Wow, Piaggio Tuntut Peugeot dan Yamaha Mengenai Hak Paten Motor Roda Tiga

Piaggio Lakukan Gugatan terhadap Peugeot dan Yamaha – Perkembangan dunia otomotif yang makin pesat akhir-akhir ini memang agaknya bagaikan menjadi pisau bermata dua bagi beberapa produsen otomotif yang ada. Telah kita ketahui bersama pada beberapa saat lalu di dunia otomotif memang cukup dihebohkan dengan hadirnya sepeda motor roda tiga. Siapa sangka, ternyata dengan hadirnya produk terbaru sepeda motor tersebut menjadi permasalahan dikemudian hari. Adalah Piaggio, perusahaan otomotif asal Italia yang merasa geram karena desain motor roda tiganya ditiru oleh beberapa kompetitornya. Diketahui dengan tindakan yang dirasakan merugikan produsen skuter asal Italia tersebut membuat Piaggio melayangkan tuntutannya ke pengadilan di Italia yang menuduh bahwa Peugeot dan Yamaha telah melanggar ide perusahaan untuk menggarap skuter roda tiga.

Piaggio Tuntut Peugeot dan Yamaha Mengenai Hak Paten Motor Roda Tiga

Pabrikan motor skuter asal Italia tersebut mengklaim bahwa skuter roda tiga yang diciptakan oleh Peugeot yakni dengan Peugeot Metropolis dan Yamaha dengan Yamaha Tricitynya telah menyalin desain dari Piaggio MP3 yang telah dipatenkan.

Sesuai informasi yang dilansir dari laman Motorcycle melalui detikOto, Rabu (15/4/2015) menyatakan bahwa keluhan Piaggio telah diajukan pada pengadilan di Milan, Italia. Dikatakan juga bahwa, Piaggio MP3 ini adalah skuter roda tiga pertama yang telah dihadirkan di pasaran global sejak tahun 2006 silam.

Sebenarnya Piaggo telah pertama kali memperkenalkan sistem suspense parallelogram yang memungkinkan sebuah motor skuter tampil dari sudut kendaraan roda dua namun memiliki 3 buah roda.

Sedangkan kompetitor Piaggio tersebut yakni Peugeot  baru memperkenalkan model Metropolisnya pada tahun 2012. Kemudian ditahun selanjutnya Yamaha baru mulai debut skuter roda tiga terbarunya dengan Yamaha Tricity.

Dari informasi yang ada bahwa tuntutan yang dilayangkan oleh Piaggio pada Peugeot telah ditunda sampai 16 Juni mendatang. Sedangkan untuk tuntutan Piaggio terhadap Yamaha akan dilaksanakan pada 24 Juli mendatang.

Advertisement

Diketahui Piaggio juga telah mengajukan gugatan serupa terhadap Peugeot di Paris, Prancis. Hal itu merupakan kasus yang penting karena Prancis merupakan pasar yang besar untuk skuter roda tiga. Baca juga Harley Davidson Tutup Pabrik Perakitan di Indonesia dan Sarolea Hadirkan Motor Balap Listrik Berpenampilan Klasik.

Top