Ford Smart Mobility Plan Hadirkan Sepeda Listrik

Sepeda Listrik Ford – Ford pastinya bukan nama asing di jagad otomotif. Jelas tidak ada yang meragukan kemampuan Ford, dalam membesut produk-produk mobil berkualitas. Sebut saja merk seperti Ford Everest, Ford Edge, Ford EcoSport dan masih banyak lagi. Kalau kita bicara soal Ford, yang terbaru ternyata manufaktur asal Amerika tersebut sedang memperluas program Ford  Smart Mobility Plan yang dimilikinya. Kabarnya, untuk program yang satu ini, Ford tak hanya terpancang pada kendaraan roda empat dengan sumber tenaga listrik. Melalui program tersebut, Ford pun berencana mengembangkan sepeda listrik atau e-bike.Seperti apa? Yuk intip bersama Mas Sena…!!

sepeda listrik ford

Ford berencana membuat sepeda listrik, yang nantinya dapat digunakan di dalam sebuah kota yang sibuk. Ini tentunya sebagai pilihan lain bagi konsumen, selain mobil listrik atau transportasi massal lainnya di masa depan. Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan mobilitas komuter, sekaligus mengurangi kemacetan di sekitar pusat-pusat kota.Proyek e-bike Ford itupun, diberi nama “Handle on Mobility”.

Ada dua e-bike yang ditawarkan oleh perusahaan yang membesut mobil Ford Shelby GT500 itu. Keduanya pun dibuat dengan fungsi yang berbeda. Sepeda pertama adalah MoDe:Me. Tipe ini diciptakan dengan bantuan produsen sepeda Dahon. Sepeda ini dirancang untuk komuter perkotaan. Soal desain, MoDe:Me memiliki desain yang membuatnya mudah dilipat dan ditaruh di mobil penumpang apapun.

E-bike kedua besutan Ford adalah MoDe:Pro. Tipe yang satu ini ternyata dibangun dan dirancang sepenuhnya oleh Ford. Sedikit berbeda dengan saudaranya, MoDe:Pro dirancang untuk para profesional seperti kurir ataupun teknisi listrik, pipa jaringan atau telepon.

Meski dari sisi fungsi keduanya dibedakan, namun duo sepeda listrik ini punya persamaan. Tenaga penggeraknya didapat dari motor listrik, disamping pedal kayuh biasa. Sepeda-sepeda tersebut, rencananya dilengkapi motor listrik 200 W dan baterai yang mampu bertahan untuk sembilan jam pemakaian. Para pengguna dapat mencapai kecepatan 25 kilometer per jam saat mengandalkan tenaga dari motor listrik tersebut.

Ford pun menyematkan teknologi tinggi pada sepeda listrik besutannya itu. E-bike Ford dirancang terkoneksi dengan aplikasi iPhone yang dikenal sebagai mode Link. Ketika terhubung dengan sepeda, mode Link dapat memberikan turn-by-turn navigation. Sistem itu akan berjalan layaknya GPS. Menarik ya? Baca juga Mobil-mobil Tercepat Besutan Toyota dan 2 Mobil Konsep Masa Depan Suzuki Sudah Dipamerkan.

 

Top