Sejarah Jupiter MX 135 Dipastikan Berakhir

Jupiter MX 135 Tergantikan Jupiter MX King – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah resmi meluncurkan generasi terbaru dari Jupiter MX, yang diberi nama Yamaha Jupiter MX King. Kelahiran tipe baru itu, dipastikan mengakhiri sejarah model terdahulu, yakni Jupiter MX 135. Sementara itu, Jupiter MX King memang secara otomatis menjadi penerus dari versi lamanya.

sejarah jupiter mx 135 tamat

Jupiter MX sendiri, resmi mengaspal di Indonesia pada tahun 2005. MX pada merk-nya, merupakan kepanjangan dari Maximize. Disebut Maximize, karena mengadopsi teknologi motor balap. Bro and Sist pasti masih ingat, bahwa pada awal kemunculan, Jupiter MX 135 begitu mampu menyita perhatian masyarakat.

Selang waktu 5 tahun atau tepat di 2010, Yamaha Indonesia melakukan penyegaran terhadap Jupiter MX. Masih mengandalkan mesin berkapasitas 135 liter, pada pembaharuannya 5 tahun lalu, MX hadir dalam balutan yang berbeda terutama pada striping. Rem depan dan belakangnya cakram dan dilengkapi transmisi lima percepatan. Maju ke 5 tahun selanjutnya, alias tahun ini, Jupiter MX 135 pun benar-benar dihentikan sejarahnya dan diganti tipe yang lebih garang.

Jupiter MX king mamang muncul dengan menawarkan desain yang lebih segar. Lampu utama dan lampu belakang mengalami perubahan. Posisi lampu sein depan dan belakang juga berbeda dengan model lawas. Uniknya, lampu sein belakang dibuat terpisah seperti layaknya motor batangan. Dibandingkan versi lawasnya, MX King juga lebih bongsor.

Sementara itu, sektor dapur pacunya juga punya perbedaan yang cukup mencolok dengan Jupiter MX 135. Jika model lama berkubikasi 135 cc, Jupiter MX King naik kelas menjadi 150 cc. Dengan mesin ini Jupiter MX King mampu menghembuskan tenaga 15,1 horse power (hp) dan torsi 13,8 Nm. Ukuran tersebut 3 hp lebih besar dari model lawas. Jupiter MX King juga telah mengadopsi ban jenis tubeless alias tanpa ban dalam. Dengan begitu, Bro and Sist tak akan begitu ngoyo, jika ban mengalami kurang angin. Lalu, bagaimana dengan para pengguna yang masih setia memakai MX 135-nya sampai saat ini?

Tenang saja Bro and Sist…!!! Walaupun Jupiter MX 135 sudah “tamat” sejarahnya, namun Yamaha masih akan menyediakan spare part-nya sampai 10 tahun ke depan. Baca juga Servis Skutik Vespa di Bengkel Umum Begitu Berisiko dan Alphard Terbaru Mengaspal April 2015 di Indonesia.

 

 

Top