Harga Bajaj Pulsar RS200 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Bajaj Pulsar RS200 dan Spesifikasi – Kabar gembira datang dari belantika industri otomotif India. Pabrikan asal negeri Bollywood, Bajaj Auto, secara resmi membuka tirai penutup untuk gen terbaru motor sport andalannya. Bulan Maret tahun lalu dipilih bagi Bajaj untuk mengenalkan varian Pulsar terbarunya ke publik pecinta otomotif dunia. Dan kini, kita dihadapkan pada Bajaj Pulsar RS200 yang diklaim sebagai varian Pulsar paling keren di tahun 2015! Setelah lama menunggu, publik akhirnya bisa melihat penampakan sesungguhnya dari motor sport penerus Pulsar 200 NS ini. Dengan embel-embel ‘race sport’ yang menempel di tubuhnya, Bajaj Pulsar RS200 diklaim memiliki speed dan power yang melebihi saudara tuanya, Pulsar 200 NS. Penyematan fairing penuh yang menutup bagian depan Bajaj Pulsar RS200 juga semakin menguatkan kesan “racing” pada motor ini. Tetap dengan kapasitas 200cc, motor baru Bajaj Auto ini tentunya siap mengulang kesuksesan Pulsar 200 NS yang mendapat sambutan positif publik pecinta otomotif dunia, termasuk di Indonesia.

bajaj pulsar rs200

Sama seperti di Indonesia, pangsa pasar motor sport kelas menengah di India memang sangat kompetitif. Permintaan publik otomotif India pada motor sport kelas pemula juga cukup tinggi. Sebagai pabrikan lokal, Bajaj menguasai lebih dari 50% pasar otomotif di negaranya Shah Rukh Khan tersebut. Jadi jangan heran bila di sana “kuda sesi” Bajaj lebih dominan daripada motor rilisan pabrikan luar macam Yamaha atau Honda. Nah, dengan menghadirkan Bajaj Pulsar RS200 ini, Bajaj memang menyiapkan penantang untuk Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R. Meski kedatangannya ke Indonesia belum terwujud, publik sudah dibuat penasaran dengan penampilan Bajaj Pulsar RS200 yang banyak muncul di portal YouTube. Seakan memanfaatkan tensi tinggi persaingan motor sport kelas menengah, yang sudah diramaikan perang R15 vs CBR150R, Bajaj Pulsar RS200 seperti memberikan opsi lain bagi mereka para penggila kecepatan. Masih mengandalkan mesin DTS-i, yang sudah seperti mesin paten bagi Bajaj, kali ini Bajaj Pulsar RS200 malah semakin “gila” dengan penyematan Triple Spark Technology alias ditanami dengan tiga busi. Semakin penasaran dengan motor dari India ini? Mas Sena sudah menyiapkan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Bajaj Pulsar RS200 pada segmen-segmen di bawah ini.

motor bajaj pulsar rs200

Review Bajaj Pulsar RS200

Desain

Desain Full Fairing yang Agresif dan Sporty

Baiklah, kita mulai dari sektor desain luar dari spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 ini. Berbeda dengan Pulsar 200 NS yang merupakan naked motor sport alias tanpa fairing, kali ini generasi penerus Pulsar terbaru ini hadir dengan balutan fairing yang memiliki desain agresif dan semakin menguatkan aura “racing”-nya. Berbeda dengan desain konvensional motor sport entry level lainnya, Bajaj Pulsar RS200 hadir dengan desain lampu depan bulat lengkap dengan Dual LED Projector. Dengan dua buah lampu terpisah, cahaya yang dipancarkan motor ini mampu bersinar terang di kegelapan, namun tak akan mengganggu kendaraan dari lawan arah. Bajaj menyebut desain lampu pada Bajaj Pulsar RS200 dengan sebutan “Devil Eyes”. Saat lampunya menyala di kegelapan, tampang Pulsar RS ini memang seolah-olah nampak seperti sosok yang sedang memberikan tatapan mata tajam. Berpindah ke sisi aerodinamis, lekukan pada fairing dan sekujur tubuh Bajaj Pulsar RS200 ini memang sangat presisi dan disesuaikan dengan alur angin saat motor ini melaju kencang. Lalu pada sisi kemudinya, Pulsar terbaru ini mengadopsi stang model jepit namun dengan posisi tak terlalu membungkuk. Sektor kemudi yang ergonomis ini memberikan kenyamanan bagi pengendara saat melaju kencang di jalanan. Pada bagian buritan, Bajaj Pulsar RS200 tampil dengan aksen jok model single seater yang kental pada motor balap. Namun jangan khawatir, jok tunggal tersebut hanya aksen saja. Motor ini tetap bisa digunakan untuk berboncengan. Sebagai penyempurna spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 di sektor desain, disematkanlah Crystal LED Tail Lamps di sektor lampu belakangnya.

