Sebelum Mengemudikan Mobil, Kenali Dulu Cara Kerja Sistem Penggeraknya

Kenali Cara Kerja Sistem Penggerak Mobil – Perkembangan inovasi dan teknologi yang meningkat begitu pesat pada dunia otomotif akhir-akhir ini. Memang mengharuskan konsumen mengetahui segala hal dengan sangat detail agar dapat mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat mengemudikannya dengan baik. Hal tersebut tentunya berlaku pada kendaraan roda dua yakni motor maupun kendaraan roda empat yakni mobil.

Sebelum Mengemudikan Mobil, Kenali Dulu Cara Kerja Sistem Penggeraknya

Pada kendaraan roda empat (Mobil) saja sebenarnya memiliki berbagai macam jenis mobil yang berbeda-beda. Nah bagi anda yang memiliki kendaraan roda empat atau mobil sebagai alat transportasi yang berfungsi untuk kendaraan mobilitas sehari-hari maka harus lebih teliti dan detail dalam memilih mobil yang diinginkan. Karena dengan kondisi tersebut jika pemilihan sesuai dengan kebutuhan maka akan memberikan kendaraan yang aman dan nyaman. Nah sebenarnya jenis mobil yang ada saat ini memiliki perbedaan macam-macam pada setiap bagiannya. Pada kesempatan kali ini Mas Sena akan mengulas tentang perbedaan sistem penggerak mobil. Ada baiknya sebelum anda membeli atau mengendarai suatu mobil maka lebih baiknya mengetahui terlebih dahulu sistem penggerak mobil agar dapat mengontrol kemudi dengan baik. Berikut ulasan sistem penggerak mobil yanga ada saat ini.

Dimulai dari All Wheel Drive (AWD) yakni merupakan sistem penggerak mobil yang memutarkan semua roda yang ada. Meskipun sistem ini memiliki cara penggerak yang sama dengan 4WD namun keduanya memiliki desain dan cara kerja yang sama sekali berbeda. Dengan menggunakan sistem penggerak ini maka tenaga mobil akan tersalurkan dengan baik keseluruh roda yang ada. Sehingga akan memberikan performa yang baik baik itu di jalanna on road maupun off-road.

Selanjutnya ada Four Wheel Drive (4WD) yang serupa dengan AWD, namun biasanya sistem penggerak ini lebih sering ditemukan di mobil besar yakni SUV yang akan memberikan performa sangat tangguh di medan off-road terberat. Dimana dapat mencegah terjadinya ban slip karena penyaluran tenaga yang maksimum.

Kemudian ditempat selanjutnya ada Rear Wheel Drive (RWD), yang mana merupakan sistem penggerak mobil pada roda belakang saja. Sistem ini merupakan sistem penggerak yang ditemukan mobil kebanyakan, yang memiliki kelebihan untuk jalanan licin dan menanjak.

Terakhir adalah Front Wheel Drive (FWD), diketahui sistem penggerak mobil yang satu ini merupakan yang terpopuler dan ditemukan dimobil urban saat ini seperti MPV, City Car atau Urban SUV. Pemilihan sistem penggerak ini jelas dikarenakan lebih memberikan tenaga maksimal tanpa membuang tenaga percuma seperti sistem sebelumnya yakni RWD. Selain itu juga lebih hemat dan efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. Namun sepertinya jenis sistem penggerak ini kurang cocok untuk jalanan menanjak atau jalanan licin. Baca juga Honda Odyssey Terbaru Tambah Fitur Baru dan Suzuki Ciaz Resmi Dirilis di Thailand.

Top