Tidur di Mobil Berbahaya, Mengapa?

Bahaya Tidur di Mobil – Saat ini kendaraan roda empat atau mobil merupakan alat transportasi yang sudah mulai merakyat untuk setiap warga dunia ini. Mobil dipilih karena merupakan alat transportasi yang lebih memberikan keamanan, kenyamanan dan ketangguhan yang lebih baik karena desainnya yang lebih tertutup serta kokoh dibandingkan dengan kendaraan roda dua atau motor. Selain pengguna yang menggunakan mobil ini untuk mengantar mereka dari suatu lokasi ke tujuan tertentu, tak jarang mereka juga memanfaatkan kendaraan roda empat ini sebagai rumah sementara saat melakukan perjalanan. Memang jika kantuk menyerang saat melakukan perjalanan jauh beberapa pengemudi lebih memilih tidur di dalam mobil. Memang benar keputusan tersebut dapat menghindari resiko terjadinya kecelakaan jika pengemudi memaksakan diri untuk mengemudikan mobilnya. Tetapi siapa sangka, tidur di dalam mobil saat dalam kondisi mesin masih menyala dapat menimbulkan kecelakaan.

Tidur di Mobil Berbahaya, Mengapa

Sesuai informasi yang di lansir dari laman AstraWorld melalui Otomotif VivaNews, Jumat (20/3/2015) menyatakan bahwa sikap salah biasanya masih sering dilakukan oleh pengendara mobil yang pada saat tidur di dalam mobil tetap ingin mengaktifkan AC (Air Conditioner) dan mesin mobil pun tidak dimatikan. Padahal kondisi mesin yang hidup akan sangat berbahaya bagi pengemudi maupun penumpang di dalamnya apabila gas buang masuk kedalam kabin.

Seperti yang kita ketahu gas buang mobil tersebut baik itu mesin bensin maupun mesin diesel menghasilkan zat karbon monoksida (CO). Polutan berbahaya tersebut memang tidak kasat mata untuk mobil bermesin bensin, baunya pun tidak begitu menyengat. Namun jika terhirup oleh manusia dalam jumlah yang besar dan waktu yang lama maka akan membuat tubuh manusia lemas dan lebih mengerikannya lagi dapat menyebabkan kematian.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya, pengemudi yang ingin beristirahat saat melakukan perjalanan panjang sebaiknya mencari tempat yang aman dari jangkauan kendaraan lain atau resiko orang jahat. Lalu mematikan mesin dan menurunkan sedikit kaca candela. Kemudian atur jok sesuai dengan kenyamanan yang di inginkan. Serta yang terpenting aktifkan rem tangan saat beristirahat. Tetapi lebih baiknya mencari tempat istirahat yang lebih aman dan nyaman. Baca juga Fakta Terkini Soal Mobil Manual dan Melongok Standar Keamanan Berkendara.

Top