Hati-hati, Servis Skutik Vespa di Bengkel Umum Begitu Berisiko

Servis Skutik Vespa di Bengkel Umum Begitu Berisiko – Bro and Sist pengguna skutik Vespa? Sudah servis motor kesayangan bulan ini? Seperti halnya badan manusia, motor juga memerlukan check up “kesehatan”, agar performanya terjaga. Dimana anda biasanya servis motor? Di diler resmi, atau di bangkel umum? Servis motor di bengkel umum memang tidak dilarang. Tapi, akan lebih baik jika Bro and Sist tetap melakukan servis di diler resmi motor bersangkutan. Mengapa begitu?

servis skutik vespa di bengkel umum sangat beresiko

Kita masih menggunakan analogi yang sama, yakni badan manusia. Jika jantung kita bermasalah misalnya, akan lebih tokcer, jika kita memeriksakan kesehatan ke dokter penyakit dalam. Itu artinya, orang yang memang ahli di bidangnya akan memberi solusi yang lebih tepat. Begitu juga dengan motor. Biaya jasa dan harga suku cadang yang lebih murah, memang cenderung membuat para pemilik motor memilih bengkel umum atau bengkel non-diler sebagai tempat servis untuk berbagai jenis motor. Tak terkecuali juga para pemilik skutik Vespa. Tapi jangan salah, hal itu justru sangat beresiko lho. Seperti dijelaskan oleh Training Manger PT Piaggio Indonesia (PID), Yudi Riswanto.

“Banyak pemilik yang mengeluh kepada kami, Vespa-nya mengalami kerusakan teknis. Setelah ditelusuri ternyata bukan dari produknya, tapi dari perawatannya. Biasanya (servis) tidak dilakukan di bengkel resmi,” ungkap yudi.

Perawatan atau perbaikan di bengkel tidak resmi, ternyata sangat berisiko dalam hal menjaga durabilitas skutik asal Italia tersebut. Montir bengkel nondiler sering kali salah mendiagnosis jenis kerusakan pada skutik Vespa. Hal tersebut justru membuat kondisi skutik semakin parah.

“Merawat Vespa itu sebenarnya gampang, semua sudah serba komputer. Bengkel resmi itu sudah pasti punya alat PADS (Piaggio Advance Diagnostic System). Ini untuk mengecek kondisi motor dengan sistem komputerisasi. Jadi, semua data teknis tentang motor akan terbaca,” lanjutnya.

Yudi Riswanto sendiri menjamin bahwa semua kerusakan teknis bisa terbaca komputer. Jika letak kerusakannya diketahui maka otomatis penanganannya akan akurat.

Sebenarnya, servis di diler resmi kendaraan, tidak hanya berlaku untuk skutik Vespa. Apapun jenis motor Bro and Sist, akan lebih baik jika perawatannya dipercayakan pada bengkel resminya. Tidak hanya untuk “kesehatan” kendaraan jangka pendek saja, namun hal itu akan lebih menjamin performa kendaraan anda, untuk jangka panjang. Baca juga Alphard Terbaru Mengaspal April 2015 di Indonesia dan Kawasaki Siap Ciptakan Motor Listrik.

  • Saro Mendrofa

    Kenapa di Batam belum ada bengkel nya
    Kami harus service kemana

Top