Garansindo Tetap Akan Lanjutkan Proyek Mobil Nasional, Dengan atau Tanpa Esemka

Garansindo Tetap Akan Lanjutkan Proyek Mobil Nasional – Komitmen PT Garansindo Inter Global untuk mewujudkan proyek mobil nasional nampaknya bukan hisapan jempol semata. Meski belum menemui titik terang dengan Esemka, namun pihak Garansindo menuturkan kalau mereka tetap akan meneruskan proyek mobnas tersebut, walau tanpa Esemka.

garansindo-tetap-akan-lanjutkan-proyek-mobil-nasional

CEO PT Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah menjelaskan bahwa Garansindo dipastikan akan membuat mobil nasional, baik melalui kerjasama dengan Esemka atau tidak. Sebelumnya, pihak Garansindo mengeluhkan susahnya dalam menemui pihak Esemka untuk mewujudkan proyek mobil nasional. Padahal, Garansindo sendiri sudah menyanggupi untuk mengucurkan dana hingga Rp. 100 miliar. Dana sebesar itu jugalah yang konon tak bisa disanggupi oleh pemerintah, yang akhirnya malah bekerjasama dengan pihak lain.

Dengan penjualan otomotif di Indonesia yang terus menunjukkan grafik positif, keinginan Garansindo untuk menciptakan mobil nasional memang semakin kuat. Penjualan mobil di Indonesia sendiri bisa menyentuh 1 juta unit per tahun.

Selain mobil nasional, Garansindo juga membuka kemungkinan untuk menggarap sektor roda dua. Penjualan sepeda motor di Inonesia pun juga sangat tinggi. Untuk sepeda motor, pasar otomotif Tanah Air mampu menghasilkan penjualan mencapai 7-8 juta unit motor per tahunnya.

Advertisement

Abdullah menambahkan, bahwa dengan potensi pasar yang sangat menjanjikan, seharusnya memang sudah saatnya Indonesia memiliki brand sepeda motor atau mobil sendiri. Ia mengambil contoh India yang kini memiliki tiga perusahaan otomotif besar, yaitu Bajaj, TVS, serta Mahindra. Abdullah juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India. Jadi, menurut CEO Garansindo tersebut, akan sangat disayangkan bila masyarakat Indonesia hanya menjadi konsumen terus menerus, tanpa mampu menghasilkan produknya sendiri.

Garansindo sendiri sudah menyiapkan berbagai opsi agar mereka bisa sesegera mungkin mewujudkan mobil atau motor nasional. Untuk kendaraan roda empat, mereka sangat tertarik dengan Esemka. Sedangkan untuk industri otomotif roda dua, Garansindo telah melakukan pertukaran ilmu dengan produsen motor listrik asal Amerika, yakni Zero Motorcycles, untuk melahirkan motor listrik dengan harga terjangkau. Baca juga Mobil Mercedes Bekas KAA Akan Dihargai Khusus dan BBM Premium Akan Dihapus Bulan Depan oleh Pertamina.

Top