Speedometer

Digital Speedometer dengan Desain Fituristik

Pada spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 selanjutnya, kita akan melihat tampilan display speedometer yang menjadi acuan bagi pengendara untuk mengontrol laju kendaraannya. Generasi terbaru Pulsar ini memiliki dua jenis speedometer, yaitu analog dan digital. Penampilan speedometer pada Bajaj Pulsar RS200 semakin menguatkan aura sporty yang ditambah dengan desain fituristik. Display-nya juga sangat user friendly, dimana speedometer ini dibagi menjadi 3 cluster. Yang pertama adalah panel penunjuk RPM, kemudian yang kedua, ada penunjuk indikator bahan bakar yang tersedia di tangki dan juga dilengkapi dengan penunjuk fungsi rem ABS (pada varian Pulsar RS 200 ABS), lalu yang ketiga adalah cluster yang diisi dengan kondisi gigi persneling, sistem kelistrikan, dan juga penunjuk suhu motor, serta indikator Fuel Injection. Dengan berbagai indikator atau panel yang diberikan pada Bajaj Pulsar RS200 ini tentu akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara, karena speedometer ini tergolong sangat lengkap untuk jenis motor sport saat ini. Tidak hanya itu, untuk memberikan informasi agar pengendara harus mengganti gigi pada batas aman RPM, maka Bajaj Pulsar RS200 juga dilengkapi dengan lampu ‘Shift UP Gear’ diatas speedometer-nya. Menariknya lagi, fitur yang ada pada spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 ini, pada bagian bawah speedometer terdapat dua tombol mode mengemudi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan berkendara sewaktu-waktu. Ingin mode irit atau kencang, Bro Sena tinggal memilihnya.

spesifikasi bajaj pulsar rs200

Dimensi

Bobot Lumayan Berat meski Dimensi Ramping

Sebagai motor sport, spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 ini ternyata memiliki massa yang tergolong berat. Dengan bobot kosong yang mencapai 165 kg, varian Pulsar terbaru ini bahkan memiliki massa yang hampir seimbang dengan motor sport 250cc. Meski bobotnya lumayan berat, namun Bajaj Pulsar RS200 mamiliki ukuran dimensi yang cukup raming. Motor ini memiliki dimensi 1999 x 765 x 1114 mm dengan wheel base 1355 mm dan memiliki ground clearance 157 mm. Dengan dimensi tersebut, Bajaj Pulsar RS200 tetap stabil saat digunakan untuk bermanuver atau “nyelip-nyelip” di jalanan perkotaan. Dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 13, membuat Bajaj Pulsar RS200 mampu menempuh perjalanan hingga ratusan kilometer pada satu kali pengisian bahan bakar secara penuh. liter dirasa tergolong sudah cukup banyak untuk menyuplai perjalanan jarak jauh. Cukup irit untuk motor yang memiliki kapasitas mesin 200cc. Sebagai penyeimbang massa yang cukup berat tadi, spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 dibangun menggunakan Perimeter Frame yang ringan namun kokoh.

Suspensi

Kaki-kaki Kokoh dengan Nitrox Mono Suspension

Berpindah ke spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 di sektor kaki-kaki. Pulsar generasi terbaru ini memiliki kaki-kaki kokoh dengan ukuran ban depan sebesar 100/80, dan ban belakang berukuran 130/70. Kedua roda ini bertumpu pada velg berukuran 17 inci yang memang pas untuk diameter roda motor sport. Untuk sistem suspensinya, Bajaj Pulsar RS200 mengadopsi sistem suspensi teleskopik yang dilengkapi dengan fitur Anti Friction Bush pada suspensi bagian depannya. Sedangkan suspensi Bajaj Pulsar RS200 pada bagian belakang menggunakan teknologi Nitrox Mono Shock Absorber with Canister yang mampu meredam goncangan dengan baik serta memberikan kemampuan handling yang prima. Lalu, pada sistem pengeremannya, motor ini memiliki jenis pengereman single disc brake berukuran 300 mm pada sisi depan, dan jenis disc brake berukuran 230 mm pada sisi belakangnya. Sistem pengereman pada Bajaj Pulsar RS200 ini akan memberikan fungsi pengereman maksimal pada saat dibutuhkan. Nah, sistem pengereman pada spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 sendiri tersedia dalam dua pilihan. Pulsar RS 200 tersedia dalam tipe ABS dan Non ABS.

