Ranking Tiga di Indonesia, Honda Jadi Favorit di AS

Honda Jadi Favorit di AS – Dalam “rapor” yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil tahun 2014 mencapai 1.208.109 unit. Dari jumlah tersebut, Toyota keluar sebagai jawara dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Tapi dibalik itu, Honda yang berada di posisi ketiga, punya prestasi yang tidak bisa diremehkan. Tahun lalu, Honda berhasil mendongkrak namanya, dari nomor lima ke posisi tiga dari sisi pangsa pasar. Bahkan hal tersebut menjadi penjualan tertinggi di tanah air. Adalah Honda Mobilio, mobil di kelas low multi-purpose vehicle atau LMPV, yang menjadi jawaranya. Tipe mobil tersebut terjual hingga 79.288 unit tahun 2014 di Indonesia. Sementara itu, di peringkat kedua disebut nama Honda Brio Satya. Tipe yang satu itu meraih total penjualan sebesar 26.683 unit, di tahun lalu.

honda mobil favorit di AS

“Ini adalah rekor penjualan Honda di Indonesia,” kata Direktur Pemasaran dan Purnajual Honda Prospect Jonfis Fandy.

Punya prestasi yang tidak bisa diremehkan di Indonesia, ternyata Honda juga punya prestasi yang gemilang di Negeri Paman Sam—Amerika Serikat. Baru-baru ini, manufaktur mobil asal Jepang itu, dinyatakan sebagai pabrikan dengan produk-produk terfavorit di negara tersebut. Catatan dari IHS Automotive menunjukkan bahwa Honda berhasil mengukuhkan empat tipe sekaligus, sebagai mobil yang digemari di Amerika Serikat. Ternyata, predikat tersebut belum bergeser dari prestasi yang diraih Honda di negara yang sama. Keempat tipe tersebut adalah Honda Accord, Civic, CR-V dan Odyssey. Mas Sena jadi penasaran, apa yang membuat keempat tipe tersebut jadi favorit di negara sebesar AS?

Ternyata, kunci keberhasilan Honda di Amerika Serikat ada pada penjualan di tingkat individu. Tercatat, 8 persen dari total pembelian berasal dari pembeli individu. Ini menjadi bukti bahwa penjualan secara ritail “berbicara” cukup lantang di AS.

“Penjualan ritel adalah tolak ukur sederhana yang sangat baik untuk mengukur daya tarik produk di dunia nyata, dan Honda fokus pada hal tersebut,” kata Jeff Conrad, Senior Vice Presidents and General Manager Divisi Honda.

Penjualan yang diraih Honda sendiri mencapai 1,3 juta unit di Amerika Serikat. Satu juta diantaranya diraih oleh mobil-mobil favorit tadi. Congrats, Honda…!!! Baca juga Suzuki Gixxer SF Sebagai Penantang R15 dan CBR150R dan SUV Tangguh Beroda Enam dari Mercy.

Top