Hal-hal Ini, Bantu anda Cegah Dampak Negatif Blind Spot

Waspadai Blind Spot Atau Titik Buta – Anda aktif berkendara? Mengemudi atau mengendarai kendaraan bermotor memang menjadi kebutuhan yang kadang tak terelakkan, demi kelancaran mobilitas diri kita. Bicara soal berkendara, keselamatan pastinya menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Kadang, keselamatan menjadi terancam, karena hal-hal kecil yang sering tidak terpantau saat berkendara.

cegah dampak negatif blind spot

Contohnya saja seperi blind spot atau titik buta saat mengendarai mobil. Saat menyetir mobil, tak semua area di luar bodi mobil bisa kita lihat. Memang ada spion yang sangat berperan pada hal ini. Tapi, karena keterbatasan bentuknya, tidak semua area dapat terlihat melalui kaca spion, terutama sisi luar kendaraan. Area yang tak ter-cover kaca spion ini dinamakan blind spot. Hal yang satu ini jelas tak boleh diabaikan begitu saja, karena sangat membahayakan, saat kita akan melakukan manuver seperti menyalip atau berbelok. Yang sering terjadi, pada saat berbelok tiba-tiba ada sepeda motor atau kendaraan lain yang menabrak pintu depan mobil. Padahal, sewaktu memonitor melalui kaca spion, kondisi terlihat aman.

Namun, sebenarnya ada hal-hal yang bisa anda lakukan, agar dampak blind spot seperti yang Mas Sena sebutkan tadi tak terjadi. Demikian seperti yang disampaikan oleh instruktur keselamatan berkendara dari rifat Drive Labs (RDL), Hasnul Arifin Pulungan.

Hasnul menyarankan agar anda tak bosan-bosan untuk melirik spion. Sebenarnya, para produsen kendaraan, sudah memperhitungkan secara tepat, spion seperti apa yang cocok untuk mobil besutannya. Hal ini jelas akan mempermudah anda untuk menghindari dampak negatif blind spot atau titik buta. Kuncinya ada pada pengemudi. Dengan sesekali mengarahkan mata anda ke arah spion, anda akan bisa mengetahui pasti keadaan di sekitar kendaraan anda.

Membunyikan klakson juga menjadi hal yang akan membantu anda mengenali kondisi lingkungan tempat anda sedang memacu kendaraan. Bunyikan klakson pada saat-saat yang tepat, salah satunya saat anda akan menyalip. Dengan begitu, orang-orang di sekitar yang akan menyebrang, namun tak terlihat oleh pandangan pengemudi pun, akan mendapat tanda. Dengan begitu, dampak negatif blind spot akan bisa anda minimalisir.

Sementara itu, yang satu ini berkenaan dengan blind spot saat parkir. Memarkir kendaraan dengan posisi mundur, sangat memungkinkan untuk menimbulkan titik buta. Maka, luangkan waktu untuk memastikan lokasi pasrkir anda bebas dari objek-objek yang “tidak semestinya”. Turun sebentar dari mobil adalah cara yang paling mudah. Ini juga akan sangat membantu, utamanya ketika tak ada petugas parkir yang membantu anda. Baca juga Mobileye Alat Pencegah Tabrakan yang Canggih dan Indonesia Ranking 5 Dalam Tingkat Kecelakaan.

Top