baik. Bagian depannya motor yang memiliki 2 buah lampu yang terlihat seperti menatap tajam sehingga menimbulkan kesan beringas dan agresif. Pada bagian sisinya motor ini terlihat memiliki fairing dengan lekukan yang tegas membuat motor ini makin sporty dan gagah. Apalagi dipadukan dengan blok mesin yang terlihat memadati bagian dalam fairing motor ini sehingga membuatnya lebih agresif. Pada bagian belakang dari spesifikasi Kawasaki Ninja 300 pun terlihat sangat sporty dengan aksen singlet seat dan spakbor menggantung. Ditambah dengan stop lamp yang menggunakan lampu LED membuat motor ini semakin sporty dan futuristik.

Spedometer Sangat Sporty dan Modern

Sedangkan spesifikasi Kawasaki Ninja 300 pada bagian dashboard depannya memiliki spedometer yang terlihat sangat sporty dan modern dengan perpaduan panel analog dan digital. Mulai dari panel analognya, Kawasaki Ninja 300 memiliki indikator rotasi mesin permenit (RPM) yang memiliki angka maksimal mencapai 15.000 RPM, namun hanya dibatasi sampai 12.000 RPM. Bisa dibayangkan bagaimana suara motor ini jika digeber sampai batas maksimal. Untuk panel digitalnya, Kawasaki Ninja 300 memiliki beberapa indikator diantaranyapengukur kecepatan (spedometer), trip meter, fuel meter dan jam digital. Sedangkan untuk panel lainnya terdapat lampu penunjuk berbagai macam fungsi dengan warna yang bermacam-macam yakni mulai dari mesin, Fuel Injection (FI), lampu, lampu jarak jauh, sein, ABS dan lain-lain. Dengan berbagai macam panel indikator yang tersedia pada speedometer dari spesifikasi Kawasaki Ninja 300 tersebut tentunya akan memberikan informasi yang lengkap dan mudah dibaca untuk mengetahui kondisi motor ini saat digunakan.

spesifikasi kawasaki ninja 300

Dimensi Lebih Gahar

Memiliki kubikasi mesin yang lebih besar maka dimensinya pun diimbangi lebih besar agar lebih nyaman untuk digunakan. Dengan dimensi yang lebih besar tersebut maka membuat motor ini terlihat lebih gahar. Spesifikasi Kawasaki Ninja 300 ini memiliki dimensi 79.3 x 28.1 x 43.7 inci dengan ground clearance 5.5 incidan wheelbase 55.3 inci tentunya sangat pas untuk dijadikan tunggangan pada jalanan perkotaan. Bobot kosong Kawasaki Ninja 300 yang mencapai 174 Kg pun dirasa cukup baik dalam mengimbangi performa mesin dan masih tangguh untuk melesat dijalanan yang ada. Kapasitas tampungan bahan bakar Kawasaki Ninja 300 yang mencapai 17 liter dirasa sudah sangat banyak untuk ukuran motor sport 300 cc sehingga depan tampungan tersebut motor ini dapat menempuh jarak jauh pada sekali pengisian secara penuh. Spesifikasi Kawasaki Ninja 300 juga dilengkapi frame berjenis Semi-Double Cradle with High-Tensile Steel pun akan memberikan performa yang seimbang dengan mesin sehingga membuat motor ini mudah dikendalikan dan mudah untuk diajak bermanuver dikecepatan tinggi.

Kaki-Kaki Mantap Makin Gambot

Advertisement

Untuk mengimbangi performa mesin yang lebih besar pun jelas kaki-kakinya diupgrade makin gambot agar lebih mantap untuk digunakan. Detail ukuran ban dari spesifikasi Kawasaki Ninja 300 sebesar 110/70 pada bagian depan dan 140/70 pada bagian belakang yang dipasangkan pada velg berdesain futuristik berukuran 17 inci membuat pijakan dan tampilan kaki-kaki motor sport ini lebih gagah serta ciamik. Untuk memberikan kenyaman dalam performa handling Kawasaki Ninja 300 ini dibekali dengan suspensi Hidrolik Teleskopik berukuran 37 mm pada bagian depannya dan suspensi Uni-Track dengan 5 tipe pengaturan. Tentu saja dengan jenis suspensi belakang Kawasaki Ninja 300 yang memiliki 5 tipe ubahan kekerasan atau kelembutan suspensi dapat memberikan performa handling yang lebih mantap sesuai dengan kondisitrack yang dilalui. Untuk sistem pengeremannya, spesifikasi Kawasaki Ninja 300 dibekali dengan disc brake 290mm dengan 2 kaliper piston hidrolik pada bagian depannya dan disc brake 220 mm juga dengan 2 kaliper piston hidrolik akan membuat fungsi pengereman lebih handal dan terjamin.

