Jangan Terkecoh Razia Polisi Tak Resmi…!!!

Razia Polisi Tak Resmi – Sebagai pengguna jalan, apapun jenis kendaraan anda, pastinya membuat kita cukup akrab dengan razia dari Kepolisian. Razia kendaraan di jalanan, memang menjadi salah satu agenda utama dari rekan-rekan Satuan Lalu lintas (Satlantas). Untuk Bro and Sist yang memang tertib membawa surat kelengkapan kendaraan dan mematuhi aturan lalu lintas, pastinya tak perlu khawatir, jika harus berhadapan dengan razia kendaraan dari Kepolisian. Toh, hal itu demi kepentingan bersama. Melalui razia kendaraan, pihak kepolisian membantu kita untuk menemukan kendaraan-kendaraan yang hilang. Namun, kadang moment tersebut memang dijadikan ajang “cari-cari” oleh segelintir oknum. Hal tersebut juga sudah menjadi rahasia umum. Itulah yang kadang-kadang memang membuat para pengguna jalan jadi cukup sebal dengan razia Kepolisian. Apalagi, ternyata ada oknum-oknum nakal, yang melakukan razia ilegal. Seperti apa?

waspadai razia polisi ilegal

Belum lama ini, empat anggota Polsek Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, dijatuhi sanksi oleh pihak berwenang. Hal ini dikarenakan, mereka tertangkap basah menggelar razia lalu lintas di luar wilayah hukumnya. Para oknum polisi tersebut menggelar razia di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Temanggung. Berdasarkan peraturan kepolisian,  keempat anggota tersebut melanggar disiplin karena menggelar razia polisi ilegal. Disebut tidak resmi, karena razia dilakukan di luar wilayahnya. Oleh sebab itu, pengamat Kepolisian, Bambang Widodo Umar mengimbau masyarakat agar lebih teliti ketika pihak Kepolisian melakukan razia. Jangan sampai, oknum-oknum tersebut, justru mengambil keuntungan bagi dirinya sendiri, atas dasar kesalahan pengendara.

Sebenarnya, para pengendara berhak mengetahui, mana razia yang resmi dan mana yang ilegal. Razia kepolisian yang resmi, tentunya memiliki kekuatan hukum. Hal tersebut bisa dilihat dari surat perintah yang ada.

“Kalau resmi ada surat perintah operasi (razia) sehingga jelas kapan waktu, tempat dan biaya yang dikeluarkan. Terorganisir dan terstruktur. Terus ada sasarannya. Tanyakan aja ‘ini operasi atau apa pak?’ Tidak ada rahasia” ujar Bambang.

Hal tersebut diperkuat dengan Pasal 13 PP 42/1993. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa pemeriksa yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan wajib dilengkapi dengan surat perintah tugas yang dikeluarkan oleh.

Yang pasti, seperti apapun oknum nakal coba bertindak, jika anda berkendara dengan tertib, maka perjalanan anda akan tetap aman. Selamat berkendara, Bro and Sist…!!! Baca juga Jalan Tol Antara Inggris dan New York dan Teknik Berkendara yang Membuat Penggunaan BBM Lebih Irit.

 

 

Top