LiveMap Kembangkan Helm Bernavigasi ala Helm Iron Man

LiveMap Kembangkan Helm dengan Teknologi Navigasi – Sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Rusia, LiveMap, baru saja membuat inovasi canggih untuk membantu para pengendara sepeda motor saat berkendara. Produk canggih tersebut adalah sebuah helm yang dilengkapi dengan microchip berbasis Android dan digabungkan dengan teknologi navigasi terkini. Hasilnya adalah sebuah helm yang mampu menampilkan display ala Google Map lengkap dengan panduan arah atau jalan.

livemap-kembangkan-helm-dengan-teknologi-navigasi

CEO LiveMap, Andrew Artschev menjelaskan bahwa inovasi teknologi ini terinspirasi oleh permasalahan yang sering dijumpai oleh pengandara kendaraan roda dua, yaitu sulit melihat perangkat GPS untuk mengetahui arah saat melaju di atas sepeda motor. Berbeda dengan pengendara mobil yang bisa dengan mudah melihat layar GPS saat berkendara, maka rider sepeda motor akan kesluitan saat mengalihkan pandangan ke piranti GPS, selain tentunya sangat berbahaya. Berdasarkan kasus inilah, LiveMap membuat terobosan dengan menciptakan helm yang mampu menyajikan gambar bergerak dan bisa mengeluarkan suara pada panel kaca yang menutupi bagian depan helm.

Artschev menambahkan, bahwa inovasi helm berteknologi GPS ini mengadaptasi teknologi yang digunakan oleh pilot pesawat tempur. Dia mengatakan, bahwa konsep helm pesawat tempur di dunia penerbangan-lah yang menginspirasi LiveMap ingin membuat helm serupa untuk pengendara sepeda motor. Artschev juga menuturkan bahwa fungsi utama dari helm ini adalah untuk mengetahui informasi navigasi, kapan harus berbelok, kapan harus mengurangi kecepatan dan sebagainya.

Gambar yang ditampilkan oleh helm racikan LiveMap ini merupakan gambar tembus pandang, sehingga display navigasinya tidak akan mengganggu pandangan pengendara. Selain itu, karena menggunakan perangkat ringan, berat helm ini hanya mencapai sekitar 1,4 kg. Pembuatan helm ini pun juga menggunakan teknologi tinggi, yaitu menggunakan printer 3D.

separator

Dengan bantuan Kementerian Riset dan Teknologi Rusia, prototipe helm ini sudah mulai diuji coba di jalanan kota Moskow. Versi produksi massalnya sendiri, pihak LiveMap berencana untuk memperkenalkannya di Amerika Serikat pada medio Mei 2015, kemudian akan resmi dijual ke publik pada Agustus 2015 dengan harga sekitar USD 2.000 atau Rp. 25 juta. Berminat memiliki helm ala Tony Stark di film Iron Man ini? Baca juga Peugeot Siap Menggebrak Pasar Motor Skuter Matik Indonesia dan Cegah Pencurian Mobil dengan Eyelock.

Top