spesifikasi motor kawasaki ninja 300

Dapur Pacu Lebih Gahar dan Powerfull

Saatnya mengulas ruang dapur pacu atau mesin dari spesifikasi Kawasaki Ninja 300 yang lebih gahar dan powerfull ini. Motor sport andalan Kawasaki ini dibekali dengan mesin 4 tak dengan memiliki 2 silinder segaris Pararel Twin yang berkapasitas 296 cc dan memiliki teknologi DOHC serta memiliki kompresi pembakaran 10.6:1. Dengan mesin yang lebih besar tersebut maka Kawasaki Ninja 300 ini dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 38 Hp pada putaran mesin 11.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 27 Nm pada putaran mesin 10.000 RPM. Tenaga tersebut akan disalurkan sebagai penggerak melalui transmisi manual 6 percepatan dengan fitur Positive Neutral Finder. Tentu saja dengan tenaga yang besar tersebut membuat tarikan Kawasaki Ninja 300 ini lebih mantap. Untuk penyuplai bahan bakarnya menggunakan DFI with Dual Throttle 32 mm yang dapat menyembur bahan bakar dengan stabil sehingga memberikan performa yang mantap serta konsumsi BBM yang efisien.Untuk sistem Ignitionnya, Kawasaki Ninja 300 menggunakan TCBI with Digital Advance yang dapat mencampur udara dengan bahan bakar yang tepat sehingga pembakaran dapat terjadi dengan baik. Sedangkan untuk sistem pendingin mesinnya, spesifikasi Kawasaki Ninja 300 memilih teknologi Liquid Cooled yang dapat menjaga suhu mesin pada kondisi stabil saat digunakan setiap saat. Untuk performa motor sport berkubikasi 300 cc ini cukup baik karena dapat meraih kecepatan maksimal yang menyentuh angka 190 km/jam.

Fitur-Fitur Motor Sport

Nah yang terakhir yakni mengulas mengenai fitur-fitur andalan dari spesifikasi Kawasaki Ninja 300 ini. Mulai dari fitur bodinya yakni The Light Weight Champion yang merupakan fitur andalan motor ini di mana performa handlingnya merupakan yang terbaik dikelasnya sehingga membuat siapapun yang menggeber Kawasaki Ninja 300 ini di jalanan akan nyaman, mudah dan pastinya ketagihan. Lalu pada sektor mesinnya yang menggunakan DFI (Digital Fuel Injection) akan memberikan performa yang lembut dan mengeluarkan tenaga yang linear tanpa terjadi gejala penurunan tenaga. Lalu ada fitur unggulan F.C.C Clutch pada Kawasaki Ninja 300 di mana dapat memberikan fungsi pergantian gigi baik itu keatas maupun ke bawah dengan baik tanpa membutuhkan waktu yang lama sehingga memberikan waktu akselerasi serta deselerasi yang lebih cepat. Material blok mesin dari Kawasaki Ninja 300 pun sangat tangguh karena diaplikasikan dari blok mesin Kawasaki Ninja ZX-10R dan ZX-6R yaitu material Sleevess Alumunium Die Cast Cylinder yang memberikan durability atau ketahanan lebih baik. Untuk sistem pengeremannya motor ini juga terasa lebih aman dan nyaman karena spesifikasi Kawasaki Ninja 300 disematkan teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) yang dapat mencegah terjadinya ban terkunci saat melakukan pengereman keras sehingga keamanan serta keselamatan pengemudi lebih terjamin.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 300

