Lebih Untung Jika Ban Diisi Nitrogen. Ini Alasannya

Keuntungan Mengisi Ban dengan Nitrogen – Ban menjadi salah satu bagian penting untuk kendaraan. Baik itu mobil, motor maupun sepeda, pastinya membutuhkan tekanan gas pada ban yang sesuai. Tekanan ban akan menentukan bagaimana daya cengkram ban terhadap jalan, yang dalam tahap selanjutnya juga akan menentukan umur pakai ban.

keuntungan-mengisi-ban-dengan-nitrogen

Selain pengisian ban dengan angin atau Oksigen, saat ini sudah banyak muncul pengisian ban dengan Nitrogen (N2). Anda bisa menemuinya di berbagai macam bengkel. Bahkan pengisian ban dengan Nitrogen bisadengan mudah ditemui di SPBU. Sebenarnya, mengisi ban dengan nitrogen atau angin (oksigen), pada prinsipnya sama saja. Walaupun soal harga, pengisian ban dengan Nitrogen memang lebih mahal. Tapi ternyata ada keuntungan-keuntungan lebih yang bisa anda dapatkan ketika mengisi ban kendaraan anda dengan Nitrogen.

“Ban itu butuh udara di dalamnya. Penggunaan nitrogen atau angin tidak ada masalah yang penting tekanan ban stabil. Tetapi nitrogen dan angin berbeda molekul,” ujar Dwi Triono, Manager Technical Service PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban GT Radial dan IRC.

Molekul nitrogen lebih besar dibanding angin. Bila molekul lebih besar maka gaya gesek di dalam ban lebih rendah ketimbang oksigen. Apa dampak yang ditimbulkan? Dengan molekul yang lebih besar, maka potensi kebocorannya lebih rendah. Ban juga tidak cepat panas dan peformanya menjadi stabil. Hal ini berbeda dengan angin biasa yang mudah panas dan tingkat kebocoran lebih besar serta harus rutin mengecek tekanan ban.

Selain itu, dengan pengisian Nitrogen pada ban, tekanan ban akan terjaga lebih lama. Jadi, anda akan lebih jarang mengisi ulang. Daya cengkram dan kinerja ban dengan isi Nitrogen pun menjadi optimal. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban karena molekul N2 lebih besar, juga akan membantu mengurangi kecelakaan akibat pecah ban atau overpressure.

Namun, bagaimana jika nitrogen dan angin bercampur di dalam ban? Sebenarnya tidak masalah, namun perlu diketahui bahwa fungsi nitrogen akan berkurang.

“Tidak masalah, tapi daya performanya berkurang karena sudah tercampur. Efek lainnya tidak ada.” pungkas Dwi. Baca juga Jupiter MX 135 Tergantikan Jupiter MX King dan Servis Skutik Vespa di Bengkel Umum Begitu Berisiko.

 

Top