spesifikasi motor bajaj pulsar rs200

Mesin

Dapur Pacu Triple Spark Technology yang Dijamin Gahar

Sekarang, kita akan membahas spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 di sektor dapur pacu yang merupakan area paling “menarik” untuk di korek isinya. Yak! Membedah mesin motor Bajaj memang selalu mengasyikkan, termasuk Bajaj Pulsar RS200 ini. Bagaimana tidak, motor ini memiliki mesin 4 langkah berteknologi SOHC 4 katup dengan kubikasi mesin sebesar 199.5 cc. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 24.5 PS pada putaran 9.750 RPM dengan torsi maksimum mencapai 18.6 NM pada 8.000 RPM. Yang paling menarik, tentu saja penyematan Triple Spark Technology yang ditanamkan pada Bajaj Pulsar RS200 ini. Dengan teknologi tiga busi tersebut, pembakaran dalam ruang dapur pacu motor ini dipastikan akan sangat sempurna dan mampu menghasilkan tenaga maksimal. Mesin tersebut digerakkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Dengan tenaga yang tergolong besar tersebut, Bajaj Pulsar RS200 mampu meraih kecepatan maksimal mencapai 140.8 km/jam. Hal menarik lagi, jika pada varian sebelumnya masih menggunakan mesin konvensional dengan karburator, maka spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 ini hadir dengan teknologi Fuel Injection yang akan membuat mesinnya mampu berlari lebih kencang namun tetap irit bahan bakar.

Fitur

Fitur Canggih dan Modern

Pada ulasan spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 bagian penutup ini, Mas Sena akan membahas fitur apa saja yang ada pada motor baru asal India ini. Dari desain luarnya, motor ini memang nampak agresif dengan Dual LED Projector pada lampu depan dan juga Crystal Tail Lights pada bagian belakangnya. Hal ini masih diperkuat dengan konsep rangka jenis Pressed Steel Perimeter Beam Section Frame yang membuat Bajaj Pulsar RS200 semakin gagah dan elegan. Selain itu, untuk mengatasi mesin cepat overheat, Bajaj menanamkan Liquid Cooling System sebagai pendingin mesinnya. Dengan pendingin cair ini, kondisi mesin Bajaj Pulsar RS200 akan tetap terjaga meski sedang dipacu dengan kecepatan tinggi. Selanjutnya, untuk menjamin keamanan, ditanamkanlah sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System) yang mana dapat mencegah terjadinya ban mengunci pada saat melakukan pengereman keras mendadak. Namun, Bajaj Pulsar RS200 juga tersedia dalam varian Non ABS. Fitur canggih yang menjadi bagian dari spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 selanjutnya adalah Race Exhaust pada bagian knalpotnya. Teknologi ini akan menyempurnakan gas buang yang dihasilkan oleh mesin Pulsar RS 200.

Spesifikasi Bajaj Pulsar RS200

Mesin
Kapasitas 199.5 cc
Power Maksimal 24.2 BHP (24.5 PS) @ 9750 rpm
Torsi Maksimal 18.6 NM @ 8000 rpm
Tipe Mesin Single cylinder, 4-stroke, SOHC, 4-valve, Liquid Cooled, Triple Spark, Fi (Fuel Injected)
Tipe Pendingin Liquid Cooling
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Busi Independent spark control through ECU
Rasio Power-to-weight 146.7 BHP per tonne
Rasio Torque-to-Weight 112.7 NM per tonne
Kapasitas Output Bahan Bakar 121.30 BHP per litre
Tipe Silinder Vertical
Sistem Mesin SOHC
Transmisi
Girboks 6 Speed Constant Mesh
Kopling Wet Multiplate
Pengereman
Rem Depan 300mm butterfly disc brake
Rem Belakang 230mm butterfly disc brake
Anti-lock Braking System (ABS) Optional
Suspensi
Suspensi Depan Telescopic with anti friction bush
Suspensi Belakang Nitrox mono shock absorber with Canister
Roda dan Ban
Ban Depan 100/80-17 52 P tubeless
Ban Belakang 130/70-17 62P tubeless
Ukuran Roda Depan 17-inch
Ukuran Roda Belakang 17-inch
Baterai
Tipe Baterai Maintenance Free
Kelistrikan
Sistem Kelistrikan 12V Full DC
Dimensi
Panjang 1999 mm
Lebar 765 mm
Tinggi 1114 mm
Jarak Mesin dengan Tanah 157 mm
Tinggi Jok Approx. Seat Height – 805 mm
Jarak Sumbu Roda 1355 mm
Berat Bersih 165 kg
Bodi dan Fitur
Rangka Pressed steel perimeter beam section frame
Tipe Exhaust Single right side exhaust
Pencahayaan
Lampu Utama Twin projector headlamps(55w low beam and 65w high beam)
Lampu Belakang Crystal LED

