Mobil Offroad Komodo Semakin Diminati, Bahkan Hingga ke Afrika

Mobil Komodo Semakin Diminati – Siapa bilang Indonesia tidak mampu memproduksi mobil unik dan berkualitas? Lihat dulu karya anak bangsa bernama Fin Komodo, atau yang lebih dikenal dengan mobil Komodo. Kendaraan yang namanya “Indonesia banget” ini, produksi oleh PT Fin Komodo Teknologi. Dengan desain yang unik, mobil Komodo kembali menampakkan diri di pameran industri otomotif INAPA 2015, yang berlangsung pada 18-21 Maret.

mobil komodo semakin diminati

Tahun ini adalah tahun ketiga bagi mobil offroad asli Indonesia—Komodo, untuk menjajal peruntungannya di jagad otomotif. Spesies mobil yang satu ini merupakan jenis mobil offroad, yang memang diperuntukkan bagi wilayah-wilayah di Indonesia, yang kondisi jalanannya masih rusak. Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi, Ibnu Susilo, mengakui bahwa teknologi mobil Komodo belum banyak diketahui oleh masyarakat. Namun, ternyata mulai banyak konsumen yang tertarik pada tipe mobil ini. Kebanyakan dari mereka berasal dari daerah.

“Penjualannya cukup bagus. Dalam setahun kapasitas produksi kami sekitar 120-an unit dan semua habis terjual. Kita punya banyak varian, tergantung kebutuhan konsumen. Sebagai contoh untuk perbaikan jalan, nanti tinggal ditambah trailernya,” jelas Ibnu.

Angka penjualan tersebut dinilai cukup pas, untuk ukuran pasar Indonesia, bukan pasar global. Tapi, jika kita bicara soal pasaran global, ternyata Komodo pun berhasil bermanuver di luar Indonesia lho…!!! Menurut pihak PT Fin Komodo Teknologi, Komodo sudah diminati oleh konsumen di Afrika. Nah, untuk lebih memantapkan performanya, terutama di pasaran global, Komodo pun mulai “bersolek”. Berbagai pembenahan terus dilakukan oleh produsennya. Pembenahan diantaranya ada pada bentuk Komodo yang lebih disegarkan. Bagian-bagiannya dibuat lebih rapi, dengan menambahkan warna-warna cerah. Sebenarnya, seperti apa spesifikasi mobil karya anak bangsa ini?

Komodo merupakan mobil dua penumpang, dengan panjang total 2.650 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.460 mm. Komodo bisa melintasi genangan air hingga setinggi 50 cm. Untuk memesini Komodo, produsennya menyematkan mesin 4-tak berkapasitas 250 cc torsi maks17,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maks 14 HP pada 7.000 rpm. Soal harga, Komodo dijual dengan harga mulai dari Rp 88 juta. Tertarik untuk memilikinya? Baca juga Ban Tanpa Udara Dari Bridgestone dan Mobileye Alat Pencegah Tabrakan yang Canggih.

Top