S1R : Knalpot yang Bisa Tingkatkan Performa YZF-R1M

Two Brothers Racing Rilis Knalpot dan Silincer Khusus YZF-R1M – Kamu pembesut Yamaha YZF-R1M? Bosan dengan suaranya yang standar? Nah, buat kamu pennunggang YZF-R1M, ini ada satu set knalpot dan silincer yang dijamin akan membuat tunggangan kamu akan semakin keren dan bersuara “gahar”.

two-brothers-racing-rilis-knalpot-dan-silincer-khusus-yzf-r1m

Sebuah perusahaan otomotif spesialis knalpot asal Santa Ana, California, AS, Two Brothers Racing atau TBR baru-baru ini mengeluarkan varian knalpot dan silincer terbarunya yang ditujukan khusus bagi pemilik motor Yamaha YZF-R1M. Sadar akan banyaknya pengguna kuda besi Yamaha di Negeri Paman Sam, TBR akhirnya mengeluarkan tipe knalpot dan juga silincer khusus untuk all new R1M.

Seperti dikutip dari Autoevolution pada Sabtu (18/4/2015), unit knalpot dan juga silincer yang bernama S1R tersebut memiliki bobot yang jauh lebih ringan dari knalpot lainnya. Selain itu, dengan bekal pengembangan teknologi dari Two Brothers Racing, knalpot dan silincer tersebut mampu meningkatkan tenaga dari YZF-R1M. Hal ini memang menjadi pembeda S1R dengan produk lain yang biasanya hanya mengandalkan suara yang menggelegar namun tak bisa meningkatkan power mesin motornya.

Selain bentuknya yang memang revolusioner, knalpot S1R juga dibekali dengan teknologi terkini. Knalpot ini memiliki bobot hanya seberat 2 kg saja. Bobot ini jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan knalpot standarnya yang mencapai 7,9 kilogram. Keunggulan knalpot dan silincer S1R lainnya adalah, disematkannya perangkat sensor O2 pada knalpot jenis ini. Kemudian, untuk membuat ringan S1R, Two Brothers Racing sengaja menghilangkan bagian catalyst converter-nya.

TBR mengklaim bahwa penggunaan knalpot dan juga silincer S1R bisa meningkatkan semburan tenaga yang dihasilkan Yamaha R1M hingga mencapai 172,3 HP. Sementara itu, torsi yang dihasilkan YZF-R1M juga akan meningkat antara 0,5 dan 3,1 Nm pada 5.000 RPM.

Namun, ada sedikit “efek buruk” dari peningkatan tenaga yang dihasilkan oleh Yamaha YZF-R1M. Unit knalpot dan silincer S1R ini akan membuat suara yang dihasilkannya menjadi lebih berisik. Pada knalpot versi standarnya, jika putaran mesin motor berada pada 5.000 RPM maka suara yang dihasilkan adalah 95 desibel (dB). Nah, jika menggunakan S1R, maka suara yang dihasilkan YZF-R1M dari gas buangnya adalah 108,5 dB.

Knalpot dan silincer R1M sendiri dibanderol dengan kisaran harga USD600 atau sama dengan sekitar Rp. 7,7 juta per unitnya. Baca juga Yamaha YZF-R1M Siap Debut di WSBK Aragon dan Yamaha YZF-R25 Special Edition Diluncurkan.

 

Top