Rifat Drive Labs, Pusat Pelatihan Eco Driving

Belajar Eco Driving di Rifat Drive Labs – Keselamatan menjadi hal yang begitu penting saat berkendara. Hal itu disadari penuh oleh pebalap nasional, Rifat Singkar. Dengan dorongan tersebut, Rifat pun meresmikan sebuah lembaga pelatihan keselamatan berkendara, dengan nama  Rifat Drive Labs (RDL). Lokasi yang dipilih adalah kawasan Bumi Perkemahan dan Kawasan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Bekasi. Seperti apa program yang ditawarkan? Rifat mengkonsepsikan bahwa lembaganya ini menularkan kecakapan berkendara secara aman,  dengan cara yang nyaman dan menyenangkan. RDL sendiri menawarkan paling tidak  tiga program pelatihan keselamatan berkendara. Ketiganya adalah  Defensive Drive Labs Basic, Defensive Drive Labs Advance dan PRO. Penasaran dengan program-program tersebut?

Rifat Drive Labs

Program Devensive Drive Labs Basic , adalah pelatihan dasar mengemudi. Adalah  metode Eco Driving, yang diterapkan untuk program ini.  Eco Driving sendiri merupakan metode mengemudi, yang mengedepankan metode berkendara secara aman, benar dan nyaman. Ternyata, jika metode tersebut diterapkan, kita dapat menghemat biaya, waktu dan ramah lingkungan.

“Yang ingin kita ubah adalah perilaku berkendara, sebab setiap orang karakternya beda-beda ada yang agresif, posesif dan sebagainya, tapi semuanya harus punya pemahaman dan menerapkan keselamatan berkendara,” kata Rifat kepada media.

Program kedua yang diajarkan di Rifat Drive Labs adalah  Devensive Drive Labs Advance. Yang satu ini, merupakan pelatihan tingkat lanjutan yang mengakomodasi berbagai kebutuhan khusus. Anda yang berminat dengan Escape and Evasive, serta 4×4/Offroad, bisa melanjutkan pelatihan di step kedua ini, setelah melalui pelatihan dasar.

Sementara program PRO, diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar balap secara profesional. Untuk yang satu ini, bakal mengakomodir anda yang ingin menekuni rally, offroad, drifting, slalom test, maupun gokart.

Soal keahlian para instruktur di RDL, tak perlu khawatir lagi. RDL sudah didukung jajaran instruktur bersertifikasi nasional maupun internasional seperti ISO 9000/2001, AAA, RTA, Euro serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Nama-nama sepert Nugroho Respati, Hasnul Arifin, Norman Syam, Rizal Sungkar, Andre Gusasi, James Sanger dan Yudhistira Ambarawa, adalah perpanjangan tangan Rifat Sungkar untuk mengelola pusat pelatihan balap bergengsi ini.

Sementara keahlian Rifat Sungkar di dunia balap  pun tak perlu dipertanyakan lagi. Lahir dari trah pebalap dan pengusaha otomotif, Rifat merupakan salah satu andalan Indonesia. Berbagai prestasi yang sudah ditorehkannya. Sebut saja juara Kejuaraan Rally Nasional sebanyak delapan kali terhitung dari tahun 1995 hingga 2002. Bahkan, Rifat Sungkar adalah pereli pertama yang mampu menempatkan bendera merah putih di podium kemenangan dalam acara Asia Pacific Rally Championship bersama pasangannya M. Herkusuma pada tahun 2006. Baca juga

Top