KTM Serahkan Prototipe Duke 390 MY17 ke Bajaj

KTM Serahkan Prototipe Duke 390 ke Bajaj – Setelah lama berhembus kencang, rumor mengenai kemunculan spesies terbaru dari KTM Duke 390 sepertinya akan segera menjadi nyata. KTM, sebuah pabrikan motor asal Austria, dikabarkan telah menyelesaikan rancangan atau prototipe Duke 390 dan telah diserahkan kepada mitra produksinya, yaitu Bajaj.

ktm-serahkan-prototipe-duke-390-ke-bajaj

Seperti dilansir Visordown pada Senin (13/4/2015), KTM dilaporkan akan memproduksi Duke 390 di pabrik perusahaan otomotif asal India, Bajaj. Spesies baru dari Duke 390 memang telah lama dinanti publik otomotif dunia, khususnya penggemar motor racikan pabrikan yang khas dengan warna oranye tersebut.

Visordown melansir, bahwa KTM menyertakan dua jenis prototipe KTM Duke 390 MY17 disertai dengan detail rancangan tentang mesin dan juga frame atau rangka. Di pabrik Bajaj India, prototipe tersebut akan diriset ulang dan dikembangkan lagi.

Pemilihan pabrik Bajaj oleh KTM sendiri didasari oleh program efisiensi yang tengah dilakukan oleh pabrikan asal Eropa tersebut. Selain itu, segmentasi Duke 390 yang ditujukan untuk pasaran Asia juga menjadi pertimbangan. Melalui kerjasama dengan salah satu pabrikan besar di Asia Barat tersebut, KTM berharap bisa menembus pasar Asia yang selama ini memang kurang bersahabat pada produk-produk KTM. Kerjasama ini sekaligus untuk menekan biaya produksi sehingga nanti KTM Duke 390 memiliki harga yang kompetitif saat meluncur di pasaran otomotif roda dua Asia.

Selain menekan biaya, KTM juga memilih merakit motornya di pabrik Bajaj guna mempercepat proses produksi. Selama ini Bajaj memang dikenal “jago” dalam meracik komponen-komponen motor sport kelas menengah ke atas. Hal ini dibuktikan Bajaj lewat kesuksesan Bajaj Pulsar 200NS dan Pulsar RS200.

KTM Duke 390 sendiri merupakan motor bermesin 374cc. Kapasitas mesin ini memang tidak mengalami perubahan dari spesies sebelumnya. Untuk versi baru Duke 390 ini, KTM lebih berfokus pada pengembangan sasis dan juga perubahan desain. Selain itu, beredar juga kabar bahwa KTM akan melakukan pembaruan pada sistem transmisi KTM Duke 390.

Proyek produksi KTM Duke 390 akan dimulai pada akhir 2016 dan akan dipasarkan pada 2017 sebagai model baru. Bajaj sendiri dibebani dengan produksi yang cukup banyak oleh KTM. Oleh karena itu, pihak KTM juga melakukan upaya untuk mempercepat proses riset yang kemudian akan dilanjutkan ke tahap produksi, termasuk mendatangkan mesin secara langsung ke India. Baca juga Merek Motor Terfavorit di AS Tahun 2015 dan Yamaha YZF-R1M Siap Debut di WSBK Aragon.

Top