Rio Haryanto Awali GP2 Bahrain Dengan Gemilang

Rio Haryanto Raih Podium Pertamanya di GP2 – Semangat Indonesia di kancah balap, nampaknya semakin menggeliat. Banyak kompetisi di berbagai level pun, mulai dijajaki oleh para pebalap muda tanah air, baik dari ajang balap motor maupun balap mobil. Di ranah balap mobil, nama Rio Haryanto pun semakin harum. Usaha kerasnya selama ini pun, menghasilkan podium pertama di Sprint Race GP2 Bahrain. Bahkan prestasinya kali ini, merupakan raihan podium tertinggi pertamanya, selama Rio berkarir di GP 2.

rio haryanto raih podium di bahrain

Dalam sprint race babak pertama GP2 musim 2015 di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, 19 April 2015, Rio finish terdepan di ajang balap mobil selevel di bawah Formula 1 itu. Pebalap berusia 22 tahun itu sendiri, memulai balapan dari posisi ketujuh. Ia berhasil merangkak hingga mendapat posisi ketiga. Setelah itu, Rio menyalip pembalap Mitch Evans,  untuk merebut posisi kedua. Posisi pertama pun berhasil diraih, ketika  Rio Haryanto bisa melewati pembalap Kolombia, Julian Leal.

Pembalap Belgia, Stoffel Vandoorne, memang sangat berusaha mendekati Rio. Namun posisi terdepan, berhasil dipertahankan oleh Rio hingga balapan berakhir. Rio yang tergabung dalam tim Campos Racing masuk garis finis paling awal dengan catatan waktu 41:35.490 dari 23 kali putaran. Posisi kedua ditempati pebalap tim ART Grand Prix Stoffel Vandoorne dengan catatan waktu 41:38.494. Sedangkan posisi ketiga ditempati pebalap tim Lazarus N Berthon dengan catatan waktu 41:41.128.

Hasil tersebut memang lebih baik daripada pencapaian Rio sebelumnya. Di sesi feature race sehari sebelumnya, Rio merebut posisi kedua. Dengan kedua hasil tersebut, Rio mendapatkan total 33 poin, 18 poin dari feature race dan 15 poin dari sprint race. Poin ini membuat Rio duduk di posisi kedua klasmen sementara di bawah Vandoorne, yang mengoleksi total 43 poin.

separator

Menanggapi hasil begitu baik yang diraihnya, Rio berujar bahwa mobilnya terasa sangat kompetitif dan memiliki setelan yang bagus dengan satu set ban prime baru.

“Saya sangat percaya diri untuk menyalip dengan teknik late-braking dan langsung memimpin di lap-lap awal. Saat berada di depan, saya harus menjaga umur ban dan akhirnya berhasil menjaga jarak untuk menjadi juara pertama,” kata Rio.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberi dukungan bagi saya. Semoga ini menjadi awal yang baik di musim ini.” Pungkas pebalap asal Solo itu. Baca juga Strategi Pemilihan Ban Valentino Rossi Berbuah Manis dan Boncengan Motor pun Ada Aturannya.

 

Top