Hati-hati, Kampas Kopling Mobil Matic Mudah Habis

Kampas Kopling Mobil Matic Memang Mudah Habis – Berbagai macam jenis kendaraan yang diciptaan saat ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya kendaraan roda empat, pada jenis kendaraan ini pun memiliki berbagai macam varian lainnya. Seperti jenis transmisi mobil matic atau transmisi jenis manual pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Hati-hati, Kampas Kopling Mobil Matic Mudah Habis

Pertama untuk model mobil dengan transmisi manual memang penggunaannya lebih merepotkan karena pengguna harus setiap saat mengoperasikan kopling, gas dan tuas gigi secara bersamaan. Tetapi mobil yang memiliki jenis manual ini terkenal memiliki kekuatan yang lebih handal dan lebih besar dibandingkan versi transmisi matic. Meskipun apabila pengguna mengemudikan mobil ini dalam di jalanan yang macet akan mudah lelah dan pegal. Apalagi jika jalanan yang dilalui memiliki kontur naik turun, maka lebih menguras tenaga.

Kedua ada mobil yang memiliki transmisi otomatis (Automatic Transmision). Memang mulai beberapa tahun belakangan ini jenis mobil yang telah mengadopsi sistem transmisi otomoatis ini telah popular dan diminati oleh masyarakat dunia, khususnya untuk kondisi jalanan di Tanah Air. Di mana belakangan ini beberapa kota besar di Indonesia memang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi. Dengan adanya mobil yang memiliki sistem transmisi otomotis ini ternyata lebih memberi kepraktisan saat mengemudi. Disamping pengemudi yang tidak direpotkan oleh sistem mengemudi manual, menggunakan jenis transmisi ini ternyata juga membuat perjalanan yang dilalui oleh pengemudi tidak membutuhkan banyak tenaga sehingga akan menjaga kondisi pengemudi untuk tidak mudah lelah. Keunggulan lainnya jika pengemudi ingin melaju pada kecepatan yang di inginkan mereka hanya menggeser tuas transmisi pada posisi D, tidak seperti mobil transmisi manual yang harus menyesuaikan setiap kondisi kecepatan.

Namun diketahui keasyikan dari sistem berkendara mobil bertransmisi otomatis ini memiliki kekurangan yakni kampas kopling yang cepat habis. Hal tersebut dikarenakan saking asyiknya mengemudi tanpa harus memindahkan tuas transmisi, membuat pengendara tak sadar akan kebiasaan umum yang mana dapat membuat oli transmisi cepat menurun. Bahkan beberapa diantaranya dapat menginginkan kampas kopling gesek ‘nendang’. Selain itu penggunaan tuas yang tidak tepat pada kondisi macet pun dapat mempercepat habisnya kampas kopling mobil ini.

Agar terhindar dari mudah habisnya kampas kopling mobil matik maka gunakan tuas transmisi dengan kondisi yang tepa. Jika mobil berhenti atau terjebak macet dalam kondisi lama maka posisikan transmisi pada kedaan Netral (N). Pergantian transmisi jenis otomatis juga harus dilakukan secara lembut dan tepat. Baca juga Toyota Camry Terbaru Lebih Dahulu Mengaspal di Thailand dan Honda Civic Terbaru Bakal Pakai Turbo.

Top