Ini Dia Kendaraan Masa Depan Ala NASA

Kendaraan Masa Depan Rodanya Bisa Berputar 180 Derajat – Kali ini kita akan membicarakan soal kendaraan masa depan. Seperti apa kendaraan masa depan yang ada pada pikiran anda? Kalau kita bicara soal teknologi masa depan, NASA (National Aeronautics and Space Administration) memang bisa dibilang menjadi “gudangnya”. Bagaimana tidak, Lembaga Administrasi Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat  itu memang merupakan salah satu institusi yang berpengaruh di dunia. Berbagai inovasi teknologi yang ditemukan oleh lembaga tersebut, menjadi sumbangan yang amat besar di berbagai bidang, termasuk pada dunia otomotif dan transportasi.

kendaraan masa depan dari NASA

Sebelumnya, NASA telah memberi banyak sumbangsih untuk bidang transportasi, termasuk melalui pelumas Biodegradabel. Untuk memindahkan pesawat ruang angkasa, peneliti NASA menciptakan landasan bergerak seluas lapangan baseball. Agar lapangan itu bisa bergerak, NASA dan produsen kimia Sun Coast Chemicals, membuat pelumas khusus yang bisa didaur ulang. Yang lebih menakjubkan, pelumas tersebut bisa diaplikasikan pada mobil biasa. Jika itu anda lakukan, maka pelumas tersebut memiliki keunggulan secara teknis maupun secara ekologis. Terbaru, kabarnya NASA mengembangkan kendaraan masa depan bernama Modular Robotic Vehicle (MRV). Kabarnya, roda mobil akan bisa diputar. Seperti apa?

MRV dikembangkan di NASA Johnson Space Center, Houston. Kendaraan tersebut merupakan mobil listrik, yang didesain dengan penumpang maksimal dua orang saja. Ukurannya memang cukup kecil, yakni panjang 2,1 meter, lebar 1,5 meter, dan berat 907 kilogram. Namun, justru dengan ukuran yang mungil itu, MRV sangat cocok digunakan di perkotaan.

“Kendaraan dua tempat duduk ini dirancang untuk memenuhi tantangan dan tuntutan transportasi perkotaan yang terus berkembang. MRV sangat ideal karena ukurannya mungil dan bisa bermanuver lincah yang memberikan keuntungan dalam berjalan dan parkir di tempat yang terbatas,” ujar Mason Markee, Juru Bicara Johnson Space Center kepada media.

separator

Sementara itu, mobil ini ditenagai dengan sebuah baterai dengan jarak tempuh 100 kilometer, untuk sekali isi ulang. Kecepatan maksimumnya 70 kilometer per jam. Hal unik yang paling menonjol dari kendaraan ini adalah rodanya yang bisa berputar, bahkan hingga 180 derajat. “Kesaktian” tersebut muncul berkat teknologi baru bernama e-corners. Kelebihan itu dapat membantu pengendara saat bermanuver di jalan sempit.

Anda mulai tertarik dan menerka-nerka harganya? Eiiittss…tunggu dulu!!! Hingga kini NASA belum mengeluarkan pertanyaan resmi, kapan MRV akan diproduksi secara masal dan berapa banderol harganya. Baca juga Mobil Tanpa Sopir Tingkatkan Risiko Mual dan Jason Statham Lebih Suka Geber Ferrari.

Top