Ini Dia Untung dan Ruginya Penggunaan Tombol Start-Stop Engine Pada Mobil

Plus Minus Tombol Engine Start-Stop Pada Mobil – Perkembangan inovasi dan teknologi yang terjadi pada dunia otomotif memang sedikit banyak sangat membantu penggunanya. Bahkan beberapa teknologi serta inovasi yang hadir pada produk otomotif baik itu mobil maupun motor tidak hanya memberikan kemudahan saja. Melainkan juga memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan lebih efisien dalam hal biaya. Pada kesempatan kali ini Mas Sena akan mengulas salah satu teknologi yang sudah mulai merambah pada kebanyakan kendaraan roda empat atau mobil terbaru yang ada di Indonesia yaitu sistem Start-Stop Engine. Meskipun sistem pada mobil yang berupa tombol ini memberikan kelebihan dalam menghidupkan mesin, tetapi diketahui ada untung dan ruginya juga dalam penggunaan sehari-hari. Apa sajakah keuntungan dan kerugian tersebut? Simak informasi yang Mas Sena rangkum di bawah ini.

Ini Dia Untung dan Ruginya Penggunaan Tombol Start-Stop Engine Pada Mobil

Mulai dari cara kerjanya, Start-Stop Engine ini adalah sistem yang terdapat pada mobil-mobil terbaru saat ini yang mana dengan adanya sistem ini mesin akan otomatis mati dan hidup dengan sendirinya sesuai dengan kondisi jalanan yang dilintasi. Misalnya mobil yang memiliki sistem ini dalam keadaan berhenti atau terjebak macet, maka otomatis mesin akan mati dengan sendirinya apabila pengemudi menarik rem tangan atau memindahkan posisi gigi pada posisi netral. Lalu untuk menghidupkannya kembali tinggal melakukan cara sebaliknya yakni melepas rem tangan dan memasukkan gigi ke posisi 1.

Untuk keuntungannya jelas dengan adanya sistem menghidupkan mesin secara otomatis menggunakan tombol Start-Stop Engine ini akan memberikan waktu menghidupkan yang semakin cepat dan efisien. Selain itu dengan adanya sistem Start-Stop Engine ini, diketahui juga dapat menekan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan sehingga pengeluaran akan kebutuhan bahan bakar akan lebih hemat. Meskipun hanya sebesar 3 persen saja. Tetapi diketahui jika mobil yang menggunakan sistem ini telah mengadopsi teknologi Hybrid atau listrik maka dapat lebih besar lagi prosentasenya. Lebih lanjut lagi dengan ada sistem Start-Stop Engine ini juga dapat mengurangi polisi udara. Tentunya juga semakin cocok untuk digunakan di jalanan macet atau jalanan yang memiliki jarak lampu lalu lintas yang dekat.

Sayangnya, meskipun sistem ini memiliki banyak keuntungan. Tetapi diketahui dengan adanya sistem ini juga dapat memberikan kerugian yakni sistem elektronik pada mobil baik itu AC dan lain-lain juga ikut mati. Diperkirakan dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang semakin pesat, masalah ini dapat ditanggulangi beberapa saat mendatang. Baca juga Bridgestone Indonesia Bidik Pasar Mancanegara dan Aston Martin DBX Mobil Keluarga Terbaru.

Top