Ternyata Emisi Gas Buang Mesin Bensin Lebih Berbahaya daripada Mesin Diesel

Emisi Gas Buang Mesin Bensin Lebih Berbahaya daripada Mesin Diesel – Siapa sangka bro dan sis, berbagai macam mesin yang ada di mobil-mobil saat ini menimbulkan fakta yang cukup mencengangkan. Diketahui berbagai mobil atau kendaraan roda empat saat ini terdiri dari dua jenis mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel.

Ternyata Emisi Gas Buang Mesin Bensin Lebih Berbahaya daripada Mesin Diesel

Mungkin bagi anda yang merupakan pengamat otomotif mengatakan bahwa mesin diesel yang ada saat ini tentu lebih berbahaya dibandingkan dengan mesin bensin. Bagaimana tidak, mesin diesel kebanyakan yang dipakai dikendaraan roda empat atau lebih saat ini pastinya lebih besar prosentasenya dalam menghasilkan gas buang yang berupa asap hitam pekat. Tetapi siapa sangka bahwa fakta yang beredar saat ini dikatakan baha mesin bensin malah lebih berbahaya dibandingkan mesin diesel.

Seperti informasi yang dilansir dari laman detikOto, Jumat (13/3/2015) yang menyatakan dari pihak Training Center Head IAMI, Reiner Tandiono bahwa dikatakan mesin diesel justru lebih aman dibandingkan mesin bensin. Beliau menjelaskan bahwa mesin yang memiliki pembakaran sempurna akan menghasilkan Nitous Oxides (NOx) yang lebih tinggi. Nah, unsur tersebutlah yang dianggap paling berbahaya untuk lingkungan maupun kesehatan manusia.

Saat ini memang kedua mesin mobil yang digunakan tetap sama-sama menghasilkan gas buang yang cukup membahayakan lingkungan dan kesehatan. Tetati jika dibandingkan dengan mesin diesel maka mesin bensin dianggap lebih berbahaya.

Dari penjelasan ilmiah yang dikatakan oleh pihak dari lembaga IAMI tersebut mengatakan bahwa semakin sempurnanya pembakaran yang terjadi di ruang bakar maka gas atau sisa-sisa pembakaran yang dihasilkan justru lebih berbahaya. Unsur yang berbahata tersebut adalah unsur kimia NOx, yang mana di mesin bensin yang ada saat ini memiliki unsur NOx yang lebih tinggi karena pembakaran lebih  sempurna dari hasil pengapian melalui komponen busi.

Sekedar informasi bahwa unsur kimia yang dihasilkan dari proses pembakaran tersebut yaitu NOx akan menghasilkan dampak ke lingkungan yakni Photo Chemical yang dapat menimbulkan hujan asam hingga kerusakan hutan. Selain itu pada tubuh manusia akan menghasilkan efek samping sakit mata, hidung, tengorokan dan pusing-pusing.

Lebih lanjutnya lagi mesin diesel memang mengeluarkan asap hitam yang dinamakan Particulate Matter (PM) yang jga menimbulkan efek samping sakit pernafasan dan paru-paru. Kalau begini lebih baik kita bijak sana dalam menggunakan kendaraan agar tidak merusak lingkungan dan kesehatan. Baca juga Kampas Kopling Mobil Matic Mudah Habis dan Ban Vulkanisir Membahayakan.

Top