Perkenalan Jaguar XF Ala Atraksi Sirkus

Jaguar Perkenalkan XF Secara Unik – Penggemar dunia otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan Jaguar. Betul, pabrikan mobil asal Inggris itu merupakan produsen mobil-mobil mewah yang sudah mendunia. Sebentar lagi, Jaguar pun akan segera menyedot perhatian para kolektor barang mewah, dengan tipe mobil terbarunya–all-new Jaguar XF 2016. Rencananya, mobil mewah itu bakal diperkenalkan secara resmi untuk pertama kalinya di dunia, melalui ajang New York International Auto Show 2015. Namun sebelum benar-benar dapat disaksikan dalam event menarik itu, all-new Jaguar XF 2016 ternyata dimunculkan secara “wah”, melalui sebuah atraksi menawan yang mendebarkan ala sirkus. Seperti apa?

perkenalan jaguar XF ala sirkus

Adalah Jim Dowdall, seorang stunt performer atau pemeran pengganti profesional, yang memperlihatkan “wajah” all-new Jaguar XF 2016, dengan mengendarainya diatas kawat yang menggantung. Ia mengendarainya di kawat baja, yang menggantung pada ketinggian kota London, tepatnya di kawasan Royal Dock, Canary Wharf. Dowdall mengendarai tipe terbaru jaguar itu, di atas kawat yang terbentang di permukaan air, sejauh 240 meter. Jim Dowdall sendiri merupakan profesional berpengalaman. Ia pernah menjadi pemeran pengganti di beberapa film, termasuk James Bond, Bourne, dan Indiana Jones.

Ternyata, aksi spektakuler yang mendebarkan itu, dilakukan untuk menunjukkan bobot jaguar XF yang begitu ringan. Hal tersebut terwujud berkat arsitektur 75% aluminium. Arsitektur alumunium pada sedan baru ini, membuat bobot mobil berkurang hingga 190 kg dibandingkan model sebelumnya. Namun menariknya, kekakuannya atau dikenal dengan torsional stiffness-nya, bertambah 28%.

Pada bagian eksterior, all-new Jaguar XF 2016  memang dibentuk dengan lebih pendek 7mm dari generasi pendahulunya. Mobil ini juga lebih rendah 3mm dari pendahulunya. Namun,  wheelbase-nya bertambah 51mm menjadi 2960mm. Dengan dimensi tersebut, ruang kabin belakang menjadi lebih berlimpah dalam hal kneeroom, legroom dan headroom. Lalu bagaimana dengan performa mesinnya?

Bicara soal mesin, all-new Jaguar XF 2016 punya beberapa pilihan mesin. Opsi pertama adalah mesin diesel 2.0-liter Ingenium, dengan tenaga 163PS/380Nm atau 180PS/430Nm. Untuk mesin yang satu ini, tersedia pilihan transmisi enam percepatan manual atau delapan percepatan otomatis.

Selain itu, terdapat juga mesin 2.0-liter turbocharged direct injection. Opsi yang satu ini menghasilkan percepatan 240PS/340Nm dan ada pula mesin bensin 3.0-litre V6 supercharged  340PS/450Nm atau 380PS/450Nm. Sementara itu, mesin lainnya adalah mesin 3.0-liter V6 twin-turbo diesel dengan output 300PS dan torsi 700Nm. Semuanya dibekali dengan transmisi otomatis 8-speed. Penasaran dengan all-new Jaguar XF 2016? Nantikan perkenalan resminya di New York, Amerika Serikat, 1 April mendatang. Baca juga Mobil Otonom Akan Diuji Jarak Jauh dan Mobileye Alat Pencegah Tabrakan yang Canggih.

 

 

Top