Yamaha YZF-R1M Siap Debut di WSBK Aragon

Yamaha YZF-R1M Siap Debut di WSBK Aragon – Ajang balap motor sport pabrikan yakni World Super Bike (WSBK) 2015 ternyata menjadi sebuah debut bagai motor sport terbaru andalan Yamaha. Motor sport terbaru andalan Yamaha tersebut adalah Yamaha YZF-R1M yang mana merupakan motor sport pabrikan dengan memiliki spesifikasi balap namun dijual secara resmi pada pasar otomotif global. Kompetisi balap WSBK 2015 yang diselenggarakan oleh FIM (Federation International de Motorcyclisme) memang merupakan ajang balap motor buatan pabrikan yang memiliki spesifikasi standar sesuai apa yang di ciptakan oleh produsen motor yang ada. Pada ajang balap motor sport yang memiliki level di bawah MotoGP ini memiliki beberapa kelas yakni Super Bike WSBK, WSS dan STK (Superstock). Yamaha YZF-R1M sendiri diketahui bakal terjun di kelas Superstock WSBK melawan berbagai macam motor sport kelas atas dari pabrikan lainnya. Tim Yamaha WSBK sendiri memang memutuskan ikut bergabung dalam kompetisi balap motor ini pada seri Aragon, Spanyol.

Yamaha YZF-R1M Siap Debut di WSBK Aragon

Yamaha WSBK diketahui bakal memiliki pembalap Sylvain Barrier yang merupakan pemenang kelas STK (Superstock) selama 2 kali dan akan bertandem dengan Michele Magnoni yang berada dibawah naungan tim GM Racing untuk membesut Yamaha YZF-R1M. Serta masih banyak lagi tim balap di Kelas STK yang menggunakan Yamaha YZF-R1M

Diketahui kelas FIM Superstock 1000 ini merupakan kelas pendukung dari kompetisi Superbike World Championship. Meskipun begitu kelas ini memiliki kesamaan dengan kelas SBK yang merupakan kelas paling atas, namun pada kelas ini akan menampilkan persaingan balap dengan motor berspesifikasi bawaan pabrik atau tanpa ubahan yang begitu berarti. Di kelas FIM Superstock 100 ini juga diketahui dapat memodifikasi beberapa bagian yang menyangkut keselamatan pembalap. Mulai dari fairing, handle bar dan footstep. Sedangkan untuk menunjang performa diketahui tiap tim hanya diperbolehkan memodifikasi kampas rem, cakram rem, sistem rantai, sistem knalpot suspensi depan dan suspensi belakang. Dengan begitu atturan yang berlaku jelas tidak memperbolehkan ubahan yang menyentuh di bagian dapur pacu.

Kompetisi WSBK 2015 seri Aragon, Spanyol ini sebenarnya sudah dimulai sejak Jumat, 10 April 2015 kemarin sampai dengan Minggu, 12 April 2015 mendatang yang merupakan sesi balap resmi. Dari sesi tes resmi yang telah berlangsung tercatat Yamaha YZF-R1M berhasil menempatkan posisi terbaik ke 2 dengan waktu 1 menit 55 detik 221 sekon. Raihan waktu terbaik tersebut dicetak oleh K Coghlan yang membela tim MRS Yamaha. Baca juga Yamaha MT-25 Siap Dirilis Bulan Juli Mendatang dan Valentino Rossi Optimis Bisa Juara Dunia Lagi.

Top