Ini Alasan Mengapa Mobil Manual Masih Digemari

Fakta Terkini Soal Mobil Manual – Para pengendara disuguhi pilihan mesin manual dan otomatis pada mobil. Keduanya pasti punya plus minusnya masing-masing. Saat ini, memang mobil otomatis atau dikenal juga sebagai mobil matic, bertebaran dimana-mana. Kemudahan menjadi alsan besar untuk memilih mobil jenis ini.

fakta soal mobil manual

Namun, walaupun mobil matic bisa dikatakan “merajalela” saat ini, bukan berarti menenggelamkan mobil manual. Kenyataanya, masih begitu banyak pengguna yang memilih mobil manual. “Real men use three pedals” adalah jargon yang selalu dibangga-banggakan para pengguna mobil manual.

Banyak alasan yang melatarbelakangi orang memilih mobil dengan transmisi manual. Alasan paling banyak adalah, mobil manual lebih hemat energi dibandingkan mobil dengan transmisi otomatis. Selain itu, banyak yang menganggap bahwa mobil bertransmisi manual lebih mudah dan murah perawatannya dibandingkan mobil dengan transmisi otomatis. Tapi apakah anggapan tersebut benar?

Bicara soal keiritan bahan bakar, dulu memang benar bahwa mobil dengan transmisi manual lebih hemat bensin dibanding mobil bertransmisi otomatis. Tapi, saat ini perkembangan teknologi transmisi otomatis semakin maju saja. Bahkan, terdapat pertambahan gigi, sehingga saat ini transmisi otomatis mulai irit dibanding transmisi manual.  Hal ini bisa dilihat pada mobil Ford Focus tahun 2014. Mobil tersebut memiliki transmisi otomatis dengan enam percepatan. Dengan adanya enam percepatan tersebut, performa mobil jadi lebih maksimal dan mesin dapat bekerja lebih tinggi tanpa mengeluarkan bahan bakar lebih boros.

Lalu, bagaimana dengan anggapan bahwa mobil manual lebih irit biaya dibandingkan model yang sama dengan transmisi otomatis? Ya..!!! mobil dengan transmisi manual memang lebih irit biaya, baik itu biaya perawatan maupun harga jual, dibanding mobil dengan transmisi otomatis. Ini sudah terbukti pada berbagai macam kasus. Namun, dalam beberapa kasus, mobil dengan transmisi manual dan mobil dengan transmisi otomatis sama saja biaya yang dikeluarkannya. Kita lihat saja contohnya pada mobil-mobil BMW. Pada merk tersebut, mobil bertransmisi manual dan mobil bertransmisi otomatis harganya sama saja. Bahkan, terkadang anda tidak bisa selalu mendapatkan mobil yang diinginkan dengan transmisi manual. Baca juga Plus Minus Tombol Engine Start-Stop Pada Mobil dan Waspadai Blind Spot Atau Titik Buta.

 

 

 

 

Top