Gimana Kalau Mobil Ganti BBM Dari Pertamax ke Pertalite?

Jika Mobil Ganti Pertamax Jadi Pertalite – Pertalite didaulat untuk menggantikan BBM berjenis  Premium, mulai Mei Mendatang. Kabarnya, jenis BBM yang satu ini memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah membuat tarikan mesin kendaraan menjadi lebih ringan. Bahkan kabarnya, Pertalite  membawa kualitas yang bersaing dengan Pertamax. Zat adiktif yang diberikan pada BBM Pertalite lah yang membuat kualitasnya ada di atas Premium dan bersaing dengan Pertamax. Dengan begitu, sangat mungkin para pemilik kendaraan mengganti bahan bakarnya yang semula menggunakan Pertamax, menjadi Pertalite jika telah benar-benar resmi diluncurkan oleh pemerintah. Maka pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana jika mobil yang sebelumnya menggunakan Pertamax, diganti dengan bahan bakar Pertalite? Mas Sena punya ulasannya buat anda.

jika mobil dari pertamax diganti ke pertalite

Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kita perlu membandingkan kualitas antara kedua jenis BBM tersebut.  BBM Pertalite mempunyai Researh Octane Number atau RON 90-91. Artinya, secara teknis kadar oktan yang dimiliki oleh Pertalite lebih tinggi daripada Premium yang punya angka oktan 88. Jadi, ketika nantinya anda pengguna Premium beralih ke Pertalite, itu berarti anda akan mendapatkan kualitas bahan bakar yang lebih baik. Namun lain halnya ketika anda beralih dari Pertamax  atau Pertamax Plus ke Pertalite. Secara nilai ekonomis, anda akan mendapatkan bahan bakar yang lebih murah. Namun kualitasnya pun ikut menurun. Dengan angka oktan yang lebih rendah, membuat pembakaran tidak seoptimal sebelumnya. Tenaga mesin akan berkurang begitu juga dengan efisiensi BBM yang tidak sebaik sebelumnya.

“Itu sebuah kemunduran. Dengan oktan lebih rendah dari Pertamax, maka Pertalite tidak akan menghasilkan pembakaran lebih baik dari Pertamax apalagi Pertamax Plus,” ucap Usman Adie, Service Operation Manager PT Tunas Toyota.

Namun jangan terburu patah semangat dulu. Dengan pembandingan kualitas itu, bukan berarti Pertalite jadi BBM yang merugikan. Spesifikasi beberapa jenis mobil yang beredar di Indonesia, sudah sesuai dengan kadar oktan pada Pertalite, yakni RON 90-91.  Biasanya, spesifikasi tersebut akan dicantumkan pada buku manual kendaraan anda. So, mulai sekarang anda bisa mengecek dulu buku manual mobil anda, untuk ikut mempersiapkan penggantian Premium ke Pertalite. Pengecekan tersebut juga akan sangat berguna, sebagai usaha untuk menjaga mesin mobil anda agar tetap baik. RON yang sesuai, akan membantu kendaraan anda berjalan pada performa yang optimal. Sebaliknya, jika RON yang dibutuhkan tidak sesuai dengan spesifikasi, maka akan sangat besar kemungkinannya untuk merusak mesin. Baca juga Nama Pengganti BBM Premium dengan Zat Adiktif EcoSAVE dan Penggantian Premium dan Pengaruhnya Ke Pasaran Otomotif.

separator

 

Top