Ini Dia, Spec Tunggangan Marc Marquez di MotoGP 2015

Spesifikasi Motor Tunggangan Marc Marquez – Siapa sih yang tidak mengenal Marc Marquez? Walaupun tidak mengenal secara langsung, namun setidaknya Marquez dikenal oleh seantero dunia, lewat prestasi balapnya. Pretasi fantastis terdekat yang diraihnya adalah berdiri di podium tertinggi MotoGP 2014 alias sebagai juara dunia. Pebalap muda yang akrab disapa Baby Alien ini, bahkan digadang-gadang bakal menduduki posisi yang sama pada gelaran MotoGP 2015. Prediksi tersebut dicetuskan oleh banyak pihak. Namun usaha yang baik untuk mencapai posisi itu, setidaknya sudah diperlihatkan,  melalui hasil positif yang ditorehkan Marquez dibeberapa sesi uji coba. Selain latihan yang keras dan berkesinambungan, kegemilangan karier yang dicapai pebalap 22 tahun itu, pastinya tak lepas dari peran si tunggangan. Tahun ini, pebalap berdarah Spanyol itu  ini menunggangi motor Honda RC213V 2015. Ingin tau seperti apa spesifikasinya? Yuk Mas Sena perkenalkan dengan tunggangan andalan Marquez tersebut.

Spesifikasi motor balap Marc Marquez

Bicara soal spesifikasi, sebenarnya motor balap Marc Marquez tahun ini, spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan model yang ia gunakan pada tahun lalu.  Secara fisik, motor ini memiliki dimensi panjang 2.052 mm, lebar 645 mm dan tinggi 1.110 mm.  Sementara itu, Honda RC213V 2015 milik Marquez memilikiukuran  wheelbase 1.435 mm. Di bagian kerangka, terdapat sedikit revisi, yakni di bagian sasis Alumunium-Twin spar yang digunakan. Perubahan itu sendiri dibuat untuk mengimbangi gaya balap Marquez yang agresif. Cover body dari motor handal ini, terbuat dari carbon fiber yang ringan namun kuat.

Sementara itu, ban depan yang digunakan berukuran 125/60R16,5. Sementara itu  di depan ban belakangnya berukuran 190/65R16,5. Sedangkan di sektor suspensi depan dan belakang mengandalkan produk Ohlins.

Pada sistem pengereman, Honda RC213V 2015  menggunakan Brembo. Saat berlaga di kondisi kering, motor ini menggunakan cakram carbon fiber yang disebut mampu menahan panas hingga 400 derajat celcius. Namun saat balap dengan status wet race alias medan yang basah, cakram depan mengadopsi cakram logam lansiran Yutaka Steel.

Honda RC213V 2015 sendiri mengadopsi mesin 4-Tak DOHC 4 silinder berpendingin cairan berkapasitas 1.000 cc. Mesin ini diklaim mampu mengehmbuskan tenaga hingga 235 horse power (hp). Ini dia yang membuat si Baby Alien melesat begitu dahsyatnya. Baca juga Belajar Eco Driving di Rifat Drive Labs dan Piaggio Semakin “Dekat” dengan Indonesia.

 

Top