Jangan Abaikan Proses Memanaskan Kendaraan

Yang Perlu Diketahui Soal Memanaskan Kendaraan – Bro and Sist yang aktif berkendara, pasti sudah sangat akrab dengan aktifitas memanaskan mesin kendaraan. Hal ini memang harus selalu dilakukan, terutama ketika kendaraan akan digunakan, setelah semalaman “ditidurkan”. Memanaskan mesin kendaraan menjadi sangat penting, karena aktifitas itu akan membantu kita mempersiapkan fisik si tunggangan, sebelum digeber kemana-mana. Sama lah dengan tubuh manusia. Perlu “dipanaskan” terlebih dahulu, sebelum beraktifitas seharian. Nah, dalam kesempatan ini akan kita bahas hal-hal yang berkenaan dengan memanaskan mesin kendaraan. Siapa tau, justru cara yang selama ini Bro and Sist lakukan, adalah kurang tepat.

jangan abaikan proses memanaskan kendaraan

Dengan memanaskan mesin kendaraan sebelum dipakai beraktifitas, sama saja dengan kita membantu  proses pelumasan pada piston. Skarang, Mas Sena konfirmasi dulu kepada bro and Sist. Berapa lama biasanya motor anda dipanasi? Hal ini ternyata perlu diperhatikan, karena tidak disarankan memanaskan motor dalam waktu lama.

“Memanaskan mesin motor sebelum berangkat sebenarnya mutlak dilakukan. Ini membantu oli mesin untuk cepat naik ke atas untuk melakukan pelumasan terhadap piston. Tidak perlu waktu lama, lebih kurang 2 menit untuk motor-motor keluaran baru,” ujar Venus Adha, Quality Assurance Development Head Wahana Makmur Sejati.

Jika selama ini Bro and Sist menggeber gas motor berulang-ulang, agar mesin cepat panas, sebaiknya mulai sekarang dihentikan. Kita tidak perlu memanaskan mesin motor sampai akselarator atau gas digeber, terutama untuk motor keluaran terbaru. Jika gas digeber dalam keadaan oli belum naik, maka justru akan merusak komponen mesin yang ada. Maka lebih baik ditunggu saja sampai oli naik. Toh hanya memerlukan waktu sekitar dua menit kan?

separator

Lalu, sering muncul pertanyaa, metode yang benar untuk memanaskan mesin motor adalah dengan electric starter atau kick starter (diselah)? Untuk yang satu ini, sebenarnya tidak ada yang salah. Namun menurut Venus, menyalakan secara electric berpengaruh terhadap baterai (aki). Namun bagi motor bebek dan skuter matik yang sehari-hari digunakan untuk jarak pendek atau tidak sampai 1 kilometer, ia menyarankan agar saat menyalakan pertama pada pagi hari menggunakan kick starter. Hal tersebut dilakukan agar daya listrik tidak terganggu serta menjaga usia pakai aki. Namun hal itu menjadi pengecualian untuk motor sport. Motor sport tertentu, memang dirancang tanpa kick starter karena sistem kelistrikannya sudah lebih canggih. Baca juga Rio Haryanto Raih Podium Pertamanya di GP2 dan Strategi Pemilihan Ban Valentino Rossi Berbuah Manis.

 

Top