Fix…!!! Mobil Tanpa Sopir Lolos Uji 5000 Km

Mobil Tanpa Sopir Tempuh Ribuan Kilometer – Seperti yang pernah Mas Sena informasikan kepada anda, sebuah mobil tanpa sopir, diuji untuk melanglang buana sendiri, hingga ribuan kilometer. Hasil uji coba tersebut pun, sudah diketahui. Fix, mobil tersebut bisa menempuh jarak lebih dari 5000 km dengan selamat. Mobil tersebut, akhirnya tiba di lokasi perhelatan New York International Auto Show 2015 pada 2 April 2015. Seperti apa pengelanaannya?

mobil otonom berhasil lampaui ribuan km

Adalah Delphi Automotive, yang membesutkan teknologi autonomous driving, pada sebuah mobil Audi SQ5. Mobil tersebut, sukses berjalan sejauh 5.472 km selama sembilan hari nonstop. Mobil dikemudikan murni tanpa kendali sopir , sepanjang 99 persen perjalanan. Tidak 100 persen, karena Delphi Automotive, tetap menyertakan seorang pengemudi, yang perannya pasif.  Hal tersebut diperuntukkan mengendalikan mobil, jikalau menemui pejalan kaki atau kendaraan lain yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Mobil yang  memulai perjalanan dari Golden Gate Bridge di San Francisco  pada 22 Maret 2015 itu, berhasil melalui 5 negara bagian. Hasil uji cobanya begitu memuaskan.

“Selama melaju, kendaraan ini menghadapi situasi lalu lintas yang kompleks seperti melewati zona konstruksi, jembatan, terowongan, pengemudi agresif, sampai dengan cuaca yang tak menentu,” ujar Delphi dalam pernyataan resminya.

Advertisement

Keberhasilan uji coba mobil tanpa sopir (otonom) ini, pastinya tak lepas dari teknologi yang begitu mutakhir. Fitur-fitur canggih yang dihadirkan, antara lain adalah seperti kameradan sensor.  Hadir juga radar, mikroprosesor tercanggih, hingga perangkat lunak berteknologi tinggi. Perangkat tersebut pun memungkinkan mobil mengambil keputusan seperti keluar-masuk tol,  ataupun parkir.

Keberhasilan uji coba itu, pastinya menjadi angin segar untuk pengembangan mobil tanpa sopir. Maka, Delphi Automotive pun akan segera mempelajari keseluruhan hasil uji coba, untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Kendaraan kami tampil sangat baik selama perjalanan ini, melebihi harapan. Pengetahuan yang diperoleh dari perjalanan ini akan membantu mengoptimalkan produk keselamatan aktif yang ada serta mempercepat pengembangan produk masa depan. Hal ini, memungkinkan Delphi Automotive memberikan teknologi tak tertandingi ini untuk pelanggan,” ujar Jeff Owens, Chief Technology Officer Delphi Automotive. Baca juga Mobil Otonom Kurangi Resiko Kecelakaan 90% dan Mobil Otonom Akan Diuji Jarak Jauh.

Top