Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja ZX-10R Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja ZX-10R – Rivalitas antara pabrikan motor untuk menciptakan kendaraan tangguh di berbagai segmen saat ini memang berlangsung sengit. Kini makin berkembangnya dunia otomotif membuat produsen motor yang ada bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar dan perhatian konsumen dengan unjuk kebolehan teknologi dan inovasi yang mereka tanamkan pada produk mereka. Salah satunya adalah segmentasi motor sport kencang atau bisa disebut super bike. Jika Yamaha mengandalkan R Seriesnya, Honda dengan CBR seriesnya, Suzuki dengan GSX Seriesnya maka pabrikan Geng Ijo atau Kawasaki mengandalkan Ninja Seriesnya. Nah pada kesempatan kali ini Mas Sena akan mengulas varian tertinggi dari Ninja yaitu Kawasaki Ninja ZX-10R yang di gadang-gadang menjadi produk super bike andalan mereka. Beruntung pasar otomotif Indonesia mendapatkan kesempatan untuk merasakan Kawasaki Ninja ZX-10R ini yang telah diluncurkan pada awal tahun 2015 kemarin. Nah seperti apakah performa Kawasaki Ninja ZX-10R ini, akankah baik atau buruk? Yuk temukan jawabannya dalam review Mas Sena kali ini.

kawasaki ninja zx-10r

Kala itu dalam peluncurannya, Kawasaki Ninja ZX-10R dirilis oleh PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tidak hanya sendirian saja, melainkan ditemani oleh adiknya yakni Kawasaki Ninja 300 yang sudah Mas Sena ulas pada review sebelumnya. Meskipun Kawasaki memiliki varian motor sport terkencang di dunia yaitu Kawasaki H2 Series namun dengan harga dan edisi yang terbatas membuat mereka juga fokus pada penjualan super bike Kawasaki Ninja ZX-10R ini. Meskipun kubikasi ZX-10R dengan Kawasaki Ninja H2 Series sama namun harga dan segmentasinya jelas beda. Ninja ZX-10R ini merupakan motor sport premium kelas atas yang dibanderol tidak semahal Kawasaki Ninja H2Series. Maka dari ituKawasaki Ninja ZX-10R dapat menjangkau konsumen kalangan atas yang lebih luas. Nah seperti apakah ketangguhan Kawasaki Ninja ZX-10R ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

motor kawasaki ninja zx-10r

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R

Desain Gahar Khas Motor Balap

Desain dari spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R ini memang memiliki aura khas motor balap yang sangat kental sehingga membuatnya terlihat gahar, racy dan super sporty. Desain bodi yang memiliki sistem aerodinamis yang baik mulai dari bagian depan hingga belakang tentu akan memberikan kemudahan dalam melesat di jalanan. Pada bagian depan Kawasaki Ninja ZX-10R pun sangat mendukung sistem aerodinamis tersebut dengan memiliki bentuk head fairing yang meruncing dengan aksen lubang udara (air intake) yang dapat mendinginkan radiator mesin dan memiliki visor gelap yang besar. Lalu headlamp atau lampu utamanya terdiri dari 2 buah lampu yang dipadukan dengan spion yang memiliki lampu sein membuat motor sport ini terlihat agresif. Untuk bagian kemudinya, Kawasaki Ninja ZX-10R ini memiliki setang jepit Underyoke yang dipadukan dengan tangki berukuran besar sehingga akan mudah diapit oleh pengendara dan dengan mudahnya pengendara Ninja ZX-10R dapat memecah sirkulasi udara karena posisi stang yang menunduk tersebut. Pada bagian sampingnya terlihat memiliki fairing dengan desain yang simpel. Framenya sendiri berjenis TwinSpar yang membuat motor ini terlihat sangat gahar dan supersporty. Untuk bagian belakang dari spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R terlihat sangat sporty berkat aksen singlet seat boncenger yang terpisah serta memiliki sepatbor gantung dengan lampu sein. Stop lampnya yang telah menggunakan jenis LED juga akan memberikan kesan sporty dan futuristik.

