ABS Bisa Ditambahkan pada Yamaha R25 Standar, Tapi….

ABS Bisa Ditambahkan pada Yamaha R25 Standar –  Baru beberapa pekan saja setelah diluncurkan pertengahan tahun lalu, Yamaha Indonesia mengaku langsung kebanjiran pesanan untuk model R25. Sepeda motor sport 250cc bergaya “full fairing”  itu pun langsung mengantongi pesanan lebih dari 2.000 unit, pada awal peluncurannya. Motor tersebut pun hadir dalam versi ABS dan versi non ABS.

ingin pasang ABS pada Yamaha R25 versi non ABS

Terbaru, untuk Bro and Sist yang memiliki Yamaha R25 versi non-ABS, ternyata bisa saja lho menambahkan peranti ABS jika mau. ABS sendiri merupakan  teknologi yang sebenarnya cukup sederhana. Tekno logi otomotif yang satu ini mencegah terkuncinya roda saat pengereman mendadak. Dengan mencegah agar tidak ada roda yang terkunci saat pengereman, maka kendaraan dapat tetap dikendalikan dan mampu berhenti lebih cepat. Singkatnya, Bro and Sist memiliki kesempatan lebih besar untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Namun, menurut Yamaha Indonesia,  pemasangan ABS pada Yamaha R25 versi non-ABS, sebenarnya tidak direkomendasikan.  Mengapa begitu? Ternyata, pemasangan ABS akan cukup rumit. Bro and Sist juga harus mengubah juga berbagai piranti yang ada. Rumit  kan?

“Bisa diubah kalau mau. Tapi kami tidak menyarankan, karena ada 91 item perbedaan antara versi non-ABS dan ABS. Bisa dibayangkan, banyak sekali perubahan yang harus dilakukan. Kalau mau ganti, akan lumayan mahal,” kata M Abidin, GM Motorsport and Aftersales Yamaha Indonesia, kepada media.

Pemasangan ABS pada Yamaha R25 versi non-ABS sendiri akan mengubah beberapa komponen utama.  Komponen utama yang akan rumit diubah adalah termasuk komponen pelek, dudukan sensor, unit engine control, sensor-sensor, dan hydrolic unit. Bahkan, sampai kabel-kabel pun juga dikatakan bakal berbeda pemasangannya. Tidak cukup sampai disitu, ternyata tak ketinggalan juga dudukan untuk sensor pada roda, yang  juga akan  menjadi poin perubahan yang cukup rumit.

Walaupun si empunya motor sendiri tidak merekomendasikan pemasangan ABS pada Yamaha R25 versi non-ABS karena kerumitannya,  ternyata Yamaha Indonesia tetap mempertimbangkan untuk menjual komponen-komponen tersebut secara terpisah. Hal itu pastinya juga akan berdampak pada harga yang lebih mahal. Soal yang satu ini, Yamaha  menjelaskan bahwa hal itu dilakukan, akan ada  selisih harga versi non-ABS dan ABS, yakni Rp 6 juta.

“Kami akan pikirkan lagi karena jatuhnya akan jauh lebih mahal. Saat ini masih menjadi pertimbangan. Lagi pula, ada segmennya masing-masing. Tidak semua orang butuh ABS, bahkan ada sebagian penggemar yang cukup memainkan tangannya saat mengerem,” kata Abidin.

Bagaimana dengan Bro and Sist sendiri? Apakah anda termasuk yang lebih memilih sistem ABS ada pada tunggangan anda? Baca juga Harley Davidson Listrik Sambangi Asia dan Eropa dan Mobil Hatcback Masa Depan Lexus Terbaru.

 

Top