Hal-hal Ini Akan Bantu Perpanjang Usia Aki

Perpanjang Usia Aki – Apa yang anda pikirkan, ketika anda akan berkendara, namun mobil atau motor anda susah di starter? Mungkin sebagian besar dari kita mengetahui, bahwa aki pada kendaraan kita bermasalah. Namun tak jarang, kita tidak memperdulikannya lebih lanjut. Malahan tak melakukan apa-apa. Padahal, seharusnya kita lebih care terhadap aki, yang merupakan sumber listrik pada kendaraan kita. Tanda-tanda aki yang bermasalah, tak hanya sebatas starter yang sering gagal saja. Mas Sena sarankan, untuk mengecek beberapa komponen lain seperti AC, lampu, atau power window. Jika bagian-bagian tersebut mulai tidak stabil performanya alias tersendat-sendat, kemungkinan besar bagian kelistrikan alias aki bermasalah. Jangau tunggu sampai terjadi kerusakan makin parah. Karena hal tersebut dapat berakibat fatal pada kendaraan anda. Nah, berikut ini Mas Sena bocorkan, hal-hal apa saja yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang usia aki kendaraan anda.

hal hal yang membuat usia aki panjang

Aki yang sudah mulai trouble, biasanya punya ciri fisik. Salah satunya adalah bagian kepala aki yang kotor. Hal tersebut disebabkan oleh ap air dan kotoran yang berlebih. Hati-hati, jika sudah terlanjur berkerak, akan membuat aki semakin bermasalah. Untuk itu, anda bisa mencuci kepala aki menggunakan air panas, sehingga kerak-keraknya menghilang. Tapi, jangan lupa juga untuk  langsung dikeringkan dari sisa air, untuk menghindari korselet.

Hal sederhana lainnya adalah, mengetahui kondisi aki sesuai jenisnya. Anda pasti sudah ngeh, kalau aki dibagi menjadi dua jenis—basah dan kering. Jika anda menggunakan aki basah, jangan sampai membiarkannya kering. Indikator paling mudah adalah keadaan permukann airnya.

Pastikan juga anda benar-benar mengerti “beban” yang disangga oleh komponen aki pada kendaraan anda. Jangan dikira, bahwa aki hanya bekerja untuk beberapa komponen seperti starter dan power window. Coba anda lihat, apakah mobil anda dipenuhi oleh sistem audio? Mungkin maksud anda adalah membuat para penumpangnya enjoy, dengan audio yang kualitasnya memadahi. Namun untuk diketahui, audio yangberlebihan, memakan energi dari aki secara langsung. Jadi, jika anda ingin umur aki anda awet, alangkah lebih baiknya mengurangi beban sistem audio pada kendaraan anda. Baca juga Rem Tromol vs Cakram dan Berantas Peredaran Oli Palsu.

Top