Yamaha Indonesia Sudah Penuhi Pembatasan Impor

Yamaha Sudah Lakukan Pembatasan Impor Sesuai Aturan – Untuk mengendalikan berjalannya berbagai industri di Indonesia agar tetap berjalan baik, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang memiliki berbagai aturan baru. Menyoal industri otomotif, peraturan yang sekarang sedang menjadi hot issue adalah soal emisi gas buang kendaraan, yang harus memenuhi standar Euro3. Namun peraturan kementrian soal industri otomotif, tak hanya sebatas itu saja lho, Bro and Sist. Soal pembatasan impor pun harus dipenuhi oleh para pelaku di dunia otomotif Indonesia. Tapi mengenai pembatasan impor, ternyata Yamaha Indonesia tak terpengaruh oleh hal tersebut. Bagaimana bisa?

yamaha indonesia tak terpengaruh aturan pembatasan impor

Dalam peraturan Kementerian Perindustrian No 34/2015, pemerintah mengatur tentang Industri Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih dan Industri Sepeda Motor. Point utama dari peraturan tersebut adalah pembatasan impor kendaraan mobil atau motor completely knock down (CKD) maksimal 10.000 unit per set setahun. Untuk yang satu itu, ternyata Yamaha Indonesia tak mendapatkan ganjalan. Mereka telah melakukan ekspor impor kendaraan sesuai dengan peraturan yang ada. Dengan keluarnya peraturan tersebut, Yamaha menyadari kalau pemerintah menginginkan industri automotif di tanah air tidak melulu mengimpor tapi juga memperbanyak ekspor.

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa Yamaha indonesia lebih banyak melakukan ekspor ketimbang Impor. Maka, peraturan Kemenperin itu, tak begitu menjadi penghalang untuk mereka.

Advertisement

“Kalau kami sudah tidak masuk dalam peraturan import itu dalam bentuk CKD atau incompletely knock down (IKD), kalau pun ada import itu pun hanya beberapa ratusan unit saja, seperti R6 , R1, dan NMAX. Sementara motor lain motor lain tidak ada masuk skema CKD kalau pun kita impor berupa komponen atau bahan baku yang tidak bisa di produksi di Indonesia.” Ujar Masykur.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Yamaha, ada empat model yang telah diekspor oleh pihaknya. Mereka adalah tipr Jupiter MX King sebanyak 3000 unit, New Vixion 700 unit, R15 7500 unit, dan yang paling banyak diekspor Yamaha adalah R25. Baca juga Yamaha India Rilis Motor Sport Berteknologi Blue Core Terbaru dan Two Brothers Racing Rilis Knalpot dan Silincer Khusus YZF-R1M.

 

Top