Premium Diganti, Industri Otomotif Akan Terganggu?

Penggantian Premium dan Pengaruhnya Ke Pasaran Otomotif – Seperti yang belum lama ini Mas Sena informasikan, Pertamina akan menghapus BBM jenis Premium atau sering disebut dengan bensin. Ternyata, tidak hanya harga bahan bakar saja yang akhir-akhir ini naik turun. Namun jenisnya pun diganti. Dengan penghapusan BBM Premium , maka Pertamina telah menyiapkan bensin khusus sebagai premium. Adalah Pertalite, yang didaulat untuk menggantikan BBM Premium, mulai Mei mendatang. Pertanyaan lanjutan yang kemudian muncul adalah, apakah penggantian jenis BBM dari Premium ke Pertalite bakal mempengaruhi pesaran otomotif di Indonesia?

Penggantian Premium dan Dampaknya Pada Pasaran otomotif

Menanggapi pertanyaan tersebut, sejumlah pihak meyakini bahwa penggantian Premium ke Pertalite, tak akan banyak mempengaruhi pasaran otomotif. Hal tersebut dikarenakan, masyarakat sudah mulai terbiasa dengan perubahan terkait dengan BBM. Bahkan rencana penggantian jenis BBM ini, sudah didengar oleh masyarakat luas sejak setahun lalu.

“Sebenarnya semua pihak sudah mulai terbiasa dengan penyesuaian-penyesuain yang terjadi. Jadi kalau ada lagi, pasti dampaknya sangat kecil terutama di pasar automotif. Selama hal tersebut dilakukan secara hati-hati, bertahap, dan tidak dilakukan secara drastis,” ujar Direktur pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Rakhmat Samulo.

Rakhmat juga menjelaskan, jika proses penggantiannya bertahap dan dikomunikasikan dengan baik, gejolak di kalangan masyarakat dan pasaran otomotif, akan bisa terminimalisir. Untuk yang satu ini, Pertamina memang akan melakukan langkah tersebut secara bertahap. Penggantian Premium dengan Pertalite akan diawali dari SPBU yang berada pada pusat kota besar.

separator

“Kalau semua ini dilakukan dengan baik, mudah-mudahan semua perubahan tidak menimbulkan dampak negatif di masyarakat. Begitu juga terhadap pasar otomotif nasional,” ungkap Rakhmat.

Menanggapi pertanyaan yang sama, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J Tuilan, juga melontarkan jawaban senada. Penggantian premium diyakininya tidak akan memberikan pengaruh besar terhadap penjualan. Sekalipun ada dampaknya bagi penjualan kendaraan, hal itu hanya akan dirasakan sekitar dua bulan pertama. Setelah itu, semuanya akan kembali normal.

Pertalite sendiri, merupakan bahan bakar yang diklaim punya performa yang lebih baik daripada Premium. BBN tersebut membuat tarikan mesin lebih ringan. Zat adiktif yang ada di dalamnya juga punya kebaikan yang hampir sama dengan jenis BBM Pertamax. Maka dengan harga yang lebih murah, anda bisa merasakan kebaikan Pertamax. Baca juga BBM Premium Akan Dihapus Bulan Depan oleh Pertamina dan Nama Pengganti BBM Premium dengan Zat Adiktif EcoSAVE.

 

 

Top