Yamaha Akan Bangun Pusat Riset dan Pengembangan di Indonesia

Yamaha Siapkan Pusat Riset dan Pengembangan di Indonesia – Sebagai salah satu penguasa pasar otomotif Indonesia, Yamaha terus berinovasi guna semakin mempertegas reputasinya. Salah satu upaya tersebut diwujudkan oleh Yamaha dengan rencana membangun pusat Research and Development secara mandiri.

yamaha-siapkan-pusat-riset-dan-pengembangan-di-indonesia

Sebelumnya, pusat riset dan pengembangan motor Yamaha masih dibawah naungan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Menurut rencanana, pusat pengembangan yang akan diberi nama PT Yamaha Motor R&D Indonesia (YMRID) tersebut akan menjadi pusat riset serta pengembangan inovasi Yamaha meliputi pengembangan mesin, sasis dan juga teknologi lainnya.

Advertisement

GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Marketing, Mohammad Masykur menerangkan bahwa aktivitas riset dan teknologi yang dilakukan Yamaha sendiri sudah berlangsung sejak dekade 90-an. Namun, pada saat itu pusat riset tersebut masih menjadi satu dengan proses manufaktur. Mulai tahun ini, Yamaha akan memisahkan proses manufaktur dengan pusat riset dengan cara mendirikan badan usaha baru.

Selama ini, pusat riset dan pengembangan di bawah PT YIMM memang masih menggunakan fasilitas seadanya. Masykur sendiri merupakan orang yang pernah berkontribusi sebagai pelaksana riset dan pengembangan Yamaha Indonesia. Masykur menambahkan, waktu itu pusat riset dan pengembangan Yamaha Indonesia hanya terdiri dari tiga orang. Selain hanya dikerjakan oleh tenaga yang terbatas, pusat R&D Yamaha kala itu juga hanya dibekali dengan peralatan serta fasilitas yang sangat minimal, tegas Masykur.

Kini, dengan perkembangan Yamaha yang semakin pesat serta didukung oleh teknologi Yamaha yang juga semakin maju, pusat riset dan pengembangan sepeda motor Yamaha Indonesia akan dilengkapi fasilitas canggih dan tentunya tenaga-tenaga ahli yang berkompeten. Selain itu, Yamaha Motor Research and Development Indonesia akan mendapat pengawasan langsung dari Yamaha Motor Company Japan.

Peran Yamaha Motor Company sendiri juga dipastikan akan sangat besar pada pusat riset dan pengembangan Yamaha Indonesia. Hal ini karena Indonesia merupakan pasar yang sangat strategis untuk pemasaran Yamaha, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Pembangunan pusat riset dan pengembangan tersebut direncanakan selesai sebelum akhir tahun 2016. Baca juga Yamaha Hadirkan Super Tenere 2015 Worldcrosser dan Yamaha MT-25 Siap Dirilis Bulan Juli Mendatang.

Top