SpedometerFull Digital Sangat Keren dan Modern

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R pada bagian dashboardnya terdapat spedometer yang memiliki panel indikator full digital yang terlihat sangat keren, modern dan sporty. Mulai dari tampilan takometer atau RPM Meter memiliki desain lengkungan digital dengan angka maksimal 15.000 RPM dengan batasan 14.000 RPM. Takometer tersebut terlihat sangat keren, menarik dan modern karena memiliki lampu indikator sebagai penunjuk rotasi mesin permenit pada angka-angka yang ada. Untuk spedometer Kawasaki Ninja ZX-10R yang memiliki sistem digital terlihat cukup lengkap. Mulai dari pengukur kecepatan, posisi gigi, power indikator, traction indikator, jam digital, trip meter dan suhu mesin. Lalu pada penunjuk fungsinya terdapat indikator mesin, Fuel Injection, lampu utama, lampu sein dan indikator netral. Tentu saja dengan kelengkapan penujuk indikator tersebut pengemudi dapat lebih mudah memantau dan mengetahui kondisi Kawasaki Ninja ZX-10R ini saat digunakan setiap saat. Bahkan kecanggihan lainnya ditemukan pada bagian dashboard ini yang berupa pengaturan traction control dan power yang dapat disesuaikan dengan keinginan atau track yang dilalui.

spesifikasi kawasaki ninja zx-10r

Dimensi Besar yang Gagah dan Mantap

Tidak heran memang dengan menggendong mesin berkapasitas besar maka dimensi dari spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R ini dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat besar, gagah dan mantap untuk digunakan. Ninja ZX-10R yang memiliki frame tipe Alumunium Perimeter ini berdimensi 81.7 x 28.1 x 43.9 inci dengan groundclearance 5.3 inci danwheelbase 56.1 inci pasti sangat cocok untuk melaju dijalanan mulus bebas hambatan. Apalagi untuk bermanuver dikecepatan tinggi akan terasa sangat mantap dan handal karena frame alumunium Kawasaki Ninja ZX-10R yang ringan tersebut menghasilkan bobot kosong mencapai 201 kg. Untuk kapasitas tangkinya, Kawasaki Ninja ZX-10R ini memiliki penyimpanan bahan bakar maksimal 17 liter dirasa sudah cukup untuk dapat menempuh perjalanan panjang pada sekali pengisiannya.

Kaki-kaki Tangguh Khas Motor Sport

Untuk kaki-kakinya tidak usah diragukan lagi karena demi memberikan keseimbangan performa mesin yang besar maka diberikan kaki-kaki yang tangguh khas motor sport kelas atas. Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R ini memiliki ukuran ban 120/70 pada bagian roda depan sedangkan 190/55 pada roda belakang dengan velgsporty serta futuristik khas ZR Series berukuran 17 inci membuat pijakan lebih mantap dan stabil karena saking lebar dan besarnya ban tersebut. Untuk suspensinya, super bike Kawasaki ini menggunakan jenis UpSideDown(USD) yang merupakan Big Piston Fork (BPF) berukuran 43 mm pada bagian depan dan Horizontal Back-linkwith Gas ChargedShock, Stepless, Dualrange pada bagian belakangnya membuat performa handling Kawasaki Ninja ZX-10R ini semakin terasa tangguh dan nyaman. Bahkan dengan tersedianya setelan shock depan dan belakang akan membuat kelembutan atau kekerasan shock dapat disesuaikan dengan kebutuhan lintasan yang dilalui sehingga membuat Kawasaki Ninja ZX-10R ini mampu bermanuver dikecepatan tinggi sekalipun. Untuk sistem pengeremannya telah menggunakan Dual Disc Brake Semi Floating 310 mm dengan 2×4 piston kaliber pada bagian depan dan Single Disc Brake 210 mm dengan singlet kaliber pada bagian belakang akan mampu menghentikan atau mengurangi kecepatan dengan baik pada kecepatan tinggi sekalipun. Bahkan untuk menjamin keamanan pengereman, pada spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R telah di aplikasikan teknologi KIBS yang dikawinkan dengan ABS sehingga keselamatan lebih terjamin.

