Yuk, Kita Irit Penggunaan BBM…!

Teknik Berkendara yang Membuat Penggunaan BBM Lebih Irit – Saat ini, harga BBM di Indonesai, memang cukup memusingkan kepala. Tak hanya karena tingginya harga, namun orang dibingungkan dengan naik turunnya harga BBM secara tiba-tiba dan tak menentu. Namun, bagaimanapun kondisi harga BBM di negara kita, show must go on kan? Anda yang mengandalkan kendaraan pribadi untuk mobilitas pun, harus terus bisa mengepulkan asap kendaraan anda. Tantangannya adalah, bagaimana kita sendiri punya usaha untuk bisa irit BBM. Jika berkendara merupakan hal yang tak dapat dihindari, maka irit BBM adalah satu-satunya cara untuk menyiasati naik turunnya harga secara mengejutkan.

teknik berkendara untuk irit BBM

Sebenarnya, beberapa cara sederhana bisa kita lakukan untuk dapat mengirit penggunaan BBM. Ternyata, hal ini berkenaan langsung dengan perilaku berkendara kita di jalanan. Selain itu, ada teknik-teknik berkendara yang bisa diterapkan, untuk membantu mengirit penggunaan BBM. Apa saja?

Yang pertama adalah menghindari perilaku dadakan saat berkendara. Dadakan yang dimaksud disini adalah menginjak gas dan rem secara mendadak. Saat akan berakselerasi, lakukan secara perlahan hingga mendapat kecepatan yang diinginkan. Begitu pula saat anda ingin melakukan pengereman. Saat mengurangi laju roda melalui rem, usahakan untuk melakukannya dari jarak yang cukup dan tidak terlalu rapat dengan kendaraan di depannya. Dengan teknik berkendara yang tidak serampangan itu, ternyata kinerja mesin kendaraan pun akan lebih ringan. Dengan begitu, konsumsi Bahan Bakar Minyak juga akan lebih irit.

Advertisement

Selain menerapkan teknik berkendara yang tidak serampangan, anda juga bisa melakukan teknik engine break. Ketika ingin mengurangi laju roda kendaraan, kebanyakan dari kita mengandalkan rem. Namun, ternyata hal tersebut justru tidak dianjurkan. Terlalu mengandalkan rem, akan membuat suhu terlalu panas pada. Sehingga daya gesek permukaan kanvas rem menurun drastis. Hal ini akan berujung pada rem blong. Untuk mencegah hal tersebut, maka anda dapat menggunakan teknik engine break. Teknik ini mengajarkan pada kita untuk  mengurangi laju kendaraan dengan menggunakan bantuan mesin.

Tak perlu terlalu bingung, karena caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menurunkan gigi perseneling satu tingkat lebih rendah. Dengan begitu, kecepatan pun dapat dikurangi secara halus seiring putaran mesin yang berangsur turun secara perlahan. Maka, BBM pun akan bisa dipergunakan dengan lebih irit. Baca juga

 

 

Top