Harga Bajaj Pulsar RS200

Itulah ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi motor baru besutan pabrikan asal India, Bajaj, dari berbagai sisinya. Nah, sekarang kita akan membahas harga Bajaj Pulsar RS200 yang menurut rencana akan tiba di Indonesia pada pertengahan tahun ini. Namun sebelum Mas Sena membisikkan harga yang dibanderol oleh Bajaj untuk produk terbarunya ini, Mas Sena akan menarik sedikit kesimpulan terlebih dahulu tentang spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 ini. Menurut Mas Sena, generasi terbaru Bajaj Pulsar ini memang memberikan nuansa yang berbeda jika dibandingkan dengan motor sport kebanyakan. Hadir pada level motor sport kelas menengah, kisaran harga Bajaj Pulsar RS200 memang tidak akan semahal motor-motor kelas 250cc lainnya. Namun dengan teknologi mesin DTS-i Triple Spark yang menjadi andalan Bajaj, motor ini tak kalah dengan motor sport yang berada di atasnya. Selain mesin berteknologi tinggi yang kencang tadi, kecanggihan fitur yang dibawa Pulsar RS 200 ini juga menjadi “jualan” Bajaj lainnya. Desain lampu depan yang agresif, kemudian rangka dengan Perimeter Frame yang kokoh, dan juga sistem injeksi bahan bakar yang akan membuat motor ini tetap irit. Nah, kira-kira berapa ya harga Bajaj Pulsar RS200 di pasaran Indonesia?

harga bajaj pulsar rs200 terbaru

harga bajaj pulsar rs200

Di negara asalnya sana, India, motor ini memang sudah secara resmi dikenalkan ke publik dan dilepas ke pasaran. Kisaran harga Bajaj Pulsar RS200 di India berada pada nominal 133.428 Rupee untuk varian Non ABS. Harga tersebut setara dengan Rp. 26,7 juta. Sedangkan harga Bajaj Pulsar RS200 untuk versi ABS nya adalah sekitar 146.621 Rupee atau sekitar Rp. 29,3 juta. Sayangnya untuk saat ini Bajaj Pulsar Rs200 tidak dijual di Indonesia karena seperti kita tau, sejak Bajaj Auto India menutup dealer resmi Bajaj di Indonesia, distribusi produk Pulsar di Indonesia diserahkan kepada Kawasaki. Karena hal inilah, nama Pulsar 200 NS kemarin menjadi Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS. Untuk harga Bajaj Pulsar RS200 sendiri, sebenarnya sangat kompetitif. Kisaran harga ini masih di bawah harga Yamaha R15 atau Honda CBR150R versi lokal yang menyentuh angka di atas Rp. 30 jutaan.

Harga Bajaj Pulsar Rs200

Tipe Harga
Pulsar Rs200 NON ABS Rp. 26.739.000
Pulsar Rs200 ABS Rp. 29.382.000

Kuda besi lansiran Bajaj ini memang sangat menyita perhatian penggila otomotif dunia, termasuk Indonesia. Selain teknologi tinggi yang diaplikasikan Bajaj pada setiap produknya, kisaran harga Bajaj Pulsar RS200 yang cukup terjangkau adalah alasan mengapa banyak orang berpaling pada produk pabrikan Hindustan ini. Membawa teknologi Triple Spark Technology dengan dukungan Fuel Injection serta fitur canggih lainnya, membuat kisaran harga Bajaj Pulsar RS200 ini Mas Sena memang sedikit berada diatas motor sport entry level lainnya, seperti Yamaha New Vixion Lightning. Kehadiran Bajaj Pulsar RS200 di Indonesia memang sudah ditunggu-tunggu oleh mereka yang memang penggemar motor kencang. Meski belum jelas nanti pendistribusiannya bagaimana, minat publik otomotif di Indonesia cukup tinggi. Dengan prediksi harga Bajaj Pulsar RS200 yang cukup terjangkau untuk level motor sport kelas menengah, sepertinya Bajaj akan mengulang apa yang dialami spesies sebelumnya, yakni Pulsar 200 NS. Hadir dengan prediksi akan jeblok di pasaran, ternyata varian Pulsar tersebut mampu mencuri perhatian publik otomotif di Indonesia dan digemari banyak orang. Baca juga review menarik khas Mas Sena mengenai Yamaha R15 dan Kawasaki Ninja 300.

Top