spesifikasi motor kawasaki ninja zx-10r

Dapur Pacu Sangat Powerfull dan Tangguh

Saatnya beralih pada ulasan sektor dapur pacu atau mesin dari spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R yang sangat powerfull dan tangguh ini. Super bike andalan Kawasaki ini memiliki mesin 4 stroke dengan 4 silinder segaris berkapasitas 998 cc dengan teknologi DOHC 16 katup serta memiliki kompresi pembakaran 13.0:1 dapat memuntahkan tenaga maksimal mencapai 200 PS pada 13.000 RPM dengan torsi maksimal 112 Nm pada putaran mesin 11.500 RPM. Tenaga Kawasaki Ninja ZX-10R tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dan memiliki sistem pendingin mesin berbasis LiqudCooled atau pendingin cairan. Tentu saja dengan tenaga mesin yang sebesar itu membuat Ninja ZX-10R ini lebih cocok untuk digunakan di jalanan bebas hambatan yang luas agar dapat merasakan serta mengeksplorasi akselerasi dan top speednya. Jika digunakan di jalanan perkotaan yang padat maka mesin Kawasaki Ninja ZX-10R ini akan cepat panas. Untuk sistem penyuplai bahan bakarnya menggunakan teknologi DFI denganthrottle bodi Keihin 47 mm yang berjumlah 4 buah sehingga dapat menyemprotkan BBM dengan stabil dan memberikan performa optimal. Untuk sistem Ignitionnya, spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R menggunakan TCBI yang dapat mencampur udara dan BBM dengan baik saat dalam proses pembakaran di ruang dapur pacu agar dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Untuk performa mesin Kawasaki Ninja ZX-10R ini tidak usah diragukan lagi karena dapat meraih kecepatan maksimal lebih dari 300 km/jam.

Fitur-fitur Motor Balap

Terakhir untuk fiturnya tidak usah diragukan lagi karena spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R ini memiliki fitur super bike yang canggih dan modern. Mulai dari sektor mesinnya yang menggunakan DFI (Digital Fuel Injection) yang mana akan memberikan performa yang lembut dan mengeluarkan tenaga yang linear tanpa terjadi gejala penurunan tenaga atau memberikan tenaga yang terasa terus mengisi. Selanjutnya untuk menunjang performa Kawasaki Ninja ZX-10R yang maksimal maka di tanamkan fitur Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC) yang merupakan sebuah fitur andalan Kawasaki demi mengimbangi performa mesin yang besar sehingga pada saat digunakan di jalan pengguna dapat menggeber Ninja ZX-10R ini dengan maksimal tanpa takut kehilangan grip yang dapat mengurangi kestabilan saat melaju di jalanan. Untuk sistem pengeremannya, Kawasaki Ninja ZX-10R pada varian standar telah dilengkapi dengan KIBS (Kawasaki IntelegentBrake System) yang dapat melalukan pengereman dengan baik sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui sehingga dapat memberikan fungsi pengereman yang optimal, aman dan nyaman. Untuk spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R pada varian atasnya telah dilengkapi dengan perangkat pengereman kelas atas yakni ABS (Anti-LockBrake System) yang dapat mencegah terjadinya ban terkunci saat melakukan pengereman keras sehingga dapat menjamin keselamatan dan keamanan pengendara, boncenger maupun pengendara lainnya.

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R

Advertisement
Tenaga
Tipe Mesin Four-stroke, liquid-cooled, DOHC,

four valves per cylinder, inline-four

Kubikasi 998cc
Bore x Stroke 76.0 x 55.0mm
Rasio Kompresi 13.0:1
Sistem Bahan Bakar DFI® with four 47mm Keihin throttle

bodies with oval sub-throttles, two injectors per cylinder

Pengapian TCBI with digital advance and Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC)
Transmisi 6 percepatan
Final Drive Chain
Performa
Suspensi Depan 43mm inverted Big Piston Fork (BPF),

adjustable stepless rebound

and compression damping,

spring preload adjustability / 4.7 in

Suspensi Belakang Horizontal back-link with

gas-charged shock, stepless,

dual-range (low-/high-speed) compression damping,

stepless rebound damping,

fully adjustable spring preload / 5.5 in

Ban Depan 120/70 ZR17
Ban Belakang 190/55 ZR17
Rem Depan Kawasaki Intelligent

anti-lock Braking (KIBS), dual semi-floating 310mm petal discs

with dual four-piston

radial-mounted calipers

Rem Belakang KIBS-controlled, single 220mm petal

disc with aluminum single-piston caliper

Sistem Pendinginan Liquid
Detail
Tipe Frame Aluminum perimeter
Rake/Trail 25.0 degrees / 4.2 in
Panjang 81.7 in
Lebar 28.1 in
Tinggi 43.9 in
Ground Clearance 5.3 in
Tinggi Dudukan 32.0 in
Curb Weight 443.2 lb
Kapasitas Tangki 4.5 gal
Wheelbase 56.1 in
Warna Metallic Matte Carbon Gray / Flat Ebony

