Sering Terjadi Kecelakaan di Jalur Puncak, Apa Faktor Utamanya?

Faktor Utama Penyebab Banyaknya Kecelakaan di Jalur Puncak – Akhir pekan lalu, sebuah kecelakaan maut, terjadi di kawasan Puncak, Bogor. Kejadian itu cukup menghebohkan, karena melibatkan banyak kendaraan. Mereka adalah dua truk tronton, satu mobil pick up, satu mobil minibus, satu mobil sedan serta lima sepeda motor.Kecelakaan yang tepatnya terjadi di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor itu pun, menewaskan dua orang. Antreaan kemacetan kendaraan sepanjang belasan kilometer pun tak terhindarkan. Bro and Sist yang pernah melewati kawasan itu, mungkin juga pernah mengalami macet, karena kecelakaan lalu lintas.

faktor utama penyebab banyaknya kecelakaan di jalur puncak

Warga di sekitar lokasi kecelakaan pun membenarkan, di jalur itu memang  sering terjadi kecelakaan. Sehingga banyak orang menyebut jalur Puncak sebagai jalur tengkorak. Namun dengan banyaknya kecelakaan di jalur Puncak Bogor, belum jelas benar apa faktor utama yang menjadi penyebab. Menanggapi hal itu, pakar berpendapat bahwa harus ada investigasi lebih lanjut, untuk memastikan faktor utama seringnya terjadi kecelakaan di kawasan tersebut.

“Untuk wilayah yang rawan terjadi kecelakaan seharusnya ditandai dengan kawasan black spot. Kemudian dilakukan investigasi bersama dinas terkait dengan kepolisian mengenai penyebab seringnya kecelakaan di wilayah itu,” terang pakar transportasi dan peneliti dari Center for Sustainable Infrastructure Development Universitas Indonesia (CSID UI) Boy Berawi.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kecelakaan di jalur tersebut. Boy menyebutkan, bisa dikarenakan kontur jalan yang bergelombang, atau karena layout  jalan yang sempit. Kurangnya rambu peringatan, juga masuk list faktor penyebab. Jika faktor penyebab utamanya telah diketahui, maka langkah perbaikan akan segera dapat diambil, untuk meminimalisir kecelakaan di jalur yang ramai wisatawan itu. Maka kerjasama dari berbagai pihak, memang sangat dibutuhkan.

“Pemda setempat harus menggandeng ahli lalu lintas dan konstruksi jalan untuk melakukan investigasi dan mengetahui akar masalah penyebab kecelakaan,” ungkap Boy.

Mengenai penyebab kecelakaan maut di jalur puncak baru-baru ini, kuat dugaan bahwa penyebab utamanya adalah truk yang kurang kontrol. Namun, beberapa pakar menyatakan bahwa kemungkinanjalan bergelombang pun menjadi penyebab utamanya. Atas kejadian tersebut, Boy pun menghimbau agar para pengendara ikut meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di jalur manapun, dengan berkendara sesuai aturan. Baca juga Razia Polisi Tak Resmi dan Teknik Berkendara yang Membuat Penggunaan BBM Lebih Irit.

 

Top