Benarkah ‘Winglet’ Membuat Ducati Mendominasi Tes Resmi Qatar?

Komponen Winglet Pada Ducati Desmosedici GP 15 – Tes resmi pra musim MotoGP yang dilaksanakan di Losail, Qatar beberapa hari lalu tepatnya mulai 14 Maret 2015 sampai dengan 16 Maret 2015 kemarin untuk semua pabrikan, tim balap dan pembalap kelas MotoGP memang telah usai. Dari dua hari tes resmi yang dilaksanakan memberikan fakta yang cukup mengejutkan. Di mana pabrikan motor yang memiliki dominasi warna kebanggaan merah yakni Ducati dapat menggusur dominasi si Baby alien dan beberapa rider top MotoGP lainnya. Melalui duo rider andalan mereka yakni Andrea Dovizioso (04) dan Andrea Iannone (29) mereka saling bergantian mengisi posisi puncak tes resmi yang artinya sebagai yang tercepat pada tes resmi MotoGP Losail, Qatar sesi pertama dan kedua. Sedangkan pada sesi ketiga yang merupakan hari terakhir harus dibatalkan karena hujan cukup lebat mengguyur lintasan balap tersebut, yang membuat kondisi ‘track’ menjadi licin sehingga membuat Dorna membatalkan tes resmi terakhir agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan pada pembalap.

Komponen Winglet Pada Ducati Desmosedici GP 15

Diketahui ketangguhan pembalap pabrikan utama Ducati tersebut yang dapat mendominasi ke dua sesi tes resmi Losail, Qatar beberapa saat lalu dikarenakan adanya komponen yang melekat pada motor prototype andalan mereka yakni Ducati Desmosedici GP 15. Komponen tersebut adalah ‘Winglet’ yang menyerupai sebuah sayap pesawat terbang dalam posisi terbalik. Diperkirakan dengan menggunakan komponen tersebut mereka akan lebih cepat dalam keluar tikungan atau saat berakselerasi sehingga dapat memangkas waktu lap time lebih cepat.

Lebih lanjut lagi, ternyata komponen ‘Winglet’ atau sayap tersebut dapat memberikan downforce yang bagus sehingga mencegah motor mengangkat atau ‘Wheeli’ yang tentunya merugikan dan dapat menambah waktu lap tipe.

Sesuai pernyataan bos Ducati, yakni Gigi Dall’igna mengatakan bahwa hal ini masih sebatas eksperimen dan mereka masih mengumpulkan data secara lebih lanjut sebelum digunakannya di balap resmi nantinya. Memang kemampuan Ducati ini tentunya membuat tim papan atas MotoGP lainnya seperti Honda dan Yamaha cukup was-was.

Namun, mengenai komponen yang digunakan oleh Ducati ini masih belum diketahui lebih lanjut apakah dapat digunakan secara resmi atau tidak. Dorna sepertinya juga akan mempelajari dan mempertimbangkan mengenai komponen baru di MotoGP ini. Meskipun Ducati bersama dua tim lainnya yakni Suzuki dan Aprilia masih bebas untuk melakukan pengembangan mesin, kemampuan motor maupun perangkat elektroniknya. Baca juga Duo Ducati Kuasai Tes Resmi MotoGP Losail Qatar dan Tes Official MotoGP 2015 Terakhir.

Top