Harga Kawasaki Ninja ZX-10R

Nah itulah dia ulasan lengkap mengenai Kawasaki Ninja ZX-10R dari semua sisinya. Tidak terasa ya kita telah tiba di segmen harga Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru ini. Bagaimana Bro dan Sis, Sangat menarik dan lengkap bukan? Eits, Sebelum Mas Sena membeberkan harga Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru di Indonesia ini, ada baiknya membahas sedikit kesimpulan pada segmen terakhir ini. Menurut Mas Sena performa motor super sport ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia . Hal tersebut dikarenakan Kawasaki Ninja ZX-10R yang memiliki kubikasi mesin kelas 1000 cc sudah dirasakan di ajang World Super Bike, yang mana Green Team ini telah beberapa kali meraih podium di seri yang ada. Maka dari itu super bike ini menjadi salah satu rekomendasi bagi anda yang sedang mencari motor sport 1000 cc. Apalagi fitur-fiturnya yang merupakan ciri khas motor balap yang dapat menunjang performa lebih baik dan dapat diandalkan. Lalu berapakah harga Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru yang dibanderol di Indonesia?

harga kawasaki ninja zx-10r terbaru

harga kawasaki ninja zx-10r

Sesuai dengan segmentasinya yakni motor super sport premium kelas atas dan juga merupakan produk CBU (CompletelyBuildUp) maka harga Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru dipastikan akan sangat tinggi. Benar saja sesuai dengan informasi dari pihak KMI untuk Ninja ZX-10R yang mengejar performa sirkuit ini, memang memiliki harga sangat tinggi. Banderol harga Kawasaki Ninja ZX-10R adalah Rp. 365 Jutaan OTR DKI Jakarta dan sekitarnya. Wow, fantastis bukan? Namun sebenarnya super bike Kawasaki ini memiliki harga yang terjangkau pada beberapa negara di benua Eropa, Amerika maupun Asia yakni berkisar Rp. 180-200 Jutaan saja. Namun karena pajak kendaraan mewah diatas 250 cc yang diberlakukan di tanah air membuat harga Ninja ZX-10R ini melambung sangat tinggi. Menurut Mas Sena meskipun harganya sangat mahal namun tentunya Kawasaki Ninja ZX-10R ini menawarkan kualitas, performa dan ketangguhan yang sebanding. Sehingga dengan memiliki super bike ini maka anda lebih terlihat gahar dan macho. Tapi hati-hati ya jika mengendarai motor besar berkubikasi 1000 cc ini. Bagaimana apakah anda minat memiliki motor super gagah ini setelah mengetahui harga Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru?

Harga Kawasaki Ninja ZX-10R

Rp 365.000.000,- (OTR Jakarta)

Namun perlu diperhatikan bahwa harga Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru tersebut bisa jadi akan berbeda ketika sudah memasuki daerah-daerah di wilayah Indonesia. Jadi untuk informasi yang lebih pasti anda dapat mengunjungi dealer Kawasaki terdekat di kota anda. Dengan harga Kawasaki Ninja ZX-10R yang cukup mahal, Kawasaki pede untuk memperkenalkan motor sport ini di Indonesia. Pabrikan asal Jepang ini sepertinya tahu jika penggila motor sport di Indonesia itu sangat banyak, sehingga selain negara-negara maju seperti di benua Eropa dan Amerika Serikat motor ini juga di distribusikan di Indonesia yang mempunyai penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Memiliki Kawasaki Ninja ZX-10R ini tentunya dalah suatu kepuasan tersendiri karena memang motor ini menjadi rajanya motor sport Kawasaki yang memiliki body sangar dan perfoma maksimal. Demikianlah ulasan mengenai harga Kawasaki Ninja ZX-10R pada segmen terakhir yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Baca juga Kawasaki Ninja H2.

  • Porhas

    Pajak oh pajak kenapa kau pasang tarif tinggi

Top