Mengenal Lebih Dekat Motor 2-tak

Motor 2-tak Punya Berbagai Kelebihan – Bro and Sist pasti cukup banyak mendengar teknologi motor bermesin 2-tak. Motor 2-tak memang sempat menjadi primadona di Indonesia, terutama di era 80 hingga akhir 90’an. Pabrikan sepeda motor di Indonesia banyak merilis model sepeda motor 2-tak dalam model  bebek serta sport. Di kelas bebek, sebut saja merk seperti Yamaha Alfa dan Fiz-R 2-tak. Sementara itu di kelas sport, Kawasaki cukup punya banyak koleksi motor 2-tak. Namun saat ini, motor dengan mesin 2-tak, bisa dibilang terancam kepunahan total. Bagaimana tidak, jenis mesin 2-tak, belum memenuhi syarat untuk standar emisi Euro3. Padahal Agustus mendatang, standar tersebut akan diberlakukan oleh pemerintah.

mengenal lebih dekat motor 2-tak

Sebenarnya, motor 2-tak bukan sekedar teknologi yang lewat begitu saja dan hanya tenar pada masanya. Motor 2-tak punya cukup banyak penggemar, karena memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan motor 4-tak, yang saat ini banyak sekali melenggang di jalanan.

Motor 2-tak meiliki performa yang lebih gahar, dibandingkan dengan motor 4-tak. Hal tersebut dikarenakan tenaganya yang besar. Cara kerja sepeda motor 2-tak hanya membutuhkan momentum 2 kali putaran piston naik-turun untuk mendapatkan 1 kali tenaga. Hasilnya, sepeda motor 2-tak mampu menyajikan performa yang responsif serta semburan tenaga yang melimpah. Cara kerja mesin 2-tak pun lebih sederhana. Dengan begitu,  tenaga yang dihasilkan pun lebih cepat. Alhasil, sepeda motor 2-tak sanggup ngacir pada tarikan awal.

Dengan konstruksi dan cara kerja mesin yang lebih sederhana dibandingkan motor 4-tak, membuat mesin 2-tak juga lebih gampang perawatannya. Hingga saat ini pun, rata-rata bengkel sepeda motor bisa melakukan perbaikan untuk motor bermesin 2-tak.

separator

Namun dibalik berbagai kelebihannya, motor bermesin 2-tak, tak luput juga dari kekurangan. Bro and Sist pasti sudah tau betul, jika motor 2-tak memang mebih boros bahan bakar. Hal ini disebabkan karena sistem pembakaran yang hanya dua langkah, sehingga butuh asupan BBM yang lebih banyak. Motor 2-tak juga memang tampil dengan suara yang lebih bising. Point inilah, yang mau tidak mau memaksa motor bermesin 2-tak untuk rela disingkirkan. Kebisingan memang menjadi salah satu point penilaian utama pada standar Euro3, yang akan ditetapkan oleh pemerintah kita. Baca juga

 

Top