Ban Tanpa udara Cocok untuk Jalanan Indonesia. Kapan Diproduksi?

Ban Tanpa Udara Dari Bridgestone  – Kenyamanan berkendara, tak hanya ditentukan oleh performa kendaraan saja. Ada hal-hal lain yang ikut andil dalam mewujudakan kenyamanan saat mengemudikan kendaraan. Salah satunya adalah kondisi jalanan itu sendiri. Kalu kita berbicara soal kondisi jalanan, rasanya kita semua setuju kalau keadaan infrastruktur di Indonesia bisa dibilang belum terurus secara maksimal. Lihat saja, banyak lubang yang begitu mudah kita temui di jalanan Indonesia. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan keadaan jalanan di luar negeri. Ini harus menjadi perhatian khusus, karena tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan saja. Kondisi jalan yang berlubang  kerap kali membuat ban kendaraan cepat rusak.

ban tanpa angin dari bridgestone

Logikanya begitu mudah. Saat ban kendaraan kita berhadapan dengan lubang di jalanan, material karetnya akan sangat mungkin menjadi bocor. Namun ternyata keadaan itu bisa diantisipasi menggunakan ban tanpa angin. Konsep ban yang satu ini, ternyata memiliki struktur yang unik. Jari-jari yang membentang di sepanjang sisi dalam ban, membuat ban memiliki kemampuan untuk menahan beban kendaraan, tanpa perlu mengisinya dengan udara. Bridgestone sebagai salah satu produsen ban tersohor pun, telah mencetuskan ide Air Free Concept (Non- Pneumatic) Tyre.

Struktur jari-jari pada ban tanpa angin, terbuat dari bahan resin termoplastik dan karet. Jadi jari-jari ban tersebut jelas bersifat  elastis dan mengikuti permukaan jalan. Ban tanpa udara tersebut dianggap sangat cocok dengan medan jalan di Indonesia.

“Sebenarnya ban itu sangat cocok di Indonesia dengan kondisi jalan yang rusak,” kata Departement Manager Technical Service Departement PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) Deni Arief Pribadi kepada detikOto.

Selain menjadi tipe yang begitu cocok untuk jalanan di Indonesia, ban tanpa angin pun akan mempermudah pemilik kendaraan. Anda pastinya tak perlu kerepotan mengecek tekanan anginnya. Lalu, kapan Bridgestone bakal serius mewujudkan ban tanpa angin ini?

Pada Geneva Motor Show 2015 lalu, Bridgestone Corporation memang telah memamerkan konsep Air Free Concept (Non- Pneumatic) Tyre. Bahkan, pabrikan ban asal Jepang itu telah memamerkan konsep generasi keduanya, dengan desain teerbaru. Kemampuannya pun telah ditingkatkan untuk mengangkut beban yang lebih berat.

Namun sayangnya, hingga kini ban masa depan itu masih menjadi konsep dan belum resmi masuk jalur produksi. PT Bridgestone Tyre Indonesia (BSIN) menegaskan, Indonesia belum mendapat keputusan apakah nantinya ban tersebut akan di jual di sini atau tidak. So, lebih bersabar lagi ya…!!! Kita tunggu kabar baik dari Bridgestone Indonesia. Baca juga Bridgestone Indonesia Bidik Pasar Mancanegara dan Waspadai Blind Spot Atau Titik Buta.

 

Top