Sarolea Rakit Motor Balap Listrik Bertenaga 180HP

Sarolea Hadirkan Motor Balap Listrik Berpenampilan Klasik – Sebuah unit motor balap biasanya menggunakan mesin konvensional untuk menghasilkan tenaga yang besar. Namun, sebuah perusahaan bernama Sarolea baru-baru ini mengembangkan sebuah prototipe motor balap yang menggunakan tenaga listrik.

sorolea-hadirkan-motor-balap-listrik-berpenampilan-klasik

Sarolea, sebuah perusahaan manufaktur sepeda motor asal Belgia, menghadirkan motor balap bertenaga listrik yang diberi nama SP7 Carbon Electric Superbike. Spesies motor balap listrik ini telah diperkenalkan ke publik pada ajang The Autoworld Show yang berlangsung di Brussels, Belgia.

Seperti dilansir dari Autoevolution pada Rabu (8/4/2015), motor balap SP7 Carbon Electric Superbike tersebut merupakan unit motor balap bertenaga listrik yang memadukan teknologi masa kini dengan penampilan motor balap klasik era tahun 70-an. Sarolea sendiri membangun motor listrik terbarunya ini berdasarkan DNA dari motor balap mereka sebelumnya, yakni SP7 Superbike.

Advertisement

Dari tampilan luar, SP7 Carbon Electric Superbike memiliki desain luar khas motor balap tahun 1970-an. Aroma retro yang sangat kental tersebut dapat dilihat dari penggunaan cover depan berbentuk bulat, jok yang berbentuk rata, dan juga bagian buritan ala café racer.

Sasis SP7 Carbon Electric Superbike sendiri dibangun menggunakan serat karbon yang ringan tapi kuat. Bagian yang menggunakan serat karbon itu antara lain bagian bodi dan juga lengan ayun atau swing arm.

Di sektor dapur pacunya, SP7 Carbon Electric Superbike dibekali dengan sebuah motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga setara dengan 180 tenaga kuda. Laju maksimum yang bisa dihasilkan SP7 terbaru ini mencapai 250 kilometer per jam. Di sektor pengeremannya, Sarolea menyematkan dua buah rem cakram berbobot 200 kilogram yang diletakkan pada bagian kaki-kakinya guna menahan laju SP7 Carbon Electric Superbike ini.

Motor SP7 Carbon Electric Superbike sendiri akan diterjukan Sarolea pada ajang TT Zero yang akan diadakan di Douglas, Isle of Man pada 10 Juni 2015 mendatang. Meski sudah menyelesaikan proyek pembangunan unit motor listrik terbarunya, namun Sarolea belum merilis nama rider yang akan menunggangi kuda besi elektrik tersebut. Baca juga Motor Balap Full Spesifikasi MotoGP Dijual dan Yamaha YZF-R1M Siap Debut di WSBK Aragon.

Top