Tenaga
Tipe Mesin Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, parallel twin
Kubikasi 296cc
Bore x Stroke 62.0 x 49.0mm
Rasio Kompresi 10.6:1
Sistem Bahan Bakar DFI® with dual 32mm throttle bodies
Pengapian TCBI with digital advance
Transmisi 6 percepatan dengan positive neutral finder
Final Drive Chain
Performa
Suspensi Depan 37mm hydraulic telescopic fork / 4.7 in
Suspensi Belakang Uni-Trak® with 5-way adjustable preload / 5.2 in
Ban Depan 110/70×17
Ban Belakang 140/70×17
Rem Depan Single 290mm petal-type disc with two-piston hydraulic caliper, ABS
Rem Belakang Single 220mm petal-type disc with two-piston hydraulic caliper, ABS
Sistem Pendinginan Liquid
Detail
Tipe Frame Semi-double cradle, high-tensile steel
Rake/Trail 27 degrees / 3.7 in
Panjang 79.3 in
Lebar 28.1 in
Tinggi 43.7 in
Ground Clearance 5.5 in
Tinggi Dudukan 30.9 in
Curb Weight 383.7 lb
Kapasitas Tangki 4.5 gal
Wheelbase 55.3 in
Warna Lime Green, Pearl Stardust White

Harga Kawasaki Ninja 300

Nah itulah ulasan mengenai spesifikasi motor sport 300cc dari Kawasi di semua sisinya. Bagaimana sangat lengkap dan menarik bukan bro dan sis? Tak terasa ya kita telah tiba pada ulasan harga Kawasaki Ninja 300 terbaru. Namun sebelum Mas Sena membeberkan harga Kawasaki Ninja 300 ada baiknya membahas sedikit kesimpulan pada segmen terakhir ini. Seperti kita ketahui bersama untuk motor sport premium buatan Kawasaki yang kelas 250 cc saja sudah keren, sporty dan gahar. Apalagi dengan versi mesin yang lebih besar ini menjadikan Kawasaki Ninja 300 ini memiliki performa yang lebih mantap, gahar, keren dan sporty. Tentu saja dengan tampilan yang diberikan pada Kawasaki Ninja 300 ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa muda dengan semangat on-fire. Dengan versi mesin yang lebih mahal dan merupakan produk CBU yang dipasarkan di pasaran otomotif Indonesia dengan jumlah terbatas maka harganya bisa dipasrikan akan sangat tinggi. Lalu berapakah harga Kawasaki Ninja 300 terbaru yang dibanderol di Indonesia ini?

harga kawasaki ninja 300

harga kawasaki ninja 300 terbaru

Benar saja, sebagai motor sport kelas premium, banderol harga Kawasaki Ninja 300 memang tergolong sangat ‘wah’. Dari informasi yang Mas Sena dapartkan dari laman resmi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), harga jual Ninja 300 ini berada pada kisaran Rp 87,3 jutaan. Harga Kawasaki Ninja 300 itu adalah banderol harga untuk kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya (Jadetabekser). Sebuah harga yang amat mahal memang. Bahkan, untuk tahun 2016 ini, banderol harga untuk Kawasaki Ninja 300 mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Pada tahun 2015 silam, harga jual Ninja 300 masih berada pada kisaran Rp 83,9 jutaan. Kenaikan harga Kawasaki Ninja 300 ini memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah, Ninja 300 ini hadir sebagai salah satu edisi Anniversary 30 tahun kehadiran Kawasaki Ninja Series.

Harga Kawasaki Ninja 300
Sekitar Rp 87.300.000,- (OTR Jakarta)

Namun sekali lagi perlu diketahui jika harga Kawasaki Ninja 300 terbaru tadi merupakan harga On The Road yang berlaku di wilayah DKI Jakarta. Untuk wilayah lainnya mungkin akan diberlakukan harga yang berbeda. Jadi untuk mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai harga Kawasaki Ninja 300 yang dibandrol di wilayah bro semua, bro bisa mendatangi dealer Kawasaki terdekat. Dengan kekuatan mesin yang mencapai 300cc tentunya tak pelak membuat pengendara motor sport ini akan serasa menjadi raja jalanan yang memiliki kecepatan dan kegagahan dengan artistektur motor ini yang super keren. Kawasaki Ninja 300 sebagai bukti Kawasaki serius bermain di pangsa pasar motor sport, karena selain motor ini Kawasaki juga mengeluarkan berbagai macam varian yang memiliki kubikasi mesin yang berbeda-beda. Demikianlah ulasan mengenai harga Kawasaki Ninja 300 terbaru pada segmen terakhir yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Baca juga Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25.

Top