Wow…!!! Polisi di Seattle Bakal Patroli Dengan Mobil Listrik

Mobil Listrik Nissan Leaf Jadi Mobil Patroli Polisi – Toyota memang telah mengklaim dirinya sebagai raja teknologi kendaraan hybrid. Tapi jangan salah, Nissan selangkah lebih maju dengan teknologi kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) melalui Nissan Leaf. Mobil tersebut merupakan kendaraan penumpang pertama yang dijual secara massal di dunia. Nissan pun optimis jika masa depan EV sangat cerah. Sejumlah negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Norwegia, bahkan sangat mendukung EV. Hal itu ternyata terbukti melalui hasil penjualan yang angkanya fantastis. Tak tanggung-tanggung, tahun 2014 lalu, mobil listrik tersebut sudah berhasil menyentuh angka penjualan 100 ribu unit di seluruh dunia.

nissan leaf jadi mobil patroli kepolisian

Nama besar mobil listrik yang mulai diluncurkan tahun 2010 itu pun, semakin mempesona banyak kalangan. Bahkan, Nissan Leaf pun akan digunakan sebagai mobil patroli oleh kepolisian Amerika Serikat. Adalah kepolisian di wilayah Seattle, Amerika Serikat, yang akan memboyong puluhan unit Nissan Leaf untuk menunjang operasinal pekerjaanya. Mobil ini akan digunakan sebagai kendaraan operasional oleh Parking Enforcement Department atau Departemen Penegak Parkir.

Sebanyak 28 Nissan Leaf akan digunakan sebagai kendaraan polisi. Namun, jangan dibayangkan jika mobil listrik Nissan Leaf bakal dijadikan mobil untuk mengejar dan menangkap penjahat. Nantinya, puluhan unit Nissan Leaf itu bakal digunakan untuk operasional mengawasi parkir. Maka, mobil ini akan lebih banyak beraktivitas di dalam kota.

Pemilihan Nissan Leaf sebagai mobil patroli parkir oleh kepolisian Seattle, pasti berdasarkan alasan-alasan tertentu. Mobil ramah lingkungan ini, memang sengaja dipilih dengan harapan dapat mengurangi emisi gas buang yang terjadi. Mobil tersebut juga merupakan mobil yang minim kebisingan.

Nissan Leaf sendiri ditenagai oleh motor listrik bertenaga 110 HP, yang baterainya berjenis  lithium-ion (Li-ion) 24 kWh. Untuk mengisi ulang daya baterai dilakukan dari bagian kap depan. Mobil ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 150 kilometer per jam dengan akselerasi 0-97 km/Jam dalam waktu 9,9 detik. Dalam kondisi baterai terisi penuh, Nissan Leaf dapat dikendarai sejauh 500 mil (800 km). Dengan penjualan yang begitu tinggi, Nissan Leaf diklaim sebagai mobil listrik terlaris di dunia. Baca juga Garansindo Tetap Akan Lanjutkan Proyek Mobil Nasional dan Mobil Mercedes Bekas KAA Akan Dihargai Khusus.

 

Top