Suzuki Gixxer SF Sebagai Penantang R15 dan CBR150R

Suzuki Gixxer SF Sebagai Penantang R15 dan CBR150R – Segmen middle-up sport kelas 150cc di Tanah Air sepertinya menjadi medan perang tersendiri bagi pabrikan-pabrikan kelas dunia. Yamaha yang memulai pertarungan dengan meluncurkan Yamaha YZF-R15 di awal tahun 2014, kemudian disusul Honda dengan Honda CBR150R versi lokal di akhir 2014, kini satu lagi pabrikan asal Jepang ikut meramaikan jalanan Indonesia. Ya, setelah lama tidak terdengar gaungnya di motor sport kelas menengah, kini Suzuki mencoba menggoyang dominasi pabrikan-pabrikan Samurai tersebut.

Suzuki Gixxer SF Sebagai Penantang R15 dan CBR150R

Sadar kekuatan Suzuki Satria F150 mulai terdesak di pasaran, Suzuki mulai berinovasi menggarap kelas sport 150cc. Disiapkanlah Suzuki Gixxer SF sebagai penantang R15 dari pabrikan Garpu Tala dan CBR150R lansiran Honda. Mengadopsi teknologi legendaris Suzuki Hayabusa, Suzuki mencoba membangkitkan lagi gairah pasar motor sport 150cc dengan menghadirkan Gixxer SF yang menurut rencana akan mulai dikenalkan resmi ke publik awal bulan depan.

Suzuki Gixxer SF adalah adaptasi dari Suzuki Gixxer yang beredar di India. Suzuki Gixxer yang ada di Bollywood tersebut adalah motor sport tanpa fairing, alias naked. Sementara kabarnya, Gixxer SF yang akan masuk ke Indonesia adalah versi full fairing. Dari tampilan bodi sudah bisa ditebak bahwa Gixxer SF memang ditujukan untuk menyaingi dua kompetitor Suzuki di atas tadi.

Beradu dapur pacu, Suzuki menyiapkan mesin satu silinder dengan kapasitas 154,9 cc dengan pendingin udara. Daya yang mampu dihasilkan mesin ini adalah 14,8 PS pada 8.000 rpm dan torsi 14 Nm pada putaran 6.000 rpm. Untuk memacunya, diaplikasikan mesin transmisi manual dengan lima percepatan. Walau masih dibawah Yamaha R15, rasa-rasanya ini bisa menjawab keragu-raguan publik mengenai power yang dihasilkan Suzuki Gixxer SF.

Dengan kuatnya brand Suzuki di India untuk segmen sport 150cc, pabrikan dengan warna khas Biru Langit ini berharap kesuksesan Gixxer di India juga menular ke Indonesia dan dapat mengulang kegemilangan mereka seperti kala menguasai pasar sport underbone Tanah Air dengan Suzuki Satria F-nya. Kisaran harga yang ditawarkan ke publik pun juga kompetitif. Kabarnya Suzuki Gixxer SF akan dilepas dengan banderol Rp. 17 jutaan. Patut kita tunggu penampakan resminya. Baca juga Jupiter MX 135 Tergantikan Jupiter MX King dan Kawasaki Siap Ciptakan Motor Listrik.

  • Rizki Muhammad

    ah kayaknya gk mungkin semurah itu

Top