Pilih Rem Tromol Atau Cakram?

Rem Tromol vs Cakram – Bro and Sist masih aktif berkendara? Jika iya, dipastikan anda tak terlepas dari komponen bernama rem. Betul…!!! Rem merupakan komponen yang berfungsi untuk memperlambat laju putaran roda pada kendaraan. Pada dasarnya ada dua jenis rem, yakni tromol dan cakram. Anda pun pasti sudah tak asing lagi dengan keduanya. Namun, mana yang lebih baik kita gunakan? Nah, kali ini Mas Sena bakal mengajak anda, untuk mengetahui kelebihan masing-masing, antara rem tromol dan rem cakram.

pilih rem tromol atau cakram

Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun rem tromol dan rem cakram punya kinerja dan keunggulan masing-masing. Rem cakram memang bisa dibilang lebih  pakem, bila dibandingkan dengan rem tromol. Cakram memiliki pelepasan panas yang lebih baik ketimbang teromol. Jadi, kampas rem cakram tidak akan cepat panas dan kehilangan daya cengkeram nya. Dengan kelebihan tersebut, maka untuk penggunaan yang lama, misal jalan menurun yang curam tentu rem cakram  menjadi pilihan yang lebih baik.

Tapi jangan salah sangka dulu…!!! Bukan berarti, rem tromol pun kalah total. Dengan permukaan gesek yang lebih banyak, cengkeraman nya pun cukup baik. Walaupun memang sangat disayangkan, rem tromol lekas panas dan pembuangan panasnya lebih minim. Namun untuk urusan jalan yang basah dengan kondisi hujan, ternyata rem cakeram tak segesit rem tromol. Kok bisa begitu ya?

Bro and Sist, ketika cakram terkena air, daya cengkeram kampas remnya tidak sekuat saat kerin. Sementara pada rem teromol, sistemnya tertutup. Konstruksi tersebut membuat air tidak mudah membasahi kedua permukaan, baik kampas rem maupun teromol nya.

Namun saat mencoba di jalan menurun yang panjang, rem cakram menunjukkan kekuatannya. Ia mampu menahan laju tunggangan dengan baik, bahkan ketika hujan sekali pun. Meski awalnya agak ngeloyor, namun ketika rem digunakan terus-menerus, tampaknya cengkeraman kampas rem nya semakin baik.

Dari uraian singkat itu, apa anda sudah mulai bisa menentukan, akan memilih rem cakram atau rem tromol? Nah, jika Bro and Sist berniat mengganti rem tromolnya dengan rem cakram, boleh-boleh saja. Apalagi, bisa disimpulkan bahwa rem cakram memang lebih pakem. Akan lebih baik jika anda beli cakram yang orisinal, bukan imitasi. Barang imitasi pastinya memiliki performa yang tak sebaik barang aslinya.  Perhatikan juga pemasangannya. Pemasangan cakram harus benar-benar pas dan lurus. Bila sedikit miring dan tidak teliti,  bisa mengakibatkan kemacetan atau master rem bisa cepat bocor. Montir di bengkel andalan anda, pasti akan lebih berpengalaman dalam penggantian rem tromol ke rem cakram. Baca juga Keuntungan Mengisi Ban dengan Nitrogen dan Ban Vulkanisir Membahayakan